Suspensi DBS 611 mudah bocor? Dilema YSS untuk NMAX old, realita pemakai di Indonesia (keras)


Ada pemirsa yang tanya ke penulis suspensi alternatif untuk Yamaha NMAX old. Penulis biasa rekomendasi merek DBS, namun disebut ada video testimoni suspensi DBS 611 bocor dalam seminggu. Masih belum dijawab video nya yang mana, namun penulis menemukan contoh berikut ini, bocor dalam dua bulan:

Suspensi DBS sendiri termasuk suspensi dengan per yang empuk:

Yang terkadang saking empuknya, ada yang bilang dipakai boncengan mentok. Kemungkinan yang bilang seperti itu tidak dimanfaatkan preloadnya. Atau memang pas sial beli DBS palsu yang nggak ada setelan preloadnya.

Contoh diatas nggak bisa dibilang ideal karena ia punya keluhan bahwa plastik suspensinya gampang aus:

Kelihatan memang bahwa itu pernya rapat banget pas di bagian plastiknya.

Katanya belinya dari hans raja. Foto produk dari hans raja sebagai berikut:

penjual lain, deki the djie:

dbs online shop:

Aneh juga karena produk yang sama rapatnya bisa beda beda. Terlihat yang dijual dbs online shop itu pernya lebih rapat.

Penulis tidak tahu apakah ini terpengaruh dari penyakit per bengkok yang terjadi pada PCX, tapi ada komentar yang senada juga di video tersebut:

M Andreana S
Sama ni sya jga bcr. Service nya dmn ya om? Ane service di tukang shock malah ga fungsi klik ny,tabung ny jdi ga fungsi

Awire Jikaw
Kemungkinan tabungnya ga fungsi karena ga di isi angin atau klik nya sudah dol. Penyakit dbs 611 ini klik nya gampang dol. Plastik kliknya agak jelek. Tipsnya yaitu, buka klik reboundnya. Lepasin bola kecil yang buat bunyi “klik”. Terus pasang lgi

Untuk melihat tabungnya ada di isi angin atau tidak..
1. Coba lepasin per shocknya
2. Coba tekan as shocknya, apakah kembali atau tidak. Kalau tidak kembali seperti awal, berarti benar tidak ada diisi angin didalam tabung

Dukun Shockbreaker. Cri aja diyoutube. Kerjanya rapi ga asal asalan. Harga juga bersaing.
Atau bisa juga Dayat Racing Shock. Kalau didaerah tangerang kayaknya joko shock. Cri digoggle namanya joko shock. Joko shock ini kenalan ohlins.. Ohlins pernah main ke Joko shock, untuk belajar tentang shock

Ngurah Sanjaya
Klik saya yg sebelah kiri dol solusinya gmana ya 😭 masak baru sebulan beli udah gini

Dean YT
Sama gan saya jg klik sebelah kiri juga pula yg dol

Roman Ali
Iya knp yg kiri dol ya

Ngurah Sanjaya
@Roman Ali nah itu mw saya buka pengatur shock nya malah dol jga mur L yg kecil
Jelek x kualitasnya

Kasus DBS bocor juga sudah ada di tukang skok:

Katanya memang sudah penyakitnya DBS Premium:
seal dbs Premium pake kyb , proses yss , Scarlett,ninja Rr, (seputar Lanjutan)

di video x ini kita akan membahas mengenai seal sok Dbs premium kusus matik yg sering bocor..
di sini kita aplikasikan dengan menggunakan As, 12,5 dan menerapkan seal ninja 250/crf/klx
dengan ukuran yg sama..dan yg pasti lebih awet bertahun 2

Jadi sepertinya memang seal kurang kuat. Tapi penulis juga curiga sering bocor ini terjadi karena stoppernya nggak diganjal. Seperti tahu sendiri, motor matik Jepang yang nggak diganjal stopper itu itu sentakannya menonjok alias menyakitkan banget. Bisa jadi sentakan ini membuat suspensi cepat bocor. Kalau tidak bocor ya jadi njedak atau jedag jedug (terjadi juga di suspensi lain seperti YSS, KYB, redit, dll).

Atau bisa juga karena ada penumpukan pasir pada bagian as suspensi, yang katanya bisa bikin cepat bocor.

Penulis sendiri punya DBS yang pakai tabung bawah, kalau nggak salah tipe 722. Masih cukup ok sampai sekarang (sekitar 15 ribu km) walau sering juga dipakai melibas polisi tidur sama anak waktu masih aktif ke sekolah. Sebagai perbandingan, suspensi ori sudah benar benar soak di 5 ribuan km.

Yang di NMAX pun masih ok, sekarang sudah sekitar 5500 km. Sementara itu yang orinya mulai dari 0 km sudah terasa seperti soak (hampir nggak ada hambatan suspensi).

Menurut penulis cukup awet mengingat pemakaian penulis yang sering melibas sambungan jalan. Cukup stabil juga dipakai di jalan beton yang bikin suspensi ori bertekuk lutut.

Lalu kalau maunya YSS bagaimana?

Kalau mau ekonomis sih YSS DTG Evo, tapi tidak semudah itu. Sebelumnya penulis menyarankan YSS untuk Aerox untuk NMAX 2020:
NMAX 2020 cocoknya suspensi YSS Aerox, jangan tergiur yang khusus NMAX new, malah keras banget!!!

Mari kita lihat apa yang dipakai suspensi yang sering dijadikan patokan kenyamanan maupun handling, ohlins. Apa rekomendasi Ohlins?

Maaf penulis ternyata harus revisi. Untuk NMAX old rekomendasinya adalah 16 (YA 776 14-16):

Yang sebelumnya penulis kutip itu punya NMAX 2020 malah (YA 010):

Sementara itu yang dijual di Indonesia, YSS DTG itu punya tingkat kekerasan 25 Nm, atau lebih tepatnya dua tingkat kekerasan, 14-25:

Menurut penulis, ukuran per tersebut terlalu keras. Terserah dibilang penulis ini kurang pengetahuan, dianggap nggak sebanding dengan ilmunya salesnya YSS, dst, menurut penulis salesnya YSS itu bodoh karena menjual suspensi dengan ukuran per yang terlalu keras. Karena kalau terlalu keras itu sudah nggak bisa diapa apakan lagi. Sementara kalau terlalu empuk kayak DBS itu masih bisa pakai preloadnya. Oleh karena itu kita jarang lihat orang yang pakai suspensi YSS itu memanfaatkan preload. Karena memang terlalu keras.

Sayang nggak ada kesempatan ketemu langsung salesnya. Bila ada kesempatan, penulis akan tanya mengapa kok menjual suspensinya pakai per keras. Pertimbangannya apa? Karena kalau alasannya kena lubang, memang lebih keras bisa membantu? Malah lebih parah. Percaya deh sama penulis yang waktu ngevlog pun pernah menerjang lubang.

Kenyataan di jalan penulis pernah jumpai pemakai YSS yang kelihatan empuk itu bila pengendaranya segede berikut ini, berat mungkin lebih dari 100 kg:

Pernah ketemu yang bodinya lebih kecil kelihatan banget kerasnya. Malah kelihatan lebih keras daripada standar:

Uniknya dua duanya nggak pakai setelan preload. Disetel paling atas sendiri. Karena memang sudah keras, kalau diberi preload ya jadi jauh lebih keras. Dan sepertinya mayoritas pemakai suspensi YSS di NMAX atau PCX itu nggak pernah dipakai preloadnya.

Contohnya di video ADK Reality berikut, nggak pakai preload:

Padahal setelan preload disediakan banyak:

IWB yang katanya beratnya 85 kg pun nggak pakai preload:

Oleh karena salesnya bodoh, kita yang harus coba cari sendiri solusinya. Untuk sementara ini yang terpikir oleh penulis adalah pakai YSS DTG Evo yang untuk Aerox, yang tingkat kekerasan pernya adalah 14:

Masalahnya, kalau pakai punya Aerox, motornya bakal jadi pendek. Kemungkinan bakal mepet banget sehingga ban bisa goser bawah bagasi bila mentok. Tapi entahlah, soalnya ada yang pakai suspensi aerox tapi tidak mengeluh.

Contoh:

4 respons untuk ‘Suspensi DBS 611 mudah bocor? Dilema YSS untuk NMAX old, realita pemakai di Indonesia (keras)

  1. Bagusnya pakai Bose Electromagnetic Suspension. Empuk pake banget. Anyway, gw cobain beberapa mobil dr LCGC, Fortuner, Avanza dkk paling enak tetep Almaz. Klo kena jaglugan mengayun tp gak goyang2. En

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.