Honda buat paten kopling by wire, ngapain ya?


Sepertinya yang namanya intervensi terhadap rider juga sudah makin banyak terjadi di motor juga. Kali ini Honda memperkenalkan sistem kopling yang by wire. Seperti halnya throttle, kopling nanti nggak pakai kawat lagi:
Honda Developing Clutch by Wire for Motorcycles

Kelihatan nggak ada kabel, tapi dalamnya sepertinya bukan mekanisme bluetooth, tapi mekanisme seperti potensimeter tapi pakai metode hidrolik:

Nanti tekan kopling itu nggak berarti kopling bakal diaktifkan, tapi nunggu kalau yang lain beres dulu:

Entah apakah dengan begini maka operasi kopling itu bakal cuma on atau off saja, atau masih tetap mempertahankan setengah kopling atau tidak.

Mungkin yang ada dipikiran pertama adalah mungkin Honda pingin bikin kopling jadi super ringan banget. Tapi penerapan sistem hidrolik dan bukan potensio mengesankan bahwa kopling by wirenya masih akan ada rasanya.

Tapi asli nggak paham mengapa sampai butuh kopling seperti ini. Apalagi sekarang ini kan jaman quickshifter? Nggak usah pakai kopling pun ok. Ngapain kopling saja masih dimodernkan?

Kalau biar kalau berhenti otomatis ngopling, kan tinggal meniru caranya motor bebek?

4 respons untuk ‘Honda buat paten kopling by wire, ngapain ya?

  1. Serius nanya, itu memang MotoGP pakai model begini juga? Tapi Motogp cuma kepakai buat start seh ya, jadi ga perlu by wire.
    Saya belum pernah pakai motor sport Honda yang 250cc ke atas, jadi tidak tahu kopling mereka untuk di atas 250cc sedikit berat atau gimana.
    Di Ninja 250 koplingnya masih ringan, di R25 malah lebih ringan lagi karena saya bisa operasikan kopling pakai 1 jari tapi ga nyaman. Kalau ditambah kopling by wire ini, nanti si CBR6000 bakal naik berapa ya harganya?

    Suka

    • Terima kasih sharingnya. Rasanya di MotoGP enggak mengingat ECU nggak boleh custom sendiri.

      Wah, nggak kebayang berapa naik harganya. Winglet saja bisa bikin harga sangat melejit.

      Suka

  2. Saya kutip dr artikel ini:

    “Entah apakah dengan begini maka operasi kopling itu bakal cuma on atau off saja, atau masih tetap mempertahankan setengah kopling atau tidak.”

    Menurut saya setengah kopling pun bisa saja, kan pakai motor dgn fitur throttle by wire pun, selongsong gas bisa kita putar setengahnya saja dr jarak main nya 😁

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.