#ItalianGP Mugello, Fabio menang, crash Marc pertanda turunnya kemampuan dirinya dan motornya


Di balapan barusan Fabio Quartararo yang menang:

Sebelum start, sempat terjadi insiden yang menyebabkan Bastianini gagal mengikuti balapan karena motornya crash di tengah tengah lintasan:

Penyebabnya sepertinya karena ia gagal mencoba menghindari Zarco yang mengerem terlalu mendadak:

Balapan termasuk seru. Diiringi dengan aksi salip menyalip yang seru secara mulus walau penulis kadang jengkel juga karena sering buffering.

Bagnaia sempat memimpin walau akhirnya crash:

Alex Rins juga lagi lagi crash:

Nakagami crash:

Tapi yang perlu jadi perhatian adalah ketika Marc Marquez crash:

Padahal ketika start ia terlihat siap:

Namun pada saat balapan jelas sekali terlihat bahwa Marc sudah kehilangan insting balap atau melakukan salah perkiraan. Marc terlihat terlalu memaksakan ketika ingin menyalip Brad Binder (yang posisinya melorot setelah straight):

Terlihat jelas bahwa Marc melebar secara tidak wajar. Sehingga walau Brad Binder berusaha menghindar, Marc tetap saja menabraknya. Menurut penulis ini tanda:
1.Marc salah perhitungan, tidak bisa memahami dirinya ataupun motornya
2.Motor Honda bukan lagi motor yang cocok untuk Marc
3.Motor Honda memang beneran jadi motor yang sulit untuk dipakai menyalip

Kesalahan tersebut harusnya tidak dilakukan pembalap profesional. Ini tentu pertanda buruk baik untuk Honda atau Marc. Bila melihat kondisi tersebut maka rupanya kondisi Marc jauh lebih buruk dari perkiraan. Karena mestinya cedera Marc sudah sembuh, tapi dari sisi insting sepertinya sudah kadung rusak.

Dari yang penulis ingat, di masa jayanya Marc tidak pernah melakukan seperti itu. Walau ia ambil dari dalam, ia tidak akan sampai seperti itu dan masih bisa mengikuti manuver lawannya (misal Jack Miller yang tidak mau mengalah)

Ironinya, Rossi finish di urutan ke-10. Lebih baik daripada Pol Espargaro ataupun Alex Marquez. Jadi Rossi tidak bisa dibilang tidak layak balapan. Yang tidak layak balapan itu Alex. Entah apakah karena cedera (khas rider Honda) tapi jadi terkesan kalah baik dari Lorenzo yang “digantikannya”. Melepas Lorenzo (memasukkan Alex) bisa dibilang blunder dari tim Honda. Apalagi karena sekarang Marc tidak kencang dan masih belum ada jaminan bisa kencang lagi.

Lepas dari itu, balapan bisa dibilang menarik. Walau ada keputusan yang cukup kontroversial dimana Miguel Oliveira yang finish urutan kedua harus rela podium nomor 3 karena dianggap menyentuh lintasan warna hijau:

Bisa dibilang balapan kali ini jadi pertanda kembalinya KTM karena secara rata rata, prestasi pembalap KTM lebih baik dari balapan sebelumnya.

Joan Mir juga cukup baik bisa podium. Sementara itu Morbidelli apes karena kehalang motor Marc dan harus keluar lintasan. Ducati sepertinya terhalang ban, sepertinya sudah kebiasaan bila Zarco melambat di akhir akhir.

11 respons untuk ‘#ItalianGP Mugello, Fabio menang, crash Marc pertanda turunnya kemampuan dirinya dan motornya

  1. tapi yg perlu digaris bawahi Top Speed semua pengguna YZR-M1 rata2 paling rendah disini, okelah 1/4taro bisa menang karna meski mugello punya straight lurus panjang tapi di bagian sirkuit lain karakternya flowing – mengalir, tidak ada stop n go nya, sesuai makanan empuk M1, coba nanti di Austria dimana ada bagian yg bisa dibilang stop n go setelah trek lurus, M1 kayaknya bakal kesulitan.

    kemungkinan markuz akan bangkit di sana.

    Suka

    • Iya, kelihatan banget bahwa di beberapa tikungan Fabio bisa lebih kencang. Ducati juga masih termasuk sulit adu pengereman dengan Yamaha. Winglet juga mengurangi kelincahan sehingga begitu salah posisi, bisa bablas.

      Suka

    • M1 itu terlalu liar, pas di straight terlihat M1 itu wheelie sedangkan Ducati engga. Klo Yamaha bisa membereskan masalah wheelie ini yakin stop n go bukan masalah bagi mereka.

      Suka

      • Dari dulu masalahnya memang itu sih. Kalau nggak wheelie ya wheelspin atau tenaga nggak keluar. Memang Magneti Marelli itu nggak cocok dipakai di MotoGP.

        Suka

  2. okelah di motogp honda babak belur akibat ecu seragam, tapi kenapa di wsbk yang pake ecu buatan honda sendiri masih babak belur? apa karakter inline yang ramah ga berlaku buat honda sekarang..

    Suka

    • Honda justru termasuk unggul di ECU di MotoGP setelahnya Ducati. Di WSBK ikutan babak belur mungkin karena desain rangka juga copy paste dari motor MotoGP juga. Kan si Alvaro Bautista sebelumnya beberapa kali mengeluh motornya sulit belok? Dan dari komentar komentar terakhir pembalapnya, motor ternyata masih belum ramah untuk pembalap.

      Tapi juga pernah crash karena sistem elektronik nggak reliable:
      Bautista deprived of a possible podium, Haslam a solid eighth in race 1

      Álvaro Bautista 19: I had a good chance to stay there and fight until the end but unfortunately, three or four laps from the end, I started to have some gearing issues. Every lap it got a little worse and then right at the end I crashed at turn two. When we analysed the data, we saw that there was an electronic problem with a sensor, and so in the middle of the corner I was at full power and lost the rear tyre.

      Leon Haslam 91: “The race was pretty tough to be honest, as I was struggling a little with front traction, which meant I didn’t feel I could really push.

      Team HRC unable to make the most of opportunities at Motorland Aragón

      Álvaro Bautista 19 : Then, towards the middle of the race I started to have the same electric problem as yesterday and kept struggling to change gear. I had to manage the situation, riding very carefully to avoid taking any risks.

      Leon Haslam 91 :One of the issues was that we should have gone with the intermediate, but we also struggled a bit with throttle delivery.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.