Perbaikan mekanisme kopling CVT klasik itu ada, buatan Dr.Pulley, plus Malossi dan Polini


Bila sebelumnya penulis membahas Reveno Clutch, mekanisme kopling CVT yang revolusioner, kali ini penulis bahas perbaikan mekanisme kopling CVT. Buatan orang Taiwan juga, dari Dr Pulley:

Ini bisa jadi alternatif yang lebih murah untuk yang punya masalah di CVT. Beda dengan Reveno yang pakai plat, buatan Dr Pulley ini masih pakai kampas yang mengembang. Cuma bedanya, di yang ini ada mekanisme kuncian juga yang katanya memanfaatkan torsi dari motor. Jadi mekar dulu kampasnya, lalu ada bagian kuncian yang akan membantu menekan kampas keluar ketika dilakukan akselerasi:

Dengan model kuncian tersebut, disebut bisa membuat kuncian kampas kopling menjadi 35% lebih kuat. Nggak bakalan selip ataupun menjadi panas. Kopling disebut cocok untuk dipakai di tanjakan.

Di Dr Pulley Clutch ada dua macam per:
FAQ

Apa fungsi pegas kopling? Semakin keras mereka, semakin tinggi kecepatan awal dan akselerasinya. Prinsipnya, kekuatan pegas kopling yang optimal harus selalu ditentukan dalam segala upaya. Bidang bantal yang sesuai kemudian dicari. Apa fungsi pegas bantal? Pegas bantal mengontrol akhir fase penggilingan. Yang disebut pin dorong menekan bantalan secara besar-besaran ke bel. Semakin ringan pegas bantal dipilih, semakin cepat pin dorong diaktifkan. Jika dipilih terlalu ringan, gerakan mengacak atau bergetar dapat terjadi saat memulai atau mengemudi dengan lambat. Kopling kemudian selalu buka- tutup – buka- tutup, yang tidak nyaman dan hanya cocok untuk pengendaraan yang sangat sporty . Pin dorong ini adalah fitur unik dari kopling HIT karena dapat secara masif mengurangi kehilangan daya akibat gesekan.

Katanya boleh dikombinasikan dengan mangkokan bawaan. Syaratnya warna mangkokan belum sampai warna biru (karena overheat). Karena katanya kalau sudah biru itu sudah mulai mulet mangkokannya.

Butuh break in sekitar 100 km setelah dipasang sebelum mulai bekerja sempurna. Dan disediakan ring bila ternyata beltnya terasa terlalu longgar atau misal selip saat start.

Harga resmi sekitar 3,5 juta. Sampai Indonesia ada yang jual di bawah 3 juta, ada yang di bawah 4 juta. Lebih murah dari Reveno, walau masih tetap mahal. Untuk NMAX old kombinasinya adalah Over-Range Variator Kit 211203, Slide Piece AM, dan High Thrust Clutch 181401.

Dr Pulley Clutch ini sering membandingkan dengan clutch yang bisa disetel pernya. Penulis menemukan 2 contoh, yang satu adalah produk dari Malossi, Malossi Delta Clutch. Bisa disetel preload pernya dengan membuka baut dan menggesernya:

Menarik karena ditawarkan dengan mangkokan yang dilengkapi pendingin.

Ini mungkin yang disindir oleh Dr Pulley. Karena kalau sesuai klaim, maka mangkokan untuk pasangan Dr Pulley Clutch nggak perlu pakai pendingin.

Juga ada yang bilang produk Malossi ini bisa ada selip dikit sebelum menggigit:
Malossi Delta Clutch Tuning

It doesn’t really control slippage. I mean it slips for a second right before the point at which it engages.

Yang berikutnya ada Polini 3G For Race:

Katanya keunggulannya adalah untuk nyetel nggak perlu bongkar:

Kalau untuk NMAX harganya 1,75 juta rupiah.

3 respons untuk ‘Perbaikan mekanisme kopling CVT klasik itu ada, buatan Dr.Pulley, plus Malossi dan Polini

  1. kl pakai ini jd lbh mahal motornya 😀soalnya kita beli motor mau lsg pakai dan enak ternyata pas beli msh urus cvtnya😀ganti dll jd terkesan bahwa motor skrg jdnya dipaksa terpaksa ganti ini itu tuk enak pdhal harga motornya sdh hampir 40 juta ya dr cvt, shock absorder depan belakang, rem, ban, lampu pas beli motor baru.jd pilihan hrs ganti😋

    Suka

    • Tapi perlu diingat juga bahwa mahal ini karena impor. Dari mekanisme sendiri sebenarnya tidak butuh material mahal. Bila diproduksi lokal, harga tentu bisa lebih murah.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.