Reveno, rubah kampas ganda matik jadi ala sport, 5 jutaan tapi keunggulan utama malah nggak dibahas


Penulis cari cari soal CVT macet, malah nemu produk yang namanya Reveno clutch. Rupanya produk ini terkenal juga sebagai modifikasi rekomendasi. Cuma anehnya, yang sering dibahas itu bukan dari keunggulan utama, tapi dari efek sampingnya.

Reveno clutch merupakan pengganti mekanisme kampas ganda di motor matik. Dari yang asalnya seperti ini:

Jadi seperti ini:

Berikut contoh ketika dipasang:

Reveno clutch menggunakan mekanismenya seperti rollernya CVT untuk membuat banyak plat jadi mengigit:

Di Indonesia, yang kebahas biasanya adalah penambahan tenaga:
REVENO PRODUCT | Vespa Matic Rasa Ducati. Trika pecah rekor, 20HP!

Padahal itu bukan fungsi utama. Mengapa sih bisa bertambah tenaganya? Padahal kan itu cuma kopling saja yang fungsinya membuat bagian CVT bisa menggerakkan ban?

Sepertinya jawabannya adalah karena dengan mekanisme plat, jadi lebih ringan, katanya 500 gram lebih ringan dari bawaan ruckus:
GY6 Reveno clutch

The is clutch is 500 grams lighter that your stock GY6 clutch

Berikut perbandingannya:

Ini mungkin bisa disamakan dengan modifikasi fly wheel pada mesin mobil. Dengan fly wheel yang lebih ringan tentunya akan bisa membuat akselerasi menjadi lebih cepat. Tentu akan beda antara uji mesin dyno dan kenyataan. Namun respon di ban mestinya akan bisa dirasakan. Beda 500 gram tentunya lumayan juga.

Sebenarnya keunggulan utama dari Revemo Clutch adalah gigitan yang katanya jadi meningkat 75% terutama di awal awal:

Gigitan yang lebih kuat ini tentu bisa membantu mengurangi resiko gredek atau gigitan kurang kuat di awal akselerasi. Akan sangat berguna juga untuk medan terjal atau tanjakan. Karena biasanya mekanisme kampaslah yang kalah di medan seperti itu.

Mestinya cocok juga untuk kebutuhan tarik tarikan seperti misalnya wheelie berikut ini, perhatikan gigitan kopling yang lebih instan:

Mestinya juga cocok untuk emak emak atau ABG yang kalau ngegas selalu mentok ketika awal. Padahal mestinya harus diawali dengan kalem dulu.

Dan karena mekanismenya berbeda, getaran juga bisa berkurang. Kalau pakai mekanisme gerak kan ada peluang getaran yang bersumber pada engsel koplingnya (biasanya tanpa bearing), ataupun dari ketidak seimbangan berat dari keausan kampas, mekanisme lain.

Biasanya sih memang mangkokan atau kampas aftermarket itu lebih balance daripada buatan pabrikan, walau pabrikan sudah usaha dibolongi biar balance. Buatan aftermarket kan biasanya nggak pakai las lasan, nggak kayak buatan pabrik:

Kelemahan (ada yang bilang kelebihan) dari Reveno clutch ini adalah suara bergemerincing ketika sedang stand by atau lepas gas. Katanya sih ini mirip dengan suara kopling keringnya Ducati:

Sumbernya dari gap yang ada di mangkokannya. Entah apa mangkokan wajib dipasang. Karena kalau tidak dipasang mestinya suara berisik bakal hilang.

Harganya berapa? Ada yang jual 5,4 juta:

ada yang jual 5,7 juta:

ada yang jual 7,5 juta (padahal nggak jadi pasang)

Lumayan mahal. Di website resmi harganya sekitar 4,2 juta rupiah.

Sepertinya solusi cocok untuk PCX 160 yang penulis temukan ada 3 kasus CVT macet (2 sudah disebut di artikel, 1 lagi di video Ners Ajang Heri ngetes PCX 160 di tanjakan). Cuma sepertinya orangnya masih belum buat versi untuk PCX 160.

8 respons untuk ‘Reveno, rubah kampas ganda matik jadi ala sport, 5 jutaan tapi keunggulan utama malah nggak dibahas

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.