Penulis cukup kaget juga ketika menjumpai pesan dari Yamaha berikut ini:
Oli Hitam Jangan Langsung Diganti!
“Caranya mengetahui oli yang masih bisa dipakai ya harus dilihat, bisa pakai kuku gampangnya. Apabila masih ada warna bening diluar cairan hitam, artinya oli masih bisa dipakai. Kecuali oli menjadi hitam pekat dan tidak meninggalkan minyak sedikitpun.” ujarnya.
Terus terang penulis tidak pernah mengganti oli dengan acuan seperti itu. Kalau suara mesin kasar, mau olinya bening atau sudah hitam ya ganti. Begitu lihat olinya coklat, walau oli terasa masih licin ya ganti.
Dari pengalaman dengan motor Yamaha NMAX, warna oli coklat ketika diteteskan seperti di gambar di atas itu bakal hitam banget ketika sudah didrain. Jadi menurut penulis sudah nggak layak.
Entah mengapa kok jadi muncul anjuran seperti itu. Apa karena oli Yamalube itu mudah menjadi hitam?
Yang jelas penulis sebelumnya mengalami beberapa kali kekecewaan ketika pakai oli Yamalube. Dari FD hingga oli yang keruh di transmisi di umur motor 200 km. Dan kok ya pas kebetulan bro Pras dj09 sharing berikut ini:
Lho, oli gardan NMAX kok bisa keruh? Ada hubungan dengan penyakit klotok klotok transmisi/CVT?
Setelah sy membaca artikel ini, sy juga langsung drain oli mesin & gardan nmax sy yg baru (belum ada seminggu). Krn sy merasakan akselerasi yg sedikit terhambat
Betapa terkejutnya aku & mekanik bengkel oli (bukan beres). Motor nmax sy belum ada 100km baru, oli nya mulai mengeruh 🤔. Mekanik bengkel olinya sm terheran2, “masak motor baru olinya sdh spt ini” 😂
Terus oli mesin lgs saya ganti dgn mobil super 10w40 & oli gardan sy isi shell spirax 200ml (standarnya 100ml) apa yg terjadi?
Mesin lgs mengalami peningkatan & lebih halus suaranya 😄👍
Mentang mentang oli jualannya mudah hitam terus disebut kalau oli sudah hitam nggak usah ganti oli dulu?
Penulis sendiri nggak pernah bisa membedakan kondisi ketika dimana ada bagian coklat dan pinggirannya bening. Kalau nemu justru malah jadi curiga, itu oli kok nggak nyampur??? malah menganggap olinya kurang bagus karena daya pelarutnya kurang. Kalau daya pelarut bagus kan malah jadi rata? Bukannya jadi misah sendiri sendiri
Kayaknya mmg jawaban2 spt itu disengaja, mestinya dg alasan2 trtentu yg tdk lepas dr unsur bisnis
SukaDisukai oleh 1 orang
iya.
SukaSuka
Alasan klasik biar Yamalube laku terus wkwkwk
SukaSuka
iya
SukaSuka
Kalau hitam ya wajar wong oli di goreng dalam mesin + membersihkan kerak mesin tapi kalau dibawah 500km udah hitam ya berarti olinya jelek biasanya oli yang bagus dibawah 1000km masih bening kehitam-hitaman.
SukaSuka
Iya. Tapi ini hitamnya pun pakai kategori.
SukaSuka
Mesran super + migor 20%..
Kira2 cocok gak buat old blade..apa masih terlalu kental
SukaSuka
Yang perlu diperhatikan apakah migornya tidak terlalu banyak untuk motor bebek. Coba yang B40 / SAE 40 bila merasa terlalu kental. Karena tergantung pemakaian juga.
SukaSuka
Maksud saya 0.8 liter itu 20% nya migor…,kalau 20% kebanyakan, bagusnya berapa % ?
Soalnya udah terlanjur beli olinya😀
SukaSuka
Kalau begitu silahkan dicoba saja dulu. Soalnya kalau di motor bebek kan ada juga yang bilang pakai 100%.
SukaSuka
Vendor yamalube itu eneos apa idemitsu mas ?
SukaSuka
eneos sepertinya. Nippon oil.
SukaSuka
mangkanya lebih aman pake oli mobil dah, Terbukti kualitas nya, Saya pake PrimaXP buat motor alhamdulilah suara nya ngga kasar
SukaSuka
iya, memang sepertinya sengaja oli mobil dibuat lebih baik (alias oli motor dibuat lebih jelek)
SukaSuka