Energica perkenalkan “mesin” listrik baru lebih bertenaga dan lebih ringan


Teknologi motor listrik bisa dibilang sulit untuk dikembangkan, karena sumber berat utama adalah dari baterai. Peningkatan dari “mesin” yang bertugas mengubah daya listrik menjadi tenaga gerak juga lambat. Namun kali ini Energica memperkenalkan “mesin” baru yang lebih baik dari yang lama:
Energica Debuts Lighter, More Powerful Liquid-Cooled Electric Motor

Mesin yang baru ini menggunakan cairan sebagai pendinginan. Mestinya sih secara tidak langsung. Karena tentunya sulit untuk mendinginkan bagian bagian yang bergerak (kumparan tembaganya). Pendinginan pakai cairan mestinya dilakukan tidak langsung. Untuk pendinginan langsung masih tetap udara dengan bantuan sirip yang mestinya nggak beda dengan pendingin CVT atau pendingin mesin non radiator. Walau katanya untuk ini pakai metode inovatif dan dipatenkan.

Selain itu Energica juga melakukan pengembangan geometri stator (bagian diam) dan rotor (bagian berputar). Tenaga meningkat dari sebelumnya 147 hp menjadi 169 hp. Tenaga yang sangat besar untuk sebuah motor listrik. Lebih ringan 11 kg juga.

Bagian elektronik dan sensor juga diperbaiki sehingga bisa meningkatkan reliabilitas dan jarak jangkau bisa meningkat antara 5 sampai 10%.

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.