Honda dapat konsesi di MotoGP memang ada efeknya?


Katanya ada kemungkinan bahwa Honda bisa mendapatkan konsesi bila prestasinya terusan buruk:
Honda could gain MotoGP concessions for 2022

Sepertinya banyak yang menganggap bahwa ini akan membuat Honda akan lebih unggul karena bisa Honda bisa mengembangkan mesin lebih baik (maaf nggak tahu aturannya bagaimana di jaman covid), bisa melakukan pengujian lebih banyak, kesempatan uji lebih banyak, jatah mesin tiap pembalap lebih banyak dan kesempatan mendatangkan wildcards.

Tapi apa memang beneran ini akan bikin Honda lebih kompetitif?

Menurut penulis tidak.

Dari sisi pembalap yang tersedia, sudah terbukti Honda nggak punya rider yang bisa lebih baik dari pembalap yang ada di grid sekarang ini. Stefan Bradl cuma bisa finish di urutan ke-12 ketika Nakagami finish di urutan ke-4. Jadi ada kesempatan wildcards pun bakal sia sia. Mungkin cuma berguna untuk menambah poin untuk pabrikan. Nggak akan menambah kharisma Honda di mata fans(?)nya.

Dari sisi pengujian juga menjadi kendala karena Honda juga nggak punya rider yang bisa menggantikan Marc Marquez atau yang cocok dengan selera Marc. Karena kan arah pengembangan motor Honda itu tergantung pada Marc. Karena Marc kemampuannya hilang, maka ya hilang sudah kesempatan mengembangkan mesin.

Alex jelas tidak bisa memberikan masukan, karena untuk mengendarai saja masih belum bisa. Sementara itu Takaaki Nakagami juga tidak, karena Nakagami baru bisa kencang setelah copas cara berkendara Marc. Pol Espargaro juga tidak, karena sampai sekarang pun belum bisa kencang walau di tahun lalu 5 kali podium. Cal Crutchlow atau Lorenzo sebenarnya bisa memberikan masukan yang baik. Tapi apa Marquez iklhas mereka dijadikan tes rider motor yang akan Marc pakai?

Untuk pengembangan suspensi dan rangka bakal sulit karena semua mengacu ke Marc. Dan sudah terbukti bahwa Marc bukan pembalap yang cocok untuk melakukan ini terbukti bahwa sekarang ini motor Honda menjadi motor yang tidak kompetitif walau sudah dikendarai oleh Marc. Frekuensi crash juga termasuk sangat sering.

Mungkin yang bisa membantu adalah kesempatan pengembangan mesin (masih di lock tidak untuk tim konsesi?). Sekarang ini masalah pada mesin Honda adalah delivery yang kurang (bukan power ya) dan gyro effect yang terlalu besar. Tapi apa Honda punya ahli untuk ini? Belum lagi nanti keputusan akhir ada di tangan Marc yang sudah terbukti bukan pembalap yang punya kemampuan memilih motro yang baik.

Dan ironinya Dani Pedrosa sukses membuat KTM lebih kencang hanya dari perbaikan rangka dan setingan suspensi.

Ironi juga ketika pembalap terkencang Honda saat ini, Takaaki Nakagami (berdasarkan poin, Marc selalu crash ketika bisa memimpim), mengendarai motor versi lama. Nggak dijamin Nakagami bisa kencang kalau pakai motor versi baru. Bisa jadi bakal senasib dengan Pol atau Alex.

Jadi kesimpulan penulis adalah Honda tidak akan langsung kencang bila sudah dapat konsesi. Untuk bisa kencang sepertinya Honda harus lupakan Marc. Tapi apa bisa?

11 respons untuk ‘Honda dapat konsesi di MotoGP memang ada efeknya?

  1. Klo honda sampai konsensi mestinya malu tuh pak.. kalo di ambil jejak digital para petinggi dan pembalap2nya he..he..😁

    Pedrosa keliatan sumringah… Sayang petrux belum podium, kira2 pedrosa ikut bantu scr lsg tdk ya ke tim Tech3?

    Suka

  2. Et parah amad. Mending Yamaha donk gak dapet Konsesi sama sekali. Suzuki aja udh gak dpt. Saatnya ngepbeha jilat ludah lg klo beneran.

    wkwkwkwkwk

    Suka

  3. Wah sangar neh nulisnya.. Out of the box. Very zoom out kalau kata Steve Jobs.
    Duit banyak memang ga jaminan juga seh, karena Ducati dulu juga banyak duit dapat konsesi dan butuh waktu lama untuk kompetitif. Yang perlu diwaspadai adalah kalau kemampuan Marc pulih. Ini jelas kesempatan, tapi ya pembalapnya aja sendiri melakukan segala cara sampai towing melulu supaya bagus kualifikasi, peduli apa konsesi. Yang penting juara dunia.
    Honda memang perusahaan Jepang. Tapi berapa banyak orang Jepang di HRC tim Motogp nya? Karena sudut pandang perusahaan itu beda dengan sudut pandang pribadi. Kadang mereka (perusahaan) akan melakukan apa saja agar tujuannya tercapai selama boleh, meski itu memalukan.
    Tapi berhubung musim masih panjang, masih ada waktu untuk bisa menang, apalagi sekedar podium. Alex kan tahun lalu podium Aragon.
    Oya, rekor terlama Yamaha tidak juara seri itu berapa lama ya? Hehehe..

    Suka

    • Iya sih, bila Marc pulih bakal sangat membantu. Namun perlu ingat juga bahwa saat Marc masih jaya saja motornya (versi 2020) sudah dikeluhkan lambat.

      Iya sih, yang menangani mesin Honda nggak cuma orang Jepang. Namun usaha mereka selama ini bisa dibilang tidak berhasil? Untuk mengembangkan CBR1000RR-RR katanya berdasar motor MotoGP, tapi hasil akhirnya jadi punya masalah yang sama.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.