Jack Miller mendorong Joan Mir keluar lintasan? Yang nggak kesebut: Joan Mir juga salah


Bro Cilok meminta penulis untuk membahas soal adu antara Jack Miller dan Joan Mir.

Beberapa blog sudah membahas namun menurut penulis ada yang tidak disebut. Tidak ada yang menyalahkan manuver Joan Mir.

Yang jelas terekam adalah ketika Mir menyundul Jack Miller:

Kemudian setelah itu Jack Miller terlihat memepet Joan Mir:

Joan Mir marah besar:
Doha MotoGP, Qatar: Joan Mir: Jack Miller clash ‘super dangerous’, ‘intentional’

“Saya pikir itu disengaja … Tim saya akan menilai jika mereka harus mengajukan banding. Yang pasti itu harus diselidiki. Manuver ini sudah melebihi batas. Jika memang disengaja seperti yang saya katakan, dia pantas mendapat penalti. Jika tidak, tidak. Tapi saya pikir dia menggerakkan kepala [untuk melihat saya]. Saya pikir Jack tidak menunjukkan rasa hormat dalam kasus ini. Itu adalah manuver yang sama tetapi dengan pengendara yang berbeda. Anda dapat menilai. Untuk tim saya, manuver Jack bukanlah yang terbaik. Mereka akan memutuskan.

Walau Joan Mir protes keras masalah ini, Race Director memutuskan tidak ada sangsi lebih lanjut dan Suzuki memutuskan untuk tidak menindaklanjuti:

Race Director mengumumkan selama balapan bahwa tidak ada tindakan lebih lanjut yang akan diambil, tetapi Mir merasa itu bukan insiden balapan biasa. Suzuki kemudian memberi tahu Crash.net bahwa, setelah meninjau video tersebut, mereka memutuskan untuk tidak mengajukan banding.

Menurut penulis hal itu wajar. Perhatikan ucapan Mir berikut:

“Apa yang terjadi dengan Jack pada belokan 10 adalah bahwa itu adalah satu-satunya tempat yang bisa saya ambil alih. Saya mengambil posisi yang tepat. Dia memutuskan untuk tetap di luar. Dia mempertahankan garisnya. Kami bersentuhan sedikit. Saya mengangkat motornya,” Kata Mir. “Saya mengerti itu adalah manuver yang berisiko, tetapi tidak melewati batas. Tidak apa-apa. Kemudian saya menggerakkan kaki untuk meminta maaf karena ketika hal seperti ini terjadi dalam perlombaan, saya ingin meminta maaf, saya ingin menghindarinya.

Penulis tidak setuju bila disebut aksi Mir tidak melewati batas. Kemarahan Jack Miller juga termasuk wajar. Karena terlihat bahwa setelah dibentur oleh Joan Mir, Jack Miller hanya bisa melakukan manuver defensive. Ia harus melambat.

Di balapan semacam MotoGP dimana sentuhan antar motor bisa meningkatkan resiko, menyalip lawan dengan membenturkan motor tentunya bukan sesuatu yang baik untuk dibudayakan. Hal ini beda dari misalnya balap mobil dimana bump hit and run adalah hal yang dianggap normal untuk beberapa kejuaraan.
Nascar’s Bumper Cars: It’s Fun Until Somebody Gets Hurt

Ini disebut menabrak – atau menyerempet bumper – seolah-olah sesuatu yang lembut dapat terjadi saat pengemudi menggunakan mobilnya untuk mengeluarkan lawan dari jalan dengan kecepatan tinggi yang berbahaya. “Pada akhirnya, apa yang kami lakukan adalah kompetitif, dan apa yang kami lakukan menarik untuk ditonton, dan apa yang kami lakukan berbatasan dengan kegilaan, dan itulah mengapa menyenangkan untuk ditonton,” kata pembalap Jeff Burton Jumat sebelum latihan dan kualifikasi. di Martinsville. Dale Earnhardt sama-sama dihormati dan dibenci karena dia adalah seorang praktisi ahli. Robin Pemberton, seorang kepala kru lama yang sekarang menjadi wakil presiden kompetisi Nascar, membual, “Kami bangga akan hal itu.”

Bump and run (auto racing)

Sebuah mobil trailing sengaja membentur bumper belakang mobil di depannya. Benturan terkadang menyebabkan ban belakang mobil terdepan kehilangan traksi untuk sesaat. Pengemudi dari mobil terdepan dipaksa untuk memperbaiki kemudinya, memperlambat, atau setidaknya berhenti berakselerasi untuk mendapatkan kembali traksi dan / atau sikap mobil.

Jelas bahwa yang dilakukan oleh Joan Mir itu merupakan pemakasan semacam dengan bump and run tersebut. Yang terjadi pada Jack Miller juga sama dengan mobil yang kena bump.

Wajar bila akhirnya Jack Miller itu marah. Apalagi rupanya ia sudah kena bentur 3 kali sebelumnya:
Mir: “Super dangerous” Miller Doha GP clash “intentional”

“Kami berdua telah melihat apa yang terjadi, semua orang melihat apa yang terjadi dan kami terus balapan setelah itu jadi tidak banyak yang benar-benar di sisi itu. Saya kebna tabrak sebelumnya, kira kira sudah tiga kali. “Jadi, sepertinya itulah caranya balapan. Itu saja dan maksud saya, jika saya mendapatkan bendera hitam maka ada sesuatu yang salah. “

Bisa jadi membenturkan motor itu adalah kesengajaan dari Joan Mir untuk membuat motor di depannya kehilangan kendali dan membuat motor depannya minggir.

Suzuki tentu saja tidak berani menuntut Jack Miller. Karena toh Jack Miller itu melakukan di lintasan lurus. Sementara itu Joan Mir melakukan di awal tikungan. Bila Jack Miller kena penalti, maka Joan Mir harus kena penalti juga.

Memang Joan Mir jadi kehilangan posisi, tapi Jack Miller juga. Ia sampai membiarkan dirinya disalip Vinales dan Aleix Espargaro. Posisinya berakhir di belakang Aleix Espargaro, setelah berhasil menyalip lagi Vinales.

Dan kebetulan setelah itu Jack Miller sempat terbentur Vinales yang terlihat sekali berusaha agar tidak membentur. Beda dari yang dilakukan Joan Mir yang tidak mau mengalah.

Bisa dibilang Jack Miller merelakan podium demi untuk memberi pelajaran kepada Joan Mir. Manuver Jack Miller tidak memberikan banyak keuntungan, malah ia beresiko kehilangan posisi. Sementara manuver yang dilakukan Joan Mir jelas memberikan keuntungan bagi Joan Mir dan merugikan bagi Jack Miller.

Iya memang Jack Miller itu sengaja. Tapi dari sisi bahaya, penulis anggap manuver Joan Mir lebih membahayakan. Membenturkan motor sehingga motor depan kehilangan grip hingga harus melakukan manuver menyelamatkan diri adalah aksi yang membahayakan.

Juga seandainya Joan Mir tidak menyalip Jack Miller ketika Jack Miller mencoba menyelamatkan diri, maka Jack Miller mestinya bakal respect ke Joan Mir, dam menganggap itu adalah accidental hit. Tapi ketika kemudian Joan Mir memutuskan untuk menyalip, maka Jack Miller pasti menganggap aksi Mir sebagai intentional hit. Dan Jack Miller memutuskan untuk melakukan intentional hit juga.

18 respons untuk ‘Jack Miller mendorong Joan Mir keluar lintasan? Yang nggak kesebut: Joan Mir juga salah

  1. Namanya juga ego sang juara dunia.. Meski saya penyuka suzuki tapi saya ga ngebela si joannah mirra.. harusnya zackiah milera legowo aja.. jangan mengorbankan hal yg lebih penting ketimbang ngasih pelajaran ke bocah baru.. mirip kasus orang yg ga terima dipotong jalannya waktu berangkat kerja lah malah udag2an ama yg nyalip bukannya fokus masuk kantor tepat waktu.. terdistorsi..

    Suka

  2. Klo gak salah di angle kamera mirip saat mir overtake miller, juga dilakukan Vinales / Quartararo, tp miller biasa saja….

    Suka

  3. kalo motor kunyit srudak sruduk kok gak ada yang komplen ya ?
    apa memang karena fitur celeng nya sudah dimaklumi sama rider lain

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.