Beda getaran mesin lama dan mesin barunya Royal Enfield 350cc ternyata ekstrem banget


Salah satu hal yang ditingkatkan di motor terbaru Royal Enfield, Meteor 350, adalah dari sisi getaran mesin:
Can Royal Enfield Meteor 350 Beat Classic 350 in Top-End Drag Race?

Penulis sering dengar bahwa memang getaran mesin merupakan salah satu hal yang jadi keluhan utama dari pemilik motor Royal Enfield. Selama ini mereka cari solusi aftermarket atau spesialis anti getar. Tapi penulis nggak kebayang juga bahwa beda getarannya seperti berikut ini:

Perhatikan dari riak air di botolnya. Parah banget. Getaran juga bisa terlihat mata.

Dibanding motor buatan lokal bagus mana?

Sulit juga untuk bilang. Dulu penulis pernah merasakan betapa besarnya getaran mesin NMAX saat masih baru (saat olinya masih Yamalube). Tapi getaran terutama terjadi di rpm tertentu, di rpm rendah. Saking parahnya sampai bodi bergetar:

PCX 160 pun masih getar:
Getaran PCX 160 itu malah lebih parah daripada NMAX new? Kok beda dari review awal awal?

Apalagi penulis sekarang justru merasakan getaran makin minim.

Bisa jadi yang kena kasus motornya bergetar itu mereka mereka yang olinya masih saja ngeyel pakai oli rekomendasi pabrikan.

6 respons untuk ‘Beda getaran mesin lama dan mesin barunya Royal Enfield 350cc ternyata ekstrem banget

  1. motor bergetar MUNGKIN bisa jadi juga disebabkan oleh knocking Om, saat BBM terjadi “pre-ignition” sebelum diledakkan busi, ada gaya saling tolak menolak yg menyebabkan pantat piston bergesekan hebat dg dinding silinder, yg menyebabkan bunyi “krrrrkkkk….! kejadian ini yg menimbulkan vibrasi engine yg kemudian diteruskan ke sasis body lewat engine mounting CMIIW

    *penjelasan knocking ada di video baru channelnya BRT

    Suka

    • sip, terima kasih infonya. Kalau lihat solusi untuk RE350, kebanyakan dari perbaikan bearing di bagian kiri dan kanan crankshaft. Sepertinya balancing kurang baik dan aslinya nggak pakai roller bearing tapi pakai jurnal bearing.

      Suka

    • sip, terima kasih infonya. Kalau lihat solusi untuk RE350, kebanyakan dari perbaikan bearing di bagian kiri dan kanan crankshaft. Sepertinya balancing kurang baik dan aslinya nggak pakai bearing.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.