Tim pabrikan Honda di urutan 13 dan 14 di kualifikasi Jerez, ada apa?


Sepertinya memang motor versi terbaru justru membuat Honda jadi makin lambat di MotoGP. Hasil kualifikasi Jerez menunjukkan hal ini:

Mungkin ada yang berpandangan positif dan menganggap bahwa kedua pembalap utama Honda akan bisa dengan mudah mengejar posisi puncak. Menganggap posisi start di belakang itu bukan halangan yang besar. Apalagi bila melihat Takaaki Nakagami bisa start di barisan kedua.

Yang perlu diingat bahwa motor yang dikendarai oleh pembalap Honda yang lain bukanlah motor yang sama dengan motor yang dikendarai Takaaki Nakagami. Nakagami itu dapat motor Honda versi lama. Beda dengan yang dikendarai pembalap Honda yang lain.

Menurut penulis pembalap Honda yang lain jelas kemampuannya dibatasi oleh motor yang bermasalah. Sehingga Alex Marquez pun dengan tragis harus puas berada di urutan 20 kualifikasi. Jelas bahwa Alex Marquez kesulitan menyesuaikan diri dengan motor Honda.

Dari sekilas melihat kualifikasi, Pol Espargaro juga sepertinya masih belum bisa sepenuhnya menguasai motor Honda, walau ia sering sesumbar perkembangannya cukup bagus. Sementara itu Marc Marquez juga belum bisa konsisten. Ia terlihat beberapa kali melakukan kesalahan. Entah karena masih butuh menyesuaikan diri lagi atau karena ketahanan otot tangannya mengganggu pengendalian.

Ia juga sempat crash sebelumnya:

Bila ada yang menganggap bahwa mereka bisa merangsek lagi ke depan maka perlu ingat bahwa motor Honda yang dipakai Marc, Pol dan Alex itu sekarang terkenal sebagai motor yang sulit dipakai menyalip. Motor Honda sekarang kalah dalam pengereman karena inersia motor akan memaksa motor untuk tetap lurus. Sehingga mestinya pembalap Honda harus menghentikan pengereman lebih awal dan tidak bisa menggunakan teknik trail braking.

Marc juga pastinya lebih hati hati karena 1 hal yang sangat dihindari Marc sekarang adalah crash lagi.

Entah apakah untuk berikutnya kita akan melihat motor Honda akan dilengkapi dengan rem cakram belakang lebih besar. Tujuannya adalah untuk menurunkan rpm motor dengan cepat pakai rem belakang. Jadi pembalap Honda menikung pakai gigi rendah dan akan shift down saat lepas dari tikungan. Mungkin.

Anehnya pembalap Stefan Bradl bisa lebih kencang dari pembalap utama. Pakai motor versi lama juga?

Sementara itu Morbidelli seolah menunjukkan bahwa tanpa masalah mesin ia bisa menjadi pembalap yang cepat dan meraih waktu kualifikasi yang baik. Fabio Quartarao, Jack Miller dan Francesco Bagnaia juga menunjukkan kelas mereka sebagai pembalap utama. Vinales lagi lagi angin anginan. Entah apakah di balapan nanti ia akan melakukan blooper lagi.

Sementara itu pembalap Suzuki kompakan juga tidak bisa kencang. Apa sirkuit ini mementingkan top speed ya? Bisa jadi di balapan ini bakal seru ada salip salipan lagi (kecuali dari Marc, Pol dan Alex)

10 respons untuk ‘Tim pabrikan Honda di urutan 13 dan 14 di kualifikasi Jerez, ada apa?

  1. ane menunggu sepak terjang Aleix Esp si rider aprilia RS-GP apakah ntar pas race bisa bertarung di pack depan atau cuma penghuni papan tengah aja, mengingat motornya ndiri terlihat menjanjikan hanya pembalapnya saja yang nampak “so-so”. coba kasih pembalap yg lebih bagus mungkin RSGP bisa 0.2-0.4 detik lebih cepat.

    kalo Aleix ane rasa gak akan ngotot banget balapnya karna yaahhh…namanya udah berkeluarga pasti ingat dg yg di rumah, sudah naluri. mungkin….

    Suka

    • Dibilang motornya berpotensi sulit juga karena pembalap aprilia satunya ketinggalan jauh di belakang di beberapa balapan awal. Aleixnya sendiri memang bisa dibilang average. Tapi akhir akhir ini bisa kencang. Mungkin mengalami kelemahan ban juga.

      Suka

  2. Sekilas baca nakagami di jerez balik lagi pake sasis 2020, entah apakah bradl pake sasis 2020 juga, tapi bradl yang cepat ada potensi motor honda bisa dibuat cepat juga (karena bisa jadi bradl mengetes komponen baru)

    Suka

  3. tapi kenapa sang penguasa regulasi ( Honda ) ga bikin ancaman ke dorna buat ubah regulasi ECU minimal biarpun seragam tapi tidak seprimitif sekarang. mengingat biasanya klo Honda mau bergerak regulasi bisa berubah kayak 990cc ke 800cc. klo kayak gini ibarat nya Honda sekarang lagi kamikaze, cuma ajang penghancuran motor sama rider nya doang. miris banget mengingat era 500cc yg kuno dan non elektronic control pun Honda ga gini2 amat performanya

    Suka

    • Sepertinya masih kalah pengaruh dengan Ducati? Tapi masalah Honda sekarang terutama di pemilihan desain mesin / rotating camshaft direction kayaknya.

      Juga kalau ECU dibaikkan, pesaing berat Yamaha dan Suzuki bakal merajalela. Kan walau bermasalah, minim Honda masih lebih ok daripada Yamaha atau SUzuki.

      Suka

  4. padahal waktu jaman nya Burgess, Furusawa, Battaglia sama andrea zugna berjaya lewat fiat Yamaha tipe ecu yang di pake magneti marelli tipe marvel 4, ( bukti magneti marelli bisa buat ecu bagus ). klo Honda mau intervensi dorna supaya ecu marelli nya bisa di tingkatin lagi kemampuan nya saya kira performa nya bisa bersaing sama ducati yamaha lagi

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.