Mesin ngesludge? Bisa jadi karena menuruti rekomendasi oli mesin dari yang menyarankan pakai engine flush!


Penulis cukup kaget juga dengan alasan yang diberikan oleh mereka mereka yang menyarankan menggunakan engine flush. Awal nemu ini sih karena ada yang komen menyuruh penulis belajar dari dua channel berikut:

Tapi setelah penulis beneran cek, yang pertama ngomong begini:
Hati Hati Pakai Sembarang Engine Flush! |Oto Produk

Pada mobil-mobil keluaran sekarang yang umumnya mesinnya memiliki rasio kompresi tinggi, sangat rentan mengalami oil sludge.

Yang kedua ngomong begini (di awal video):

“Dan perlu temen temen ingat, ketika mengganti oli mesin tanpa melakukan pembilasan, hal ini akan menyebabkan kerusakan deterjen dan sifat pelindung dari oli baru”

Di video yang kedua itu juga menunjukkan perbedaan keluaran oli sebelum dan sesudah dicampuri engine flush. Kalau menurut penulis sih sama saja. Tapi orangnya ngomong beda???

Sebelum:

Sesudah:

Btw, oli itu sudah tidak layak karena dari suara mesin saja sudah hancur hancuran.

Asli habis baca deskripsi itu dan penjelasan itu, respek penulis ke kedua channel itu jadi nol. Karena yang awal saja ngomong bahwa mesin modern itu kompresinya tinggi jadi mudah ngesludge. Jelas nggak masuk akal.

Kalau suatu mesin modern itu ternyata memang beneran mengalami sludge maka kemungkinannya:
– pabrik olinya memalsu spesifikasi
– yang buat buku manual nggak becus

Yang pertama memungkinkan, karena buktinya saja sekarang banyak yang memalsu API. Yang kedua juga memungkinkan, karena lihat saja kasus di motor motor matik lokal merek Jepang sekarang.

Harusnya yang bener itu adalah kalau olinya bener, buat mesinnya bener dan rekomendasinya bener, maka yang namanya penumpukan sludge tidak bakal terjadi. Mesin bisa sampai ngesludge itu tanda salah satunya nggak bener!

Dan perhatikan juga rekomendasi oli mesin yang beredar. Karena kayaknya, sekarang ini banyak yang merekomendasi oli yang dipaketkan dengan engine flush juga. Jadi kalau sampai ternyata bener mesin jadi ngesludge karena mengikuti rekomendasi orang tersebut, maka langkah yang harus diambil adalah ya jangan pakai rekomendasi oli orangnya!

Bisa jadi anda itu diarahkan ke produk oli tertentu, dengan kekentalan tertentu, dengan standar API tertentu, yang tujuannya adalah memakmurkan pasar engine flush!

Untuk kepercayaan bahwa bila tidak engine flush maka akan merusak deterjen dan daya perlindungan oli baru, itu jelas ngomong tanpa fakta. Penulis termasuk rider yang sangat sering ganti oli (motor kena FD) atau ganti merek oli (di motor sebelumnya). Nggak ada yang begituan. Kalau oli barunya jelek ya jelek. Kalau olinya bagus ya langsung bagus. Walau sisa oli lama masih nyampah oli baru, yang dominan tetap oli baru.

Lagipula aneh kalau deterjen sampai rusak. Yang namanya deterjen itu kan fungsinya untuk membersihkan sludge. Kalau sampai gagal berfungsi karena ada sludge ya jangan pakai oli merek itu lagi!

Jadi untuk amannya, jangan deh mengikuti rekomendasi oli dari mereka mereka yang menganjurkan pakai engine flush.

5 respons untuk ‘Mesin ngesludge? Bisa jadi karena menuruti rekomendasi oli mesin dari yang menyarankan pakai engine flush!

  1. Sy jdi ingat mobil Mitsubishi sy (tanpa sebut merek). Sebelumnya pkai oli total quartz 10w40, tarikan mesin lebih enak. Pas di service pkai oli bawaan mitsu 10w40, tarikan jdi lebih berat 🙃. Stlah itu ganti oli dgn mobil super 10w40 tarikan jdi lebih enak lagi 😁

    Ternyata, Mitsubishi menyedikan engine flush utk mobil mrk 😂

    Sy skrg ini menghindari oli yg ada produk engine flush nya. Krn mobil sy br 3 thn sdh >85k km tidak pernah pkai engine flush samsek. Mesin smp saat ini masih bagus & msh bisa diajak kebut2an 😄. Dgn catatan bukan oli bawaan beres ya 😂

    Suka

    • Sip, terima kasih banyak sharingnya. wah tenyata memang begtu ya. Saya tahunya sharing pengguna ayla yang coba oli orisinil mitsubishi. Mengeluh suara mesin kasar juga. Jadi ingat sharingan yang membandingkan AHM MPX dengan oli lain.

      Mantap sampai 85 k masih enak mesinnya. Iya, pemakai engine flush kadang beralasan pakai engine flush mesinnya ok. Tapi mereka cuek bahwa yang nggak pakai engine flush pun mesinnya ok.

      Suka

      • Krn pembersihan ruang mesin merupakan kerja dr oli mesin. Klau olinya bagus pun, gak butuh yg namanya engine flush

        Sy jga gak pernah dengar/lihat balapan motogp, f1, nascar, dsb pkai engine flush pda mesinnya

        Buktinya shell, exxonmobil, petronas, total, dsb gak ada produk engineflushnya 😂

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.