Bensin dan oli mesin dicampur oplosan lilin, margarin dan minyak goreng? Jadi poles bodi juga


Memang bro Arieftc Gorib termasuk yang berani eksplorasi. Si bro ini yang ppsting dalaman mesin bersih ketika pakai campuran oli dengan minyak goreng. Si bro ini juga yang pernah sharing hasil kurang baik pakai campuran ATF ke oli mesin. Kali ini bro Arieftc Gorib sharing yang heboh juga yaitu menggunakan campuran lilin, margarin dan minyak goreng untuk banyak hal:

Arieftc Gorib: Salam mas Aji, bagaimana menurut mas Aji, jika campur lilin (parafin) + margarin + migor?
Saya sdg coba di Oli samping ninja, coba di campur lsg bensin dan lewat tabung Oli samping. Sdh jalan 3 bulan ini.. So far baik2 saja. Knalpot bersih, krn sisa pembakaran oil tdk lengket. Selain itu bisa jg buat pelumasan rantai, moles bodi – velg – blok – sasis. Bisa pula buat waxing pintu rumah dan kusen, pager besi rumah..
Skrg sdg saya coba sbg aditif Oli vario 125, revo at, dan Honda BRV. Juga saya coba utk campuran bensinnya. Sdh jalan 2bln ini. So far baik dan smooth. Masih saya pantau terus kondisi nya. Terimakasih

Sebagai poles bodi, velk dan blok sasis hasilnya sebagai berikut:

Contoh untuk rantai, sepertinya mengurangi resiko kotoran menempel:

Selama ini belum ketemu hujan saat dipakai, jd blm tahu apakah kotor atw tidak. Tetapi dari kemampuan parafin itu sendiri, spt nya tdk membuat kotoran banyak menempel, ya yg jelas memang perlu pelumasan ulang saat sdh terlihat kering dan akan lebih tahan jika tdk dicuci dgn air sabun.

Contoh dipakai di pintu:

Dalaman knalpot memang terlihat bersih:

Dan efeknya ke mesin sebagai berikut:

terus terang saya blm bongkar head block semua kendaraan, cuma cek busi yg ninja saja. Yg saya perhatikan dan rasakan, mesin lebih smooth dan halus dlm kondisi idle. Di BRV setelah dipanaskan 5 menit. Pasang AC idle nya di 800 RPM. Klo pas blower hidup naik 100 RPM. Semua kendaraan dlm keadaan tercampur baik BBM maupun Oli nya. Vario 125 FI, Revo AT, GL Pro, kondisi idle juga lebih smooth baik suara maupun vibrasi mesin.

Campuran nya saya buat dari Blue band kira2 2 sendok makan saya lelehkan dgn lilin diameter sebesar ibu jari sepanjang 1 ruas jari yg saya hancurkan sebelum nya dgn tang, plus Oli samping eneos 50ml, setelah meleleh tercampur rata. Saya campur ke satu botol Oli samping eneos. Dan saya top up jd 1L dgn migor.

Campuran tsb yg saya masukkan ke BBM atw Oli mesin. Utk BBM kira2 per liter nya 5ml selain motor ninja. Atw max 15ml utk satu tangki BBM full. Klo di BRV saya campur 50ml yg saya campurkan dulu dgn bensin jd 100ml utk full tank.
Sdg utk campuran Oli motor. . Saya masukkan sebanyak tempat soda kue kupu2. Klo di BRV kira2 150-200ml (turun satu strip lebih sedikit pd botol Oli).

menurut saya, campuran yg pas itu yg kental spt madu saat dingin, dan tdk membeku.

Plastik bodi yg agak kusam, bisa sedikit fresh dgn polesan campuran tadi:

Ini kondisi busi ninja setelah dipanaskan 15 menit, umur busi sdh setahun lebih. Kondisi baru di copot dan blm dibersihkan:

pengamatan saya. Mesin menjadi lebih smooth. Utk di ninja asap tipis, setelan pompa Oli normal. Dan di BBM jg saya campurkan spt yg sdh saya sampaikan. Perbandingan berdasarkan pengamatan saja mas. Memang mungkin kurang akurat. Tetapi saya sdh mencampur migor sejak di kymco dulu, kemudian saya coba tambahkan margarin, baik ke Oli mesin dan BBM, kemudian skrg saya coba mencampur dgn parafin. Hal ini berawal dari saya membaca perbedaan liquid parafin dgn parafin oil, ditambah dgn pengamatan saya dari klub sepeda yg melumasi rantai nya dgn parafin.

Motor vario dan ninja pakai PXP utk Oli mesin nya, Honda BRV pakai Shell cuma saya tdk tahu dari type apa krn waktu itu bukan saya mengganti, yg jelas Shell, GL PRO dan Revo AT pakai federal, yg juga saya tdk tahu type apa. Yg jelas klo ditanya ganti Oli apa, jawab nya federal.. 😃

Bensin pakai pertalite semua

Penulis sendiri pakainya satu satu. Untuk oli mesin pakai campran minyak goreng saja. Untuk bensin pakai margarin saja. Menarik karena pakai lilin bisa membuat mesin lebih bagus, walau disebut bro Arieftc Gorib tidak bagus kalau campuran lilin kebanyakan:

Cuma utk campuran di BBM, khusus utk ninja.. Klo lilin nya kebanyakan dia akan nglitik..

Entah apakah nglitik itu karena kerak makin banyak atau karena mempengaruhi timing pembakaran atau karena mempengaruhi oktan.

Menarik. Penulis sendiri beberapa kali eksperimen pakai minyak goreng untuk melumasi bagian plastik tapi tidak bisa permanen hasilnya. Mungkin kandungan lilin atau margarinnya penting.

Produk jadi biasanya hanya untuk plastik hitam saja, cairannya warna hitam dan dan saat memoles diwajibkan pakai sarung tangan. Rasanya kurang cocok untuk yang plastik bodinya nggak hitam. Katanya jaminan permanen beberapa bulan:

Entah apa bisa membuat rata yang pudarnya belang parah khas Honda seperti ini (contoh mereka pudarnya merata semua):

Untuk percobaan restorasi bodi, penulis sekarang juga sedang order boiled linseed oil. Kalau di youtube katanya bisa bikin plastik hitam lagi walau cairannya nggak hitam:
Memperbaiki selang atau seal karet yang sudah tua / getas / mati, lebih manjur pakai obat gosok?

Kalau untuk oli mesin mungkin lilinnya bakal bikin oli lebih kental. Kalau untuk bensin kelihatannya bisa membantu melumasi juga. Penampilan basah pada knalpot bisa saja juga terjadi pada ruang bakar.

Penulis sendiri sekarang butuh mengurangi kerak akibat pemakaian oli mobil yang aditifnya komplit (amsoil signature 5W50). Pakai margarin terbukti ampuh tapi sekarang sudah order aditif bensin merek Power Racing produknya bro Gibran, yang tipe turbo. Sekalian mengecek perubahan performa. Akan dibandingkan dengan margarin dan aditif NASA rpm / Bio 1 Racing. Rencana mau coba juga produk aditif bensinnya Arli Kurnia. Aditif eco racing sih sudah terbukti gagal besar.

Kalau sip, maka walau pakai oli yang mengotori ruang bakar, harapannya bisa buat nmax mencapai kurang dari 16 detik di 0-100 kpj. Bensin akan tetap pakai pertamax (walau direkomendasikan downgrade ke pertalite).

12 respons untuk ‘Bensin dan oli mesin dicampur oplosan lilin, margarin dan minyak goreng? Jadi poles bodi juga

  1. Mau tanya kalo oli yang ada moly-nya tidak boleh ke nmax, apa boleh pake oli diesel ? Kira kira berapa maksimal nilai angka tbn-nya buat oli diesel jika untuk ke nmax ?

    Suka

    • Sekarang ini rasanya baik yang PCMO ataupun HDEO sama sama mengandalkan moly. Untuk TBN rasanya sulit dijadikan patokan karena bisa jadi magnesium / calciumnya yang banyak. Dan rasanya keduanya tidak terlalu mengganggu pembakaran. Contohnya Mesran B40 tbn 10 terasa lebih bersih dari Fastron techno 10W40 TBN 8.

      Suka

  2. Saya pakai oli bekas untuk menghitamkan plastik doff. Efektif menjadi vario 125 saya hampir 3th tetap hitam seperti baru. (Pemakaian saya oles merata, didiamkan krg lebih 1/2 hari terus dicuci pakai shampoo motor/mobil. Biar ndak lengket.) Bisa menjaga tetap hitam cantik krg lebih 3x-4x cuci pakai shampoo loh,tanpa noda2 putih dan pudar. Juga terabas hujan.

    Suka

      • Saya rasa sama efeknya. Fungsi olinya cuman mengembalikan kelembutan/elastisitas plastik. Krn plastik kan bahan dasarnya juga dari olahan minyak bumi. Krn terjaga kelembutan/elastisitas maka efek pudar dan memutih berkurang serta umur plastik lebih lama.

        Suka

  3. Assalamualaikum pak, semoga sehat selalu sekeluarga, mau tanya bagaimana dengan cara perawatan body motor yang catnya doff bukan warna hitam? Terima kasih

    Suka

    • Wa ‘alaikumus salam. terima kasih, semoga sehat sekeluarga. Memang repot juga kalau cat doff. Karena kalau digosok pasti jadi mengkilat. Kalau saya sih biasanya tidak pernah pakai sabun dalam mencuci motor. Kalau pakai sabun pun (sangat sangat jarang), bakal pakai yang pH Netral.

      Motor yang Nex II itu doff warnanya. Selama ini tidak pernah pakai sabun. Dan setelah dicuci bakal tetap bersih. Justru plastiknya yang pudar duluan yang untungnya bisa digelapkan (warna masih tetap aslinya) dengan boiled linseed oil.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.