Soket spull error #12 masih terjadi di NMAX new, baiknya pakai sambungan saja


Jadi rupanya penyakit error #12 yang muncul karena soket terbakar masih terjadi juga:

Bisa jadi karena keseringan kena air, kurang kedap atau memang konektornya yang kualitasnya nggak bagus. Entah mengapa Yamaha nggak sanggup memperbaiki. Air bisa bikin konektor berkarat dan bekerja tidak baik. Apalagi kalau ada air asam/basa yang berada di antara terminal. Proses elektrolisis akan mempercepat terjadinya karat. Kalau konektor bukan dari bahan yang baik juga mudah panas dan berkarat.

Menurut penulis sebaiknya jangan disambung dengan kabel dengan cara di atas. Cara yang lebih aman adalah dengan sambungan yang lebih baik, dengan klem dan terminal tembaga.

Yang ditekan baut insulasinya sementara serabutnya dikenakan bagian kuningannya. Setelah dipasang, lalu dibungkus sedemikian rupa sehingga tahan air. Tapi ingat juga bahwa selotip dan pembungkus bisa jadi sumber api bila koneksi tidak sempurna lagi.

22 respons untuk ‘Soket spull error #12 masih terjadi di NMAX new, baiknya pakai sambungan saja

  1. Itu penyakit banyak motor Yamaha, di R25 kode 46, soket kiprok gosong. Punya saya sudah 2x kebakar. Alhamdulillah kiprok sama body nya ga ikut kebakar. Sebenarnya itu karena ukuran kabel kurang besar. Katanya orang Jepang paham listrik, tapi konyol soket kebakar karena penampang kabel kurang besar Pura-Pura ga tahu.
    Punya saya, begitu saya ganti ukuran kabel yang 3x kabel lebih besar dari kabel bawaan jadi jauh berkurang panas di area soket.
    Soket lampu utama di R25 juga panas, Orang-orang termasuk pabrikan sepertinya meremehkan ukuran kabel.

    Disukai oleh 1 orang

    • sip, terima kasih infonya. Iya, Mungkin di sana pas musim dingin mengujinya atau dalam ruangan ber ac. .Yang juga jadi pertanyaan adalah mengapa masih terus terjadi.

      Suka

    • Dari jaman vixion dah begitu.. noh vixion aye ganti pake soket kuningan yg buat listrik rumah 220v.. kalo dicuekin itu bisa merembet ke kiprok, aki, fuelpump trus ecu.. bures dah duit..

      Suka

    • Ganti soketnya dengan soket mobil, lebih tahan panas dan lebih rapat,,

      Plat tembaganya kadang terlalu tipis

      Suka

  2. Nex karbu setelah 5 tahun kebakar salah satu kabel spull yang terletak didekat cover kipas pendingin mesin dan kiprok bawaannya jadi rusak. Terus kabel spullnya semuanya dipotong dan disambung pake konektor dan pin mirip di koil, lanjut di lakban hitam. Kiproknya ganti kiprok furukawa buat smash karena pernah baca diblog mana gitu furukawa paling besar output voltage nya buat aki. Dan sampai sekarang kelistrikan motor masih normal.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.