Bagian ini kah yang bikin motor PCX 160 lebih gesit dari PCX 150? Bisa diterapkan di PCX 150?


Banyak yang bilang bahwa motor Honda PCX 160 itu lebih lincah daripada PCX 150. Lalu apa yang bikin beda?

Awalnya penulis pikir karena asnya. Posisi as roda di suspensi depan PCX 150 modelnya begini:

Sementara yang punya PCX 160 seperti ini:

Kelihatan nggak jauh beda. Velg beda menurut penulis efeknya kecil.

Terus penulis coba lihat bagian T nya. Yang punya PCX 150 seperti ini:

Yang punya PCX 160 seperti ini.

Terlihat bahwa yang punya PCX 160 lebih mundur daripada yang di PCX 150. Jadi sepertinya ini yang bikin banyak orang memuji PCX 160 lebih lincah. Dan sepertinya juga memungkinkan untuk menerapkan ini di PCX 150.

Cuma siapa yang bakal berani coba ya?

12 respons untuk ‘Bagian ini kah yang bikin motor PCX 160 lebih gesit dari PCX 150? Bisa diterapkan di PCX 150?

  1. Ban belakang pcx 160 pakai diameter 13 inch sedangkan depan pakai 14 inch

    Apakah memiliki andil membuat dusut rake yg lebih besar?

    Suka

    • Diameter ban beda sedikit sih. dengan sedikit lebih mendongak justru rake angle lebih besar (lebih stabil)
      100/80-R14 = 523
      130/70-R13 = 513

      100/80-R14 = 516
      110/70-R14 = 511

      Suka

  2. Sudut kemiringan shock pcx 160 terlihat lebih miring(lbh bsr casternya) sehingga lebih ringan di gerakkannya, lebih miring tekanannya lebih kecil, imho 🙂

    Suka

  3. Menurutku yg membuat lbh lincah adalah frame nya. 1. Posisi tulangan depan jauh lbh mendatar dr yg lama membuat lbh stabil, 2. Entah mengapa saya merasa center gravity yg terkesan rendah dan agak sedikit ke belakang (pengaruh tulangan depan yg mendatar dan join tulangan depan dan belakang yg berada disekitar paha, yg 150 join berada di depan betis)

    Suka

      • Harusnya dengan engine mounting diatas crankcase mestinya kesannya justru tinggi bang. Mungkin posisi join yg setinggi poros ayun dan sambungan (frame yg menghubungkan poros kemudi dan frame belakang) yg mendatar dan besarnya sama dengan frame under nya jadi sebabnya. Atau mungkin juga kesannya engine nya menggantung ya bang.

        Suka

        • Maksud saya dengan engine mounting di atas, gerakan lebih serong ke atas. Sementara dengan engsel di depan, gerakan murni naik turun.

          Bisa jadi perubahan frame depan terpengaruh perubahan posisi engine mounting juga.

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.