Mekanik bengkel resmi itu cuek sama kondisi oli yang didrain ya? Tetap rekomendasi oli dealernya


Tadi barusan saja servis resmi ketiga, per 8 ribu km. Dan pas servis itu menjumpai kondisi berikut:

Perhatikan bahwa yang di wadah satunya adalah oli bekas:

Perasaan volume berkurang banyak. Tapi dari mekanik kelihatan nyantai. Nggak beritahu pemilik atau apaan. Nyantai saja. Dibiarkan saja.

Penulis jadi teringat yang berikut ini, PCX 160 di servis pertama (1000 km) olinya hitam banget:
REVIEW service pertama PCX160

Entah itu meler kecil begitu pertanda bagus atau tidak. Karena yang berikutnya kok kayaknya lebih besar.

Penulis sendiri merasa waktu ganti oli masih di dealer Yamaha, olinya juga hitam dan volume oli terkesan berkurang.

Pastinya dari mekanik menyarankan olinya untuk tetap pakai AHM Oil atau Yamalube saja. Dan walau jelas di 700 km atau 1000 km sudah hitam banget, atau di 2000 km oli sudah berkurang sangat banyak, pasti tetap saja direkomendasikan untuk ganti oli tiap 2 ribu km.

Penulis jadi ingat penulis agak diketawai ketika ganti oli tiap 500 km. Dianya sendiri gantinya di dealer Yamaha juga.

Penulis jadi kasihan.

btw, di servis kali ini nggak lagi dibersihkan filternya

27 respons untuk ‘Mekanik bengkel resmi itu cuek sama kondisi oli yang didrain ya? Tetap rekomendasi oli dealernya

  1. Karena mekanik beres dilarang punya idealisme sendiri. Yang punya idealisme dan kepercayaan diri yang cukup itu, kalau ga keluar buka bengkel sendiri, pilihan lain ya jadi mekanik balap kalau ada Tim yang percaya

    Disukai oleh 1 orang

  2. Beres ahass paling bikin sebel, suka nyalah2in customer, kayak gak butuh customer aja.
    Tapi itu dulu waktu dua motor msh lambang sayap, krn kesel sampe ganti pake lambang garpu.
    Pelayanannya sama, hasil kerja jg standar, cuma gak suka nyalah2 in customer.
    Dan dr bbrp beres yg ane cobain, ada yg bagus pelayanannya.
    Jd jangan cuma coba satu atau dua beres aja, cari yg kita percaya walaupun sama2 satu merek.

    Suka

    • Iya, beda bengkel bisa beda perlakuan. Sepertinya memang harus cari. Tapi standar keseluruhan memang rendah. Yang sip itu biasanya yang murni bengkel dan bukan dealer.

      Suka

  3. Pengalaman saya beli motor baru merk H dan Y sama saja, banyak BeRes yang kerjanya nggak beres. Sejak jaman beli Astrea Impresa sampai Yamaha Mio sudah beberapa kali mengalami kejadian buruk, beberapa ada yg fatal. Mulai dari kunci set hilang, baut hilang, ring baut oli hilang, dan yang paling parah piston jebol (untungnya masih garansi, ganti baru) gara2 keteledoran mekanik. Hanya sedikit BeRes yg bisa betul2 dipercaya, dan sayangnya hal ini baru bisa diketahui setelah coba2 sana sini mencari BeRes mana yg baik. Akhirnya daripada pusing sendiri mending pilih bengkel luar yg lebih jelas kerjanya (biasanya malah lebih murah) kalau sekedar servis ringan saja

    Disukai oleh 1 orang

  4. Ada satu motor perang buat operasional karyawan, vega zr karbu.
    udah ngetop kan kalo pagi susah dinyalain, udah 3 beres Y bolak balik service sekalian ganti oli, bahkan pernah ane sendiri yg bawa tu motor ke beres, komplen pagi tetep susah nyala walaupun bolak balik service, diservice ulang gak solve juga, ane perhatiin jarang motor rakjat umur lebih dari 5 tahun yg service di beres.
    suatu hari ketemu mekanik beres Y gak sengaja ngobrol di warkop, ane bilang soal zr yg bikin betis pegel. Dia bilang itu bisa disembuhin, udah sering katanya yg keluhannya sama. tapi lokasi beresnya jauh, dia bilang bisa ambil sekalian berangkat kerja tp minta tambah ongkos jemput. ane oke in lah, besoknya dia jemput motor ane.
    sore dianterin sekalian dia pulang kerja, hasilnya mantap gan, dah 3 tahun sampe sekarang joss itu motor jadul ewul ewul.
    Baru deh ane suka titip service motor yg laen dianter jemput. alhamdulillaah jd ada kemudahan gak perlu bawa sendiri ke beres sama nunggu dua tiga jam.
    bahkan ane juga titip motor merek K buat di service disana, wkwkwkwkwk

    Suka

    • solusinya lobang dudukan jarum skep dikikis miring yg posisinya menghadap dalam arah ruang bakar

      Suka

    • Wah mantap itu. Sip juga bisa seperti itu. Iya, kadang dari bengkel itu kurang cukup mahir untuk menangani. Entah mengapa kok nggak buat database solusi saja.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.