Efek samping jeleknya ECU MotoGP, traction control Ducati V4R kalah dari Kawasaki ZX-10R


Menurut penulis, ECU MotoGP itu jelek dan nggak layak pakai. Harusnya diganti. Dan rupanya ini bikin efek samping dimana pabrikan yang unggul di MotoGP dalam bidang ECU ternyata jauh ketinggalan di motor produksinya:
BrenTuning Flash Development (Tech Talk)

Testimoni dari Scott Redding berikut jadi buktinya:
Dua detail kelemahan Panigale V4R menurut Redding

Redding menjelaskan Dulu Konsep Umumnya dimana Panigale V4R menurunya Tidak memiliki Grip Roda belakang yang terbaik. Menurut redding tanpa Grip belakang Motor, Ducati Panigale V4R mengalami kesulitan dalam Pengereman, masuk tikungan, keluar tikungan dan berakselerasi.

atau langsungnya:
Redding mengisyaratkan kelemahan konsep Ducati versus Kawasaki

“Terutama grip belakang tampaknya memainkan peran besar dengan motor kami,” jelas Redding. “Jika kami tidak memiliki grip belakang, kami tampaknya banyak kesulitan dengan pengereman, masuk, keluar, di mana-mana.

“Saya pikir dengan pabrikan lain, [kurangnya grip belakang] mungkin hanya menghalangi [mereka] saat keluar. Mereka masih bisa menghentikan motor dan membuat garis [melalui tikungan].

“Hal besar adalah kami tidak bisa menghentikan motor untuk membuat garis, dan kemudian kami mengacaukan jalan keluar. Dari satu masalah kami memiliki jejak tiga masalah lagi dan itulah mengapa kami memiliki masalah.

Menurut penulis kurangnya grip terjadi karena traction control dan engine brake control dari ECU motor Ducati lemah. Kalah bagus dari punya Yamaha dan Kawasaki (maaf Honda tidak bisa dibilang kompetitif melawan Ducati). Traction control mempengaruhi akselerasi. Engine brake control mempengaruhi pengereman.

Dua duanya merupakan penyakit yang sampai sekarang masih dialami oleh tim tim ternama di MotoGP. Ducati jadi yang paling unggul di MotoGP. Tapi terbukti bahwa level Ducati masih kurang tinggi. Ini jadi bukti lagi bahwa teknologi di MotoGP itu kalah dari teknologi motor jalanan. Sesuatu yang ironis.

Uniknya disebut Kawasaki nggak ganti resep karena sudah nemu yang pas:

Sementara Kawasaki punya paket yang berfungsi dan itu sebabnya mereka tidak berubah. Itu sebabnya mereka tetap sangat Konsisten

Padahal tahun ini kan motornya sudah ganti:

Itu yang terjadi bila ECU bisa mapan. Dan pemaksaan ECU Magneti Marelli menghambat kemajuan teknologi ECU motor jalanan.

4 respons untuk ‘Efek samping jeleknya ECU MotoGP, traction control Ducati V4R kalah dari Kawasaki ZX-10R

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.