Sudah pakai holeshot device semua, tapi kok Ducati lebih kencang? Karena bukan butuh itu thok


Yang nonton MotoGP bisa melihat bagaimana Ducati bisa berada paling depan:

Menurut tmcblog, ini dicapai berkat kehebatan holeshot device milik Ducati.
Analisis Data Penggunaan Holeshot Devices . . Ducati Luar Biasa !

Salah satu yang jadi pembicaraan utama pada gelaran MotoGP pembuka di Qatar adalah bagaimana kencangnya Ducati dalam melakukan drag racing ketika start sampai di tikungan pertama berkat holeshot devices mereka. bisa membuat perbedaan sampai setengah detik itu jelas adalah sebuah prestasi dan pencapaian sendiri buat Ducati

tmcblog juga menunjukkan bagaimana Jorge Martin bisa melesat dari belakang hingga ke barisan depan:

Dikesankan bahwa kehebatan start itu berkat pencapaian teknologi holeshot device yang dipergunakan oleh Ducati.

Penulis tidak setuju. Bukan karena holeshot devicenya Ducati lebih hebat.

Ada hal lain yang tidak bisa dikesampingkan, yaitu Ducati itu punya teknisi spesialis Magneti Marelli yang terbaik. Tim pabrikan lain cuma bisa dapat ampasnya saja. Dan diakui atau tidak, Ducati merupakan pabrikan yang punya hubungan paling dekat dengan Magneti Marelli. Keunggulan ini tidak dimiliki oleh bahkan Honda sekalipun.

Buktinya apa?

Kita tidak pernah dengar masalah wheelie, masalah wheelspin atau engine brake tidak konsisten di Ducati. Di balapan juga motor Ducati jadi motor yang paling kencang akselerasinya begitu keluar dari tikungan (selain motor Honda pada saat saat spesial). Masa ya lupa ketika Joan Mir yang sudah di depan dihajar Ducati sesaat sebelum finish?

Bisa kencang seperti itu karena pengaruh dari traction controlnya. Sehingga ban bisa tetap ngegrip maksimal.

Jadi memang holeshot device membantu, tapi perlu diingat juga bahwa dari sisi elektronik, Ducati (lebih tepatnya teknisi dari Magneti Marelli) itu yang paling ngerti celahnya Magneti Marelli. Bukan soal kecanggihan, tapi soal siapa yang lebih dekat dengan Magneti Marelli.

Sama sama punya holeshot device, percuma kalau tim pabrikannya nggak bisa menyetel softwarenya. Mau holeshot devicenya 10 kali lebih hebat, kalau softwarenya disetel pakai tebak tebakan ya tetap saja nggak bisa maksimal.

Apalagi dengar dengar launch control di MotoGP itu cuma limiter rpm:
Satu lagi kejelekan ECU “canggih” Magneti Marelli, launch control, sampai Vinales saja emoh pakai

Jelas bahwa traction control yang lebih berperan.

5 respons untuk ‘Sudah pakai holeshot device semua, tapi kok Ducati lebih kencang? Karena bukan butuh itu thok

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.