Banyak yang bilang bahwa motor Honda PCX 160 itu lebih lincah daripada PCX 150. Lalu apa yang bikin beda?
Awalnya penulis pikir karena asnya. Posisi as roda di suspensi depan PCX 150 modelnya begini:
Sementara yang punya PCX 160 seperti ini:
Kelihatan nggak jauh beda. Velg beda menurut penulis efeknya kecil.
Terus penulis coba lihat bagian T nya. Yang punya PCX 150 seperti ini:
Yang punya PCX 160 seperti ini.
Terlihat bahwa yang punya PCX 160 lebih mundur daripada yang di PCX 150. Jadi sepertinya ini yang bikin banyak orang memuji PCX 160 lebih lincah. Dan sepertinya juga memungkinkan untuk menerapkan ini di PCX 150.
Cuma siapa yang bakal berani coba ya?
Ban belakang pcx 160 pakai diameter 13 inch sedangkan depan pakai 14 inch
Apakah memiliki andil membuat dusut rake yg lebih besar?
SukaSuka
Diameter ban beda sedikit sih. dengan sedikit lebih mendongak justru rake angle lebih besar (lebih stabil)
100/80-R14 = 523
130/70-R13 = 513
100/80-R14 = 516
110/70-R14 = 511
SukaSuka
Sudut kemiringan shock pcx 160 terlihat lebih miring(lbh bsr casternya) sehingga lebih ringan di gerakkannya, lebih miring tekanannya lebih kecil, imho 🙂
SukaSuka
Yang ini agak ragu, karena pernah membandingkan kok terksan sama ya?
SukaSuka
tetep gesit & kenceng n max
SukaSuka
ha ha, iya
SukaSuka
Menurutku yg membuat lbh lincah adalah frame nya. 1. Posisi tulangan depan jauh lbh mendatar dr yg lama membuat lbh stabil, 2. Entah mengapa saya merasa center gravity yg terkesan rendah dan agak sedikit ke belakang (pengaruh tulangan depan yg mendatar dan join tulangan depan dan belakang yg berada disekitar paha, yg 150 join berada di depan betis)
SukaSuka
Terima kasih infonya. Kalau center of gravity lebih rendah mungkin karena posisi engine mounting berubah?
SukaSuka
Harusnya dengan engine mounting diatas crankcase mestinya kesannya justru tinggi bang. Mungkin posisi join yg setinggi poros ayun dan sambungan (frame yg menghubungkan poros kemudi dan frame belakang) yg mendatar dan besarnya sama dengan frame under nya jadi sebabnya. Atau mungkin juga kesannya engine nya menggantung ya bang.
SukaSuka
Maksud saya dengan engine mounting di atas, gerakan lebih serong ke atas. Sementara dengan engsel di depan, gerakan murni naik turun.
Bisa jadi perubahan frame depan terpengaruh perubahan posisi engine mounting juga.
SukaSuka
yg jelas semua motor klo modifan bisa kenceng.
SukaSuka
ngakunya sih standar?
SukaSuka