Kecerobohan parah perakit motor bikin CBR1000RR-R direcall, resiko suspensi patah ambles tengah jalan


Diberi tahu bro Doflamingo, cukup mengejutkan juga karena perakit level Jepang pun bisa melakukan kecerobohan sehingga sampai harus direcall motornya:
Honda CBR1000RR-R Fireblade SP RR-R-Recalled

Berikut detil informasinya:

Jumlah total kendaraan yang berpotensi terkena dampak: 89
Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 28/4/2020 – 29/7/2020

Deskripsi cacat:
Selama proses perakitan, pelat penghubung bantalan belakang mungkin telah dipasang secara tidak benar dengan sisi counterbore menghadap ke arah yang salah (mundur), yang secara tidak tepat mengamankan pelat ke sasis kendaraan. Dengan terus menggunakan kendaraan di mana pelat penghubung bantalan belakang tidak dipasang dengan benar, pelat dapat pecah secara tiba-tiba, menyebabkan ketinggian kendaraan turun, dan meningkatkan risiko tabrakan atau cedera.

Kronologi:
26 Juni 2020
Kemunculan pertama masalah terjadi pada kendaraan di Prancis. Kendaraan itu diperbaiki dengan garansi karena keluhan kebisingan abnormal yang berasal dari suspensi belakang.

14 Juli 2020
Melalui proses pemeriksaan kualitas di pabrik Kumamoto Honda, suara yang tidak normal terdengar. Beberapa kendaraan ditemukan memiliki pelat penghubung bantalan belakang yang tidak terpasang dengan benar dan telah diperbaiki.

28 Agustus 2020
Honda menerima laporan awal masalah ini untuk pasar Jepang, yang muncul dari keluhan kebisingan yang tidak normal dari suspensi belakang.

September – Oktober 2020
Setelah menerima klaim pasar tambahan, Honda memulai penyelidikan masalah kebisingan abnormal yang berasal dari suspensi belakang dengan melakukan analisis pada bagian-bagian yang dikumpulkan.

22 Februari 2021
Honda menerima laporan kedua tentang masalah tersebut untuk pasar Jepang, yang mengindikasikan penurunan ketinggian kendaraan secara tiba-tiba. Pelat penghubung bantalan belakang ditemukan rusak.

Februari – Maret 2021
Honda menyelidiki lebih lanjut masalah kebisingan abnormal dengan perbaikan garansi secara global dan menemukan bahwa untuk produksi sebelum Juli 2020, pelat penghubung bantalan belakang tidak dipasang dengan benar dengan bagian luar menghadap ke dalam (mundur).

1 April 2021
Honda memutuskan bahwa ada cacat yang terkait dengan keselamatan kendaraan bermotor dan memutuskan untuk melakukan penarikan kembali keselamatan.
Hingga 29 Maret 2021, Honda belum menerima klaim garansi, laporan lapangan, atau laporan kecelakaan atau cedera terkait masalah ini untuk pasar AS.

Bagian yang dimaksud adalah berikut ini:
Recall Honda CBR1000RRR Fireblade Jepang Terkait Pelat Prolink Swingarm

Yang jadi masalah adalah karena ada tempat baut khusus:

Kalau melihat seperti itu, rasanya mustahil bisa pasang kebalik. Tapi nyatanya sudah terjadi seperti itu. Kayaknya karyawan yang melakukan itu sudah dipecat kali ya? Tapi tetap mengkhawatirkan bila yang seperti itu saja bisa sampai salah pasang.

18 respons untuk ‘Kecerobohan parah perakit motor bikin CBR1000RR-R direcall, resiko suspensi patah ambles tengah jalan

  1. Pabrikan skrg banyak yg hanya mengandalkan nama besar, bodi futuristik, desain baru, harga mahal, iklan besar2an, tp kualitasnya nggk terjaga

    Suka

  2. Pasti 99% sudah di pecat kalau disana. Tapi kalau recall 1 batch donk, masa yang rakit salah semua? Jangan-jangan petunjuk pemasangan yang salah.

    Suka

  3. klo dimari berita begituan lngs dihajar ama attack dogs nya dgn tuduhan blek kempen dstnya. Beli motor mahal2 di kasih cacad kok ikhlas dan nrimo?

    Kelamaan di jajah jd mental inlander nya msh tertanam kuat dan sulit di hilangkan.

    Suka

  4. Kalo ditemukan ada defect gitu harusnya yg jadi ‘tumbal’ pertama dikasih reward.. secara ga langsung dia udah menyelamatkan nama baik perusahaan..

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.