Honda CB150R upside down sudah keluar, bodi makin mulus. Mending mana dengan NMAX new standar? harga mirip, begitu juga top speed dan torsi


Jadi akhirnya Honda mengeluarkan versi facelift dari Honda CB150R:
Launching Honda CB150R Upside Down Slipper Clutch : Harga Mulai Rp29.7 Jutaan

Terlihat bahwa motor sudah makin mewah karena dilengkapi dengan suspensi depan upside down. Harga pun terlihat masuk akal, 29,7 juta rupiah. Harga yang otomatis membuatnya harus bersaing dengan NMAX new standar yang harga resminya 29,85 juta rupiah.

Lho mengapa kok nggak dibandingkan dengan PCX 160? Ya mau bagaimana lagi, karena penulis terus terang ragu mau merekomendasikan PCX 160. Karena kok sangat bervariatif sekali “masalah” dan masalah yang dialami oleh pemilik PCX 160 padahal masih dalam umur ratusan km.

Katanya mesinnya sudah bebas getar, eh nyatanya ada saja konsumen dan bahkan reviewer yang menyebutnya lebih getar dari kompetitor. Katanya performa ok, tapi di lapangan kok nyatanya kalah dari NMAX new. Jelas kalah telak dari Aerox. Cuma tinggal tunggu adu dengan NMAX old.

Karena dari sisi relibilitas dan sisi konsistensi produk meragukan, jadi terpaksa deh membandingkannya dengan NMAX new. Padahal sebenarnya kalau motornya lebih bebas masalah, PCX 160 merupakan saingan berat dari CB150R.

Honda CB150R hadir dengan beberapa perubahan. Yang kelihatan sih suspensi upside down. Mungkin bakal memberikan handling yang lebih mantap, tapi entah bakal lebih lincah dan stabil mana bila dibandingkan dengan NMAX new. Sori, nggak pernah coba. Tapi diameter tabung lebih besar mestinya akan memberikan hambatan suspensi yang lebih besar. Lebih stabil, tapi artinya kalau di jalan keriting bakal lebih kerasa getaran jalan di tangan.

Warna yang disediakan, Macho Black dan Stinger Red Black, menurut penulis merupakan downgrade bila warna model matte / doff tidak disediakan (edit, versi SEnya matte: Fury Matte Red, Raptor Matte Black, and Armored Matte Grey). Berikut versi lama:
Bertemu Honda CB150R Merah Doff SE, Fury Red Mat .. Versi Refresh Nampak Mewah

Selain itu modelnya lebih terkesan tigerisme. Kesan tajam tajamnya jadi seperti hilang?
Bikin Tampilan Motor Makin Sangar, Segini Harga Aksesoris Resmi Honda CB150R 2021

Bodi mulus tersebut sepertinya senada dengan CB luar negeri yang disebut new neo cafe.

Mungkin ada yang suka tampilan bodi dimuluskan, penulis sendiri termasuk yang nggak suka tampilan seperti itu. Belum lihat lampu belakang tapi curiga dirubah juga.

Dari sisi mesin entah apa bedanya. Tapi disebut tenaga maksimal 16,6 hp dengan torsi maksimal 13,8 Nm. Ini bisa dibilang masih setara dengan NMAX new yang punya tenaga maksimal 15,15 hp dan torsi maksimal 13,9 Nm. Bukan beda yang banyak mengingat pemilik NMAX itu hobi boreup. Kalau merasa kurang tinggal boreup. Penulis jarang dengar CB150R di bore up. Beratnya 136 kg vs 132 kg. Beda sedikit juga.

Yang membuatnya jadi seimbang itu adalah karena top speednya juga hampir sama. Walau tenaga lebih besar, Honda CB150R punya top speed 125 km/jam, sementara NMAX new punya top speed 124 km/jam.

Untuk real life, ada yang ketemu 109 km/jam untuk CB150Rnya:

111 km/jam untuk NMAX new:

Benar benar setara.

Mungkin ada yang kurang terima dan menyebut soal akselerasi. Masalahnya sih untuk meningkatkan akselerasi CB150R, biasanya mainannya adalah knalpot dan ECU. Apa kira kira pemilik CB pede melawan NMAX modif 200 cc ECU standar knalpot standar?

Dari sisi posisi berkendara tentu soal selera. Antara tegak atau yang bisa selonjor. Entah CB150R yang baru sudah dilengkapi charger juga atau tidak, tapi yang jelas ukuran bagasi pasti beda jauh (menang NMAX). Begitu pula ukuran tangki bensin (menang CB).

Konsumsi bahan bakar rasanya sama juga, karena disebut 40,5 km/liter. Angka itu mudah banget dicapai bila eco riding harian (ada macet macetnya) di NMAX old sekalipun, real life.

Kelengkapan keamanan di CB150R ada assist & slipper clutch. Sementara itu di NMAX sudah nggak pakai kopling atau pindah gigi lagi. Yang jelas di CB150R bakal susah untuk bisa pakai TCS atau ABS, sementara kalau di NMAX tinggal beli versi lebih tinggi.

Tapi bagus juga sekarang sudah pakai indikator gigi. Jadi ingat waktu naik shogun dulu, bisa tahu posisi gigi dari spedo:
Bedah Speedometer Honda CB150R Streetfire MY2021 Terbaru, Pakai Gear Indikator

Tapi penasaran juga disebut bisa lihat konsumsi bahan bakar. Memang sebelumnya nggak bisa ya?

Di CB150R ada suspensi upside down. Di NMAX ada suspensi pakai tabung. Yang jelas di CB150R nggak ada idling stop. Dan entah apakah bakal pernah muncul versi yang pakai smart key.

Dari banyak sisi CB150R kalah. Tapi tentu bukannya tidak ada pasar. Masih banyak yang ingin merasakan sensasi naik motor laki lagi. Dan motor laki itu biasanya lebih akomodatif untuk rider yang badannya lebih dari 180 cm.

Lagipula di CB150R itu nggak ada stopper engine mounting yang bikin sakit pinggang dan suspensi belakang juga mestinya nggak single action. Untuk kenyamanan (tanpa modif), CB150R mestinya lebih unggul (selama Honda tidak melakukan blunder).

Tapi terus terang penulis lebih rekomendasikan NMAX old. Lalu modif ringan biar nyaman, berat bila mau kencang. Teman penulis aja bangga di luar kota bisa beradu dengan R15 atau Vixion.

Misal anti matik, kalau mau cari motor laki yang laki, Ada Suzuki Bandit. Laki banget karena tidak dilengkapi fitur slipper clutch. Yang mau yang penting kencang, ada Vixion. Mau beda sendiri ada Apache 200. Mau upside downnya saja, Xabre masih dijual dengan harga beda dikit. Versi lama warna matte mungkin juga masih tersedia.

37 respons untuk ‘Honda CB150R upside down sudah keluar, bodi makin mulus. Mending mana dengan NMAX new standar? harga mirip, begitu juga top speed dan torsi

  1. Yah dikira mau model ala cb 125 streetster nya eropa atau thailand, tapi ya udah deh, cuma ki bentuknya malah keinget cf moto depannya. Entah deh.

    Semoga yg sekarang gk cuma modal fitur tapi realibilitas nya kurang. Seperti ciri khas motor zaman sekarang, supaya enggak ada lagi kasus kasus aneh seperti kemarin kemarin terjadi

    Disukai oleh 1 orang

  2. yang gak bakal dibahas lek iwb :

    kecewa tangki kondom, (di r25, mt25, vixion dibahas di artikel)
    sama buritan yang gak berubah sama sekali, alias ubahan nanggung kalo kata lek iwb. (ini yg kena dulu new r25 sama mt25)

    Disukai oleh 1 orang

  3. Era kemunduran kayanya..
    kunci kontak pindah lagi ke atas, bodi ga proporsional sama ukuran mesin, agak wagu ngeliat raiser setang setinggi itu, kepala jadi hydrocepalus mirip byson, tangki kondoman dulu fans nya sering ngehina yamaha jadi kaya ngejilat ludah sendiri, spion malah pake punya versa yg batangnya kurus, mesin ga ada improvisasi.. disinyalir ya gitulah, knp ga ikut2an tren hazard ya?

    Disukai oleh 1 orang

    • Wah, nggak perhatian soal itu semua. Tapi sepertinya walau dihujat begitu, trennya ke arah kondoman ya, dan bodi nggak proporsional.

      Untuk lampu hazard aneh juga ya, karena CBR150R termahal kan sampai dipaksakan waktu ngerem mendadak lampu hazard aktif.

      Suka

  4. Kemunduran lainnya malah ikutan vixionR ga pkai kick starter. Kalau vixionR masih bisa beralasan basis mesin r15v3nya memang ga punya lubang kick starter. Kalau ini masih ada tempat kickstart tapi sengaja ga dipakein mngkin spy cost lbh kecil & untung tambah banyak

    Suka

  5. Saya makin kesian sama Vixion, apakah vixion Last generation yg pakai VVA cmn dijual di Indonesia? Kok saya jrg denger viksen New di luar Indonesia?

    Suka

  6. Bukannya gsx s & bandit lebih kencang daripada vixion om¿
    Kalau lebih irit dan lebih nampol akselerasi stop n go, menurut saya memang menang vixion

    Suka

    • kencangnya itu berapa sih selisihnya, apakah sampai 20 km/jam, 30 km/jam?

      kondisi stock gsx juga empot2an di top gear nya alias mesin malas berkitir lebih tinggi lagi karena ada “semacam limit”

      Suka

      • Gsx s n bandit msh paling kenceng d kelas 150 naked, cma khas overbore bawahnya lemot
        Vixi r kedua lbh merata powerbandnya, ketiga cb150 menang tarikan awal bahkan dri vixi r Sekalipun ypi ya nafasnya cepet hbs
        Paling lemot vixion biasa yg 5 speed

        Suka

        • lha iya kencengnya seberapa sih selisihnya, seberapa powerfull nya tow?

          wong masuk gigi 6 juga hampir gak keluar tenaganya juga kok, seperti diturunkan kurva pengapiannya, atau sengaja ketahan, itulah yg cukup disayangkan, sudah DOHC Overbore tenaga letaknya diatas tapi kok di limit di top gear.

          top speed juga 11-12 dengan Vixion R (untuk bandit) dan R15 V3(untuk GSXR)

          Suka

          • Kalau lebih kencangnya disuruh diabaikan dianggap tdk Ada keunggulan dgn kata ‘seberapa kencang selisihnya sih’
            Apakah lebih lemotnya juga bisa diabaikan dan dianggap tdk Ada dgn kata ‘seberapa lebih lemotnya’ sih tarikan bawah gsx 150 dibanding r15v3 & vixion R

            Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.