PCX 160 saat macet bisa ngegas / jalan sendiri? Gara gara tenaga bawah makin besar?


Nemu nggak sengaja karena salah klik, tapi ada cerita berikut ini, langsung di yang paling atas, gas bisa naik naik sendiri:

Aneh sekali bisa terjadi motor ngegas sendiri walau nggak digas. Tapi ada yang memberikan analisa berbeda dan memberi penjelasan yang lebih bisa dimengerti:

Jadi rupanya itu terjadi karena kampas kopling nyangkut ke rumah koplingnya. Bau karet terbakar juga sepertinya tanda bahwa (walau tidak gredek) kampas rupanya sering selip dan beradu dengan rumah koplingnya sehingga menimbulkan panas yang amat sangat dan akhirnya membuat kampas lengket ke rumah kopling. Hal ini mirip dengan yang terjadi ketika rem tromol terlalu sering dipakai sehingga kampas panas dan lengket ke rumah remnya.

Sepertinya hal ini terjadi di pemakaian stop and go. Bukan karena per putus karena masih bisa jalan lagi.

Hal ini senada dengan yang sebelumnya penulis bahas:
PCX 160 tiba tiba macet rodanya, motor masih baru 700 kman, cacat kampasnya?

Sepertinya semua bermula pada bagian kampas kopling yang mudah lengket pada rumah koplingnya. Hal ini bisa terjadi di semua kampas rem juga. Biasanya solusinya adalah dengan membuat gap:

Teknik ini sudah sering diterapkan di kampas rem:

Merubah kekuatan per kampas menurut penulis bukan solusi yang baik karena per yang terlalu kuat tentunya akan membuat kampas jadi makin lebih nggak nempel lagi ke rumah kopling. Membuat yang lebih lembek juga belum tentu membuat kopling lebih mudah menempel ke rumah kopling.

Lebih baik bila mengganti dengan kampas yang lebih tidak licin.

Alternatif lain adalah dengan memainkan gas dengan lebih hati hati pada saat buka gas sehingga tidak menyentak. Ini tentu lebih sulit karena PCX 160 lebih garang di putaran bawah.

Yang untuk cairan coolant rembes, jadi berpikir apakah mesin PCX 160 tidak seminim getar seperti yang diklaimkan? Soalnya baca yang berikut, jadi kepikiran apakah baut bisa kendor karena getaran mesin:

Sayangnya nggak ada yang cerita setelah di “servis di BERES”.

Banyaknya masalah di PCX 160 ini sepertinya membuat cukup banyak juga orang beli PCX 160. FBH lebih memilih model lain.

31 respons untuk ‘PCX 160 saat macet bisa ngegas / jalan sendiri? Gara gara tenaga bawah makin besar?

  1. blog berinisial angka “tujuh” juga kagak berani membahas kekurangan daripada pcx160 ini, tanya knapa?!

    Suka

  2. Kalo abis ujan2an ngegas sendiri saya dulu sering ngalamin tp di supra x 125 karbu.. sebenernya bukan ngegas sendiri tp kyk skep karbu nyangkut..gas udah ditutup tp rpm masih tinggi. tp skarang gak pernah ngalamin lg mau gimana pun riding pas ujan.. aneh😁

    Suka

  3. Ane smpai heran, orang skrg dah biasa dijadikan pesakitan oleh motor, yg pnting ngejar gaya, mahal, tren trbaru, premium class, banyak fitur yg dibanggakan, dst

    Suka

  4. mohon maaf , apa memang harus dilakukan recall buat varian honda ini?? persaan di versi terbaru ini lebih banyak kasusnya dibandingkan dengan versi sebelumnya. (mohon maaf koreksi bila salah. terimakasih)

    Suka

    • Rasanya sulit mengharapkan recall, bila melihat kasus yang sudah sudah. Mengharapkan perbaikan juga sulit. Biasanya baru ada revisi bila ada facelift atau model baru.

      Suka

      • Saya berharap penurunan kualitas ini bukan karena akibat pandemi seperti sekarang, dan berharap tidak berakhir tragis seperti cerita mio M3 series yang banyak masalhnya

        Suka

    • Memang sudah seharusnya recall kalau tanggung jawab, tapi ada prioritas yg lebih penting yaitu jaga image & profit.

      Lagipula ga ada pentingnya direcall, dibiarkan apa adanya pun tetap:
      Dipuja puji, disembah, dibela dan dibeli banyak orang koq, jd buat apa repot2 recall, toh bgini saja tetap nomor 1

      Suka

      • Iya memang betul, tapi kalau lama kelamaan begini image mereka bisa runtuh layaknya mocin, dulu mocin juga begitu udah harganya Sama dengan produk Jepang tapi layanan after salesnya gk baik malah image mereka hancur sendiri akbiatnya

        Suka

        • Rasanya tidak. Karena masyarakat Indonesia itu mudah terbius iklan. Dan walau tidak sesuai dengan ekspektasi pun banyak yang masih merasa puas karena tidak pernah coba merek lain.

          Disukai oleh 1 orang

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.