Beberapa kebetulan dibalik kencangnya Marc di balapan pertamanya sesudah cedera lama


Harus diakui bahwa Marc secara “mengagetkan” bisa kencang pada balapan pertamanya.

Ia bisa meraih posisi ke enam:

Adalah hal yang menarik karena balapan pertama Marc dilakukan di Algarve, Portimão, Portugal:

Kebetulan latihan pertama Marc dilakukan di Portimao juga:
Marc Marquez Tunggangi RC213V-S di Sirkuit Portimao, Kode Come Back ke MotoGP?

Kebetulan juga ada perubahan ban dari Michelin (diingatkan bro Doflamingo), yang entah mengapa, aneh banget polanya, cuma ban medium depan saja yang dibuat asimetris:
Michelin bring a new range of tyres into 2021

The Soft and Hard fronts are symmetric, while the Medium front and all three rear options are asymmetric, with a harder compound on the right shoulder due to the circuit’s 10 right-hand turns compared to six left.

Sengaja dibuat lebih keras yang kanan. Artinya rider yang harus pilih ban depan soft ada kemungkinan bakal nggak bisa kencang di akhir akhir balapan.

Waktu melakukan FP2, Marc kebetulan pakai ban Medium Medium:

Penulis juga kebetulan nemu informasi (dari sumber yang mestinya terpercaya, dibahas belakangan) bahwa ban yang diberikan ke tiap tim itu gradenya beda beda. Tim miskin dapat ban grade lebih rendah. Dan tentu Marc pastinya dapat ban yang gradenya bagus.

Update:
Maaf yang ini salah paham. Itu di jaman dulu, penjelasan di:
Cerita konspirasi dibalik ban Michelin, ribet, kualitas tak menentu, asimetris bikin sulit

Yah, kebetulan.

Terlepas dari itu semua, hebat juga Marc bisa langsung kencang ketika kembali balapan. Penulis harus akui Marc pembalap hebat. Ya semoga nggak melakukan yang barbar lagi selama balapan nanti.

Tetap nggak berpikir Marc bisa podium. Kecuali Marc nggak takut crash.

15 respons untuk ‘Beberapa kebetulan dibalik kencangnya Marc di balapan pertamanya sesudah cedera lama

  1. Seperti yang saya bilang Om, kalau sudah biasa cepat pasti tetap cepat juga, yang belum kita tahu itu daya tahannya. Saya setelah jatuh dan patah tulang, terus iseng latihan di Sentul masih bisa mengikuti nempel dibelakang teman saya yang rutin latihan, tapi jumlah lap saya lebih sedikit dan sesudah latihan jauh lebih lelah rasanya dan recovery supaya badan fit lagi itu lebih dari 1 hari. Tapi karena Marc ini atlit, ya jelas beda dibandingkan saya yang tidak pernah olahraga 😁

    Suka

    • Terima kasih infonya. Iya, lupa soal ketahanan. Apakah di hari balapan masih bisa fit dan apakah bisa bertahan sampai akhir. Untuk soal pembalap, mungkin bedanya mereka bisa pakai obat khusus. Dari latihannya fisiknya, mungkin bisa kuat. Bisa jadi masalahnya di sakitnya.

      Suka

  2. Waduh, baru tahu ban di GP ada grade-grade nya, mungkin levelnya seperti ini ya:
    – low
    – midle
    – high
    – ghoib
    Ngah ngah ngah ngah

    Suka

  3. Kok kebetulan banget dia recovery nya bisa kebetulan gitu..

    Kebetulan banget Michelin kebetulan bikin ban baru..

    Keknya kebetulan bannya kebetulan dibikin khusus buat markuz

    Disukai oleh 1 orang

  4. soal tyre grade ini ane kok baru denger infonya sekarang, kalau begitu ya kasian bagi tim2 kecil jika standar ban nya tidak sama, ngga bisa perform maksimal meskipun ridernya punya potensi tampil bagus.

    ane rasa ini semua bukan kebetulan mengingat jika dilihat alurnya Motobiji jaman Now dah kayak di skenariokan.

    dan patut di ingat lagi, MotoGP itu adalah sebetulnya Spanyol VS Italia, ehh

    Suka

  5. Pengen komen ah, apakah info tyre grade itu valid utk team kaya dan miskin? Baru dengar dan di artikel diatas disebut Marc PASTI dapat ban grade bagus (info grade ban saja belum jelas, premisnya seolah pasti). Imo, kaitan perubahan ban dari musim2 sebelumnya seringkali terjadi race per race, jadi kebetulan spt diartikel diatas adalah kebetulan yg terlalu sering (biasa). Kalo marc sendiri, imo pasti kaget ototnya. Kencang karena dia punya mental jurdun bisa tapi endurance nya yg jadi masalah. Terima kasih sebelumnya

    Suka

  6. Cuma pengin liat Marquez apa masih seperti yang dulu, berani melakukan block pass terhadap pembalap lain? Terus seruntulan kayak balap Moto2 dan Moto3 ?

    Suka

      • Di akhir kualifikasi, markes saat mengejar pembalap Suzuki di tikungan tangan kanannya mulai goyang dan akhirnya keluar tikungan. Bagaimana dengan race yang lama dan butuh ngepus dan strategi?

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.