Argumentasi motor bisa lurus terus karena gaya gyro itu salah, nggak pernah coba sendiri sih


Ini agak beda dari sebelumnya ya:
Kayaknya ini alasan mengapa orang barat itu sering ngeyel semua motor wajib counter steering, efek gyro, mengabaikan offset

Tapi ini juga pas lagi debat dengan orang barat juga. Jadi di luar sana itu dipercaya bahwa setang bisa lurus lagi itu karena adanya gaya gyro dari roda. Salah satu penjelasan oleh profesor sana:
How a two-wheeled bike keeps balance on its own II – Engineering for all in 2021

Penjelasan mereka rumit dan kacau balau, yang rasanya poinnya adalah gara gara gaya gyro dari roda, maka setang itu bisa kembali lurus lagi walau sudah dipaksa dibelokkan. Mereka menyebutkan bahwa SEMUA kendaraan roda dua itu bakal begitu.

Salah satu contoh kasusnya adalah ketika setang motor Honda di lepas, motor tetap lurus. Setang di sentakkan, setang akan goyang goyang dan balik lurus lagi, detik ke 48:

Penulis tentu tidak setuju karena pengalaman penulis tidak begitu. Dan penulis amati, mereka yang melakukan argumentasi tersebut tidak menghiraukan efek dari geometri, yaitu rake angle dan fork offset:

Dan ini bisa dilihat dari penjelasan profesor spanyolnya, kendaraan digambarkan sederhana banget tanpa offset dst.

Padahal dalam kenyataan tidak begitu. Offset dan rake angle sangat mempengaruhi handling sepeda ataupun motor. Saking jengkelnya dengan keras kepalanya mereka, penulis sampai bikin video khusus yang menunjukkan bahwa bukan gaya gyro yang bikin ban selalu balik lurus lagi.

Penulis juga minta mereka untuk coba sendiri naik sepeda dengan setang yang dibalik. Jadi setang dihadapkan ke belakang lalu dikendarai. Penulis lalu tanya ke mereka apa dengan seperti itu, masih bisa pakai teknik counter steering?

Tapi, sampai sekarang nggak ada yang reply balik….

Sekedar tahu, kalau di balapan katanya mengatur offset itu sangat penting. Sehingga sampai butuh adjustable triple clamp:

Tapi sik, tunggu dulu, lha yang kasus motor Honda Gold Wing di atas bagaimana?

Entah. Ada yang bilang begini:
Does the new Gold Wing have a big problem?

Saya bertanya kepada McAllister bagaimana perasaannya terhadap Gold Wing yang baru. “Stok suspensi pada Gold Wing baru mengikuti filosofi yang konsisten seperti yang telah diterapkan pada motor selama beberapa dekade. Ini sangat undersprung dan underdamped untuk tujuan penggunaan sepeda motor.”

Walau ada juga yang mengatakan setang bisa lepas total (steering spindle problem). Ditunjukkan ada kasus setang nggak berfungsi di menit ke 7:30″
https://www.yosutube.com/watch?v=TRzde_Ery5o

Tapi bisa juga itu karena daya gyro di mesin yang sangat besar sehingga membuat motor tetap selalu tegak. Katanya sih beberapa motor gede itu bakal tetap bisa berdiri tegak walau nggak disandar tengah. Kayak begini:
https://www.yosutube.com/watch?v=zbNe2FRS6zo

Jadi ingat keluhan Zarco untuk motor MotoGP Honda versi sekarang.

Rasanya tidak bisa meniru itu di motor motor yang mesinnya kecil. Seperti contohnya Honda PCX.

6 respons untuk ‘Argumentasi motor bisa lurus terus karena gaya gyro itu salah, nggak pernah coba sendiri sih

  1. Saya rasakan rake angle pengaruh signifikan ke handling, dan itu bisa diatur dari preload shock belakang atau tambah peninggi. Pakai motor bebek (supra 125, yss top-up) ada 5 setelan preload.

    Preload paling empuk, ambles terlalu banyak & sering mentok. buntut motor lebih rendah = rake angle bertambah. motor stabil di jalan lurus tapi understeer di tikungan.

    Preload maksimal, anti mentok & sag optimal. motor lebih nungging = rake angle berkurang. handling luar biasa lincah. walau boncengan buat nikung effortless serasa riding sendirian (bisa lupa kalau sedang bawa penumpang).

    Suka

    • Terima kasih infonya. Wah sampai bisa begitu ya? Konstruksi setangnya sendiri bagaimana, bagian T nya lebih maju dan as roda di forknya lebih maju?

      Understeer yang dimaksud yang bagaimana? Rantai nggak terlalu kencang saat shock memendek?

      Suka

    • Konstruksi stang, bagian T lebih maju, as roda di fork posisinya lebih maju. Understeer itu rasanya motor susah belok, ban depan kurang feedback. Grip ban depan berkurang. Rantai sudah disetel lebih kendor dari setelan bengkel agar lebih awet.

      Suka

      • terima kasih infonya. Bisa dibayangkan. Berat tentunya jadi fokus belakang juga saat suspensi memendek.

        Sip bila rantai sudah disetel lebih kendor dari setelan bengkel 👍

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.