Konsumsi BBM NMAX 2018 bisa kok mencapai 53,5 km/liter 😄, berkat Xado Revitalizant?


Penulis baru sadar bahwa kalau mau sip pakai Xado Revitalizant itu justru motor nggak bisa dipakai kencang. Dan pertama penulis pakai motor berkendara gaya eco riding, penulis kaget juga karena mendapatkan angka lebih dari 49 km/liter. Sampai rumah saja 48 km/liter:

Penulis kaget juga karena dulu awal awal, penulis biasanya dapat angka kurang dari itu walau sudah eco riding juga. Saat itu hasil terbaik eco riding adalah mendekati 50 km/liter, baik pakai bensin premium ataupun pertamax (saat itu sudah pakai pro capacitor / bawa cemenite). Dan itu sudah sulit.

Lalu motor kena penyakit fuel dilution. Setelah ini, motor sama sekali tidak pernah mendapatkan angka yang tinggi. Apalagi penulis kemudian pakai bensin shell super yang terkenal tenaganya paling nggak sip. Eco riding sekalipun cuma dapat maksimal 45 km/liter yang kalau sampai rumah pasti bakal turun lagi. Sempat terusan pakai pertamax, tetap saja nggak bisa irit seperti baru.

Hasil terakhir membuat penulis merasa bahwa motor penulis sudah jadi makin irit. Karena penasaran, penulis pun coba lagi. Kebetulan hari sabtu sehingga lalu lintas cukup sepi. Berhentinya nggak banyak.

Dan hasilnya ternyata memang lebih baik daripada ketika motor masih baru.

Pada saat itu penulis sudah pakai terusan bensin pertamax. Tujuannya sih daya pembersihnya yang lebih parah daripada Shell Super penulis harapkan bisa membuat aditif Xado Revitalizantnnya lebih mudah menempel. Tapi penulis tidak merasakan peningkatan kompresi. Nggak makin irit.

Penulis pakainya gas pol terus karena berpikir bahwa gesekan yang making banyak akan membuat aditif bekerja banyak juga. Tapi hasilnya cuma bagian selain ruang pembakaran saja yang jadi berkurang sumber berisiknya. Gemeletuk atau tanda roller oblak jadi berkurang. Toleransi mesin seperti makin rapat. Cuma dari sisi ruang pembakaran tidak terasa peningkatannya.

Ternyata sepertinya ketika pakai Xado Revitalizant itu kurang sip kalau motornya dipakai kebut kebutan. Bisa jadi kalau dipakai gas pol atau rpm tinggi, aditf Xado Revitalizantnya jadi malah nggak sempat nempel. Setelah penulis berkendara lebih santai, peningkatan kompresi sepertinya makin terasa.

Penulis juga jadi paham mengapa harus ada jeda waktu penggunaan Xado Revitalizantnya. Mengapa kok harus dibagi tiga pakainya. Sepertinya yang pertama itu untuk mereaksikan dengan aditif bawaan oli mesin. Jadi yang pertama itu mungkin sudah melapisi bagian baret, tapi sebagian besar akan mengikat aditif olinya. Saat itu sudah terasa licin mesinnya, walau nggak lama.

Penambahan kedua terasa mesin makin licin lagi. Kali ini efeknya lebih besar. Tapi juga disertai dengan suara mesin makin kasar (juga karena pengaruh pertamax). Bisa jadi aditif lain jadi gagal bekerja karena jadi malah bentrok dengan Xadonya.

Baru pada penambahan ketiga, penulis merasakan peningkatan kompresi lebih banyak.

Bisa jadi penggunaan oli mesin 50% Mesran B40 dan 50% Bimoli membuat Xado Revitalizant bekerja lebih baik. Karena ada yang bilang sudah pakai tapi tidak merasakan perbedaan. Bila ingin meniru, kalau bisa perhatikan olinya, bensinnya dan cara pemakaiannya.

Benar atau tidak, yang jelas motor penulis sekarang lebih irit daripada saat masih baru 😎

9 respons untuk ‘Konsumsi BBM NMAX 2018 bisa kok mencapai 53,5 km/liter 😄, berkat Xado Revitalizant?

  1. bahkan aerox pun susah buat dapetin angka sgitu.

    btw udah jenuh bet naik matic, kalo mau ngirit perlakuaanya lebih sulit daripada motor bergigi transmisi

    Disukai oleh 1 orang

      • dah gitu ketika sudah melaju di kecepatan menengah/tertentu, ketika melakukan perlambatan hingga jalan lambat, di gas lagi respon laju motor tidak sejalan dengan naiknya RPM mesin alias teriak dulu, kudu diurut pelan2 alias bikin gemes dan bikin boros BBM, atau dg kata lain pick up speed tak sesui kemauan rider, macam ada miss😁

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.