Sulit ya cari oli PAO? Dilema beli oli online, bagaimana kalau dapat yang palsu?


Beberapa waktu terakhir ini penulis cukup pusing juga memikirkan oli apa yang mau penulis coba berikutnya. Ini karena penulis ingin membeli oli yang premium, oli yang harganya termasuk mahal, yang kekentalannya SAE belakangnya 50, misal SAE 50, 5W-50, 10W-50, 15W-50 atau 20W-50.

Bukan Motul ya, karena motul sekelas (lebih rendah sih) mesran super saja harganya bisa 90 ribu. Yang paling topnya harganya di atas 300 ribu, Dan tentu bukan Vrooam, karena yang oli matiknya saja seharga 120 ribuan. Dan hasilnya juga meragukan (dari dengering suara motor NMAXnya ADK Reality):

Kelas termahalnya juga lebih dari 300 ribu. Oli Ipone pun juga termasuk mahal juga.

Penulis ingin oli terbaik dari pabrik oli tapi yang harganya nggak mahal mahal amat. Dan juga penulis ingin coba oli PAO. Yang jelas berani nyebut oli PAO 100% adalah Ravenol, Red Line dan PTT Challenger Superbike Racing. Di spek juga berani nyebut.

Tapi ada masalah juga. Redline yang tersedia kebanyakan adalah oli polyolester (yang mestinya lebih mahal dari PAO), yang botolnya warna putih. Yang penulis cari adalah Red Line Powersports yang botolnya hitam. Nggak ada yang jualan.

Sementara itu yang PTT lebih terjamin. Ada toko resmi, harganya 250 ribu. Masalahnya penulis nggak yakin ada yang pernah pakai oli ini, padahal untuk pertama penulis inginnya jadi benchmark, sebagai perbandingan, jadi butuh oli yang populer.

Ada lagi oli Ravenol. Untuk yang 10W-50 untuk motor sport, harganya 250 ribu. Disebut full sintetik di lapak resmi Ravenol Indonesia:

Padahal kenyataannya di website resmi disebut bukan full sintetik:

Padahal yang beneran full sintetik itu yang ada kata kata racing:

Ada sih yang jual, tapi kekentalannya nggak ada yang belakangnya 50:

Sebagai oli jerman, Liqui Moly Fully Synthetic sering disebut sebagai oli PAO juga. Harga sekitar 200 ribu. Tapi di deskripsi website resmi (abaikan klaim sales Indonesia) kata kata PAO sama sekali tidak disebut.

Di datasheetnya juga enggak:

Ada oli Total yang katanya Fully synthetic 10W-50 dengan harga cukup murah untuk oli full sintetik, sekitar 100 ribu lebih sedikit. Tapi baik di deskripsi atau datasheet sama sekali tidak menyebut soal PAO walau itu oli perancis:

Ya sudah, penulis pun menurunkan target, yang penting olinya populer. Oli yang populer itu adalah Mobil 1 dan Amsoil. Fastron nggak ada jenis PAO yang SAE belakangnya 50.

Yamalube RS4GP? Sayangnya nggak ada yang belakangnya 50. Dan tahu sendiri 10W40 itu adalah spesifikasi khusus Jepang. Kalau nggak niatan jual di Indonesia ya penulis nggak maksa. Dihindari saja. Soal bisa dipakai di sentul selama 2 jam, penulis kok merasa Mesran B40 itu juga bisa dipakai 2 jam di sentul:
Yamalube RS4GP Terbukti Tahan 2 Jam Non-Stop di Yamaha Endurance Festival

Apalagi katanya ada tim balap yang pakainya mesran B40:
Katanya Oli Diesel Bagus Buat Motor, Ternyata Ada Oli Diesel Bisa Untuk Motor

Seperti tim asuhan Ibnu Sambodo dari Manual Tech, juara nasional menggunakan pelumas diesel. Ketika itu pembalap Manual Tech menggunakan Suzuki Shogun 110 juara nasional. Pelumas yang digunakan Mesran B40 yang kekentalannya SAE 40 itu.

Untuk oli dari exxon mobil, nggak jadi cobain Delvac 1 karena nggak ada yang kekentalan belakangnya SAE 50. Kalau di toko online, yang banyak dijual adalah Mobil 1 5W-50. Mobil 1 5W-50 itu bukan full sintetik. Walau secara resmi versi bahasa Indonesia dijelaskan bahwa itu oli full sintetik:

Tapi di penjelasan versi eropa, disebut oli itu bukan oli full sintetik:

Di datasheet untuk Indoesia sih disebutkan kandungan PAOnya antara 10-20%:

Harganya Mobil 1 yang 5W-50 sangat mencengangkan. Ada yang jualan di bawah 100 ribu per liter!

Yang 60 ribu pun ada (mau pergi ke lapaknya silahkan klik):

Sebagai perbandingan, berikut dari yang sepertinya jual yang asli, harga lebih mahal dari amsoil:

Sementara yang 15W-50 yang katanya oli yang race proven, harganya lebih mahal dari yang full sintetik (Red line dan PTT Challenger superbike racing), mendekati harga Ravenol full sintetik. Padahal Mobil 1 15W-50 tidak full PAO, 11-12 dengan yang 5W-50:

Asli bikin ragu. Apalagi kemudian penulis menemukan bahwa oli mobil 1 itu banyak ditiru:

Ada keterangannya berikut ini:

Awas hati2 buat agan2 jgn sampe ketipu.
Ane beli oli tp trnyata palsu.
Berikut link pembelian nya, semoga tidak ada yg dirugikan lg.

Oli PALSU :
OLI MOBIL 1 GOLD SAE 0W-40 ANVANCED FULL SYTHENTIC GALON 1 LITER

Oli yg ASLI :
promo! oli mesin mobil 1 0w40 advanced full synthetic

Memang banyak sih oli yang dipalsu. Penulis nemu video pemalsuan merek Shell, TMO, DGO, Castrol, Fastron, TOP 1, motul dst. Lucu juga Top 1 dipalsu, karena menurut penulis pun yang asli pun meragukan. Lha wong pabriknya cuma untuk blending (aditifnya impor dari california dan di toko online di amerika nggak nemu yang jualan oli merek top 1).

Di berikut ini disebut ada pemalsuan Yamalube, Federal Ultratec dan kelihatan bungkus AHM Oil:

Nggak cuma oli murah, yang mahal pun dipalsu:

Yang jarang dikenal pun juga dipalsu, seperti misalnya uni oil:

Oli impor yang punya perlindungan anti dipalsu pun kena palsu juga, seperti misalnya Ravenol:

Ravenol ini perlindungannya banyak, tidak hanya cek online, dari bungkus juga banyak anti dipalsunya.

Tapi nyatanya Doktor Mobil pun sekarang nggak jualan Revanol tapi jualan 9 Circle dan jadi satu satunya penjual merek tersebut (kemungkinan rebranding sendiri).

Ada yang menyebut bahwa kalau kertas labelnya selapis itu palsu, seperti contohnya oli motul berikut:

Tapi selama nggak ada keterangan dari website resminya (motul), kita sebaiknya jangan berasumsi. Karena bisa jadi walau harganya termasuk mahal, cara pengemasannya masih nggak pakai yang modern. Dari penjelasan resmi Motul Indonesia pun tidak mengikutkan hal itu:
Awas Oli Motul Palsu! Begini Cara Gampang Untuk Menghindarinya

Walau memang ada sih yang anti dipalsunya pakai model kertas berlapis:

Cek pemalsuan oli Motul katanya bisa pakai QRcode di tutup botol dan di scan pakai hp yang kameranya sangat sip (karena yang palsu ada bagian buram pada QR code):

Masalahnya yang di Indonesia itu olinya pada nggak ada QR codenya:

Pakai kode batch juga rasanya sulit, karena di contoh berikut, kode batchnya sama ngeplek persis, tertulis 17.09.20 565585A1 baik botol kiri dan botol kanan:

Tapi memang ada kemungkinan juga yang palsu nggak ada kode batch atau fontnya beda atau tulisannya nggak seperti aslinya (misal melengkung sementara botol asli di print saat botol digeser).

Untuk soal kualitas, kadang sulit. Pemalsu oli itu kalau sedikit modal, misalnya tidak pakai oli bekas tapi pakai minyak goreng kemasan dicampur yang paling murah maka rasanya konsumen nggak bakal sulit bedakan. Lumayan Bimoli 15 ribu per liter bisa dijual lebih dari 200 ribuan.

Mau beli oli exxon mobil takut dapat palsu. Tapi nanti penulis cari yang penjualnya terpercaya. Mau beli offline juga nggak tahu mau beli orinya di mana.

Jadi untuk sekarang penulis pun memutuskan untuk coba oli AMSOIL saja. Semoga nggak dapat yang palsu. Penulis pilih beli di bengkel mobil yang berani mencantumkan alamat dan kontak, DBM, yang kebetulan ada di Surabaya (ongkos kirim murah).

Tipenya? Amsoil Signature Series, 5W-50 yang klaimnya seperti berikut ini:

• 75% more engine protection against horsepower loss and wear.1
• 50% more cleaning power vs. AMSOIL OE Motor Oil
• Protects turbochargers 72% better than required2 by the GM dexos1 Gen 2 specification.
• Trusted by professional engine builders
• Guaranteed protection for up to 25,000 miles (40 ribu km) or 1 year

Klaimnya punya kandungan PAO antara 10-30%:

Lumayan, walau nggak 100% tapi masih ada PAOnya. Tapi oli ini punya TBN cukup tinggi 12,5 . Lihat saja nanti apa top speed akan berkurang. Sekarang ini sekitar 113 saat duduk tegak. Kalau mentok 108 ya berarti sama nggak sipnya dengan Shell Advance Ultra.

Tapi nyobanya masih nunggu oli yang sekarang jadi nggak layak pakai. Dan agak bingung juga, oli yang dipakai sebagai engine flush enaknya apa ya? Mesran B40 tanpa minyak goreng?

17 respons untuk ‘Sulit ya cari oli PAO? Dilema beli oli online, bagaimana kalau dapat yang palsu?

  1. Lagian yg asli terlalu nyari untung.. lahirlah yg palsu dengan harga lebih manusiawi.. teguran juga buat produsen biar kaga pada jumawa..

    Suka

    • Masalahnya cukup banyak. Yang tersedia di toko online itu cuma yang full sintetik, Sementara carinya yang PAO Ester Blend (Evotech+). Yang non PAO pun cuma kekentalan SAE belakang 40.
      TSA Enterprise Sdn Bhd
      October 31, 2020 ·

      AISIN evoTECH+
      – AISIN Highest Performance engine oil with 100% PAO and race-proven additive technology.
      – PAO and VHVI synthetic base oil.
      – Reduce ash formation for cleaner engine.
      Recommended Applications:
      AISIN evoTECH+ Motor Oils is recommended for Large CC turbocharged cars (2.0 and above) or performance cars.

      Suka

  2. Wah samaan oli nya, baru beli amsoil amr juga…
    Rencana buat reyen new nmax, cuma masih inden belom dateng motornya hahaha
    Nanti saya kasih tau penulis apakah berhasil jadi gak vampir oli…
    Dan sepertinya baru dateng motor langsung ganti aja dah tuh oli mesin ama oli final transmisi nya

    Suka

  3. Lhoalah oom, udah ganti oli lagi. Pdhal saya baru aja beli botolan meditran sx (botol 1lt Rp.49.500 di SPBU Juanda) buat buat gurah mesin. Rencana oli mau tak isi mesran b40 sesuai review sampyan, kebetulan udah nemu oli curah drum druman di spbu wadungasri & geluran & diponegoro hehehehe

    Suka

    • Ganti oli untuk coba coba karena janji review 🙂

      sip info beli curahnya 👍. Wah mahal juga meditran sx ya? Padahal disitu termasuk murah. Jadi berpikir itu setara dengan prima xp / enduro, sama sama grup 2.

      Suka

  4. Sy pengguna oli mobil 1 5w50 di mobil,
    Oli ini sangat enak di mobil ku. Tarikan jauh lebih responsif & BBM lebih hemat 👌

    Oli mobil 1 yg asli tidak sehitam itu (yg di postingan mas cahyo). Sy selalu dapat yg asli krn pda balik tutup oli ExxonMobil ada QR scan kode. Pda mobil 1 5w50 olinya bening kuning sedikit ke oranye nan

    Namun harganya diatas 200k per liternya, sy jdi ragu yg harganya smp 100k kebawah 🤔
    Lha yg mobil 1 0w40 saja 4lt (1 galon) harganya bsa diatas 900k kok 😅 (kalau asli)

    Suka

    • Sip terima kasih tipnya. Wah jadi penasaran juga ingin coba. Mungkin nanti cari yang harga seperti itu dan menerapkan tipsnya. Terima kasih infonya.

      Baru tahu juga ada yang pakai oli belakang 50 di mobil selain saya 👍.

      Suka

    • Termasuk mahal juga ya. Di tokopedia pada copas fotonya mixie FK Massimo RS 5W50, sementara mixienya justru nggak jualan. satu satunya yang posting foto asli, harganya 355 ribu.

      Suka

  5. pake yg 10w50 liqui moly street race ka, sy pernah ty ke yutub LM official katanya street race selain additive selebihnya full PAO, cek di web resmi jg disebut vollsynth, dijerman yg bs disebut fs yg kandungan base PAO nya minimal 80%.

    Suka

    • Saya sempat tertarik coba liqui moly, karena oli PAO yang katanya full tapi harganya bahkan lebih murah dari PTT superbike racing, ravenol atau full sintetik lain. Kurang dari 200 ribu. Tapi akhirnya batal karena kok rasanya tidak ada esternya. Di datasheet juga disebut mengandung oli parafin juga.

      Satu lagi yang bikin ragu adalah pour point. OLi PAOnya ravenol dan PTT punya pour point di bawah -48 derajat, sementara liqui moly street race cuma -39, seperti oli full sintetiknya jepang (alias non PAO)

      Suka

  6. Fastron ada bang yg sae 15w-50 Api SN (yg botol warna ungu) ,kalau beli oli online mending di aplikasi Sh*ope terus di filter hanya penjual Shopee mall ,saya cari Fastron 15w-50 yg penjual Shopee mall cuman ada 1 toko 😁 harganya sekitar 65 ribuan

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.