Video tipuan eco racing, pakai nano oil bisa 27 ribu km, fakta dan bohongnya


Kembali ada video eco racing yang aslinya menunjukkan kelemahan tapi diklaim sebagai menunjukkan kehebatan.
NANO TECH OIL ECO RACING bikin Overheat mesin.

Lagi lagi videonya memberikan judul yang menipu. Disebut berkesan negatif padahal isinya sebenarnya untuk mengiklankan produk eco racing, nano oil tech.

Konten videonya sendiri sama sekali tidak menjelaskan topiknya, tapi menjelaskan apa yang terjadi pada oli mesin ketika umurnya sudah lebih dari 27 ribu km di mobil.

Diperlihatkan bahwa oli tidak banyak berkurang:

Disebut bahwa dari sisi pengurangan oli, oli masih termasuk layak. Nggak dibahas soal warna oli yang sudah hitam begitu.

Dari sisi warna terlihat jelas bahwa olinya sudah tidak layak pakai. Dari pengalaman penulis (yang ganti oli tiap 500 km akhir akhir in), kalau dari sedikit begitu saja sudah hitam, maka yang di dalam bakal lebih hitam lagi. Lha wong yang kelihatan coklat saja sudah kelihatam hitam begitu di drain. Yang kelihatan agak bening juga sudah kelihatan gelap waktu di drain.

Disebut bahwa hal begitu bisa dicapai dengan aditif nano oil, yang mengklaim bisa untuk 25 ribu km:

Padahal terbukti bahwa dengan pemakaian selama itu, olinya sudah rusak / waktunya diganti. Kalau bagus, harusnya oli masih tetap dalam kondisi baik. Harusnya diperlihatkan juga apa oli sudah separah itu ketika di 15 ribu km. Tidak usah dibandingkan dengan oli diesel yang katanya bisa untuk 150 ribu km, produk untuk bensin saja bisa lebih dari 15 ribu mil (24 ribu km):
Why Did Mobil 1 Fail?

2) Mobil 1 Extended Performance, which offered a 15,000-mile guarantee, was already at the industry’s sweet spot. Nobody wanted to pay double for an extra 5,000 miles.

At what price point would a 1 year / 20,000-mile point be worth it? Right now two other manufacturers, Amsoil and Redline, have an oil that can go 25,000 miles between oil changes.

Berikutnya adalah soal uji emisi. Di video ditunjukkan hasil uji emisi yang luar biasa, yaitu CO bisa 0%:

Tapi bisa kita lihat banyak keanehan pada hasil uji emisi tersebut. Seperti misalnya CO2 nya hampir nol, O2nya gede, Lambdanya 2.0, AFRnya nol.

Sebenarnya meteran emisi di Indonesia itu sepertinya pada ngaco semua, hasilnya pada tidak masuk akal. Dapat CO nol itu sesuatu yang normal:
Ini Dia Hasil Uji Emisi Mobil Umur 3 Tahun Odometer 30.000 Kilometer

Dan trik yang sama dipergunakan di pamer kehebatan eco racing yang lain.

Bukannya aditif tersebut nggak ada gunanya, karena sudah ada pembuktiannya:
Aditif Eco Racing Nano Tech ternyata sebenarnya cuma MoDTC yang nambah irit cuma 1,7%, apa lagi konsekuensinya?

Tapi penjelasan tidak sesuai dengan kenyataan.

7 respons untuk ‘Video tipuan eco racing, pakai nano oil bisa 27 ribu km, fakta dan bohongnya

  1. Nyobanya di mobil apa tuh? Coba di mobil eropa, kayaknya ga bisa deh..
    Jangankan 27rb km, saya pernah koq pakai Avanza kantor sampai 50rb ga ganti oli ya bisa-bisa aja. Tapi pas 40rb sempat topup oli 1liter. Olinya juga oli biasa, sebangsa mesran, fastron atau castrol yang 50rb/ltr

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.