Akhirnya 4 oli pesanan sudah datang, apa dulu yang dicobakan ke NMAX?


Penulis asli jengkel dengan oli Amsoil Signature 5W50. Padahal sudah sengaja pilih yang kental, tapi kelakuan seperti oli encer. Suara mesin kasar, baru jadi halus kalau habis digeber. Jadinya halusnya cuma kalau dipakai kencang, kalau dipakai boncengan sama istri suara kasar mesin bikin risih. Dari keawetan rasanya nggak beda dari Fastron Techno 15W50. Sekarang di 850 km sudah mulai nggak bisa ditolerir. Kalah halus di 400 km dibanding Repsol 20W50 yang 15%nya minyak goreng.

Padahal oli tersebut termasuk recommended di grup oli.

Oleh karena itu penulis pun malas coba oli mahal lagi. Penulis pilih oli murah, mengikuti rekomendasi pembaca / pemirsa. Pilih yang 20W50 JASO MA. Yang pertama datang adalah Deltalube Adventure:

Beli seharga 71.810 rupiah. Walau ada gambar mogenya, tidak ada tulisan JASO di bungkus. Cuma ada mention API SJ:

Yang kedua datang adalah oli Bardahl:

Beli seharga 50 ribu rupiah. JASO MA2, API SJ:

Yang menarik API SJnya beneran ada bundaran APInya:

Lihat di website API, malah sudah SL, dapat stok lama mungkin:

Datang berikutnya adalah oli total:

Harga 30 ribu rupiah (800 ml). JASO MA2, API SJ:

Terakhir adalah oli valvoline (dulu cobanya bukan ini):

Beli seharga 49.500 rupiah. JASO MA2, API SG. Beli di valvoline.id dikasih stiker 🙂

Mungkin mau coba deltalube dulu, valvoline terakhir.

Kalau dihitung hitung, 4 oli JASO MA ini total masih lebih murah dari Amsoil Signature 5W-50 yang harganya diupdate jadi 220 ribu setelah penulis beli (baikan juga diupdate setelah kebeli dan nggak dicancel lalu disuruh beli harga baru).

Satu lagi alasan nggak beli oli mahal. Yah, bisa jadi pengalaman bahwa mahal dan sangat recommended pun nggak selalu beneran bagus.

21 respons untuk ‘Akhirnya 4 oli pesanan sudah datang, apa dulu yang dicobakan ke NMAX?

  1. Saya penasaran sama totalnya om, 2x pakai total quartz 7000 lumayan enak di new nmax, walaupun tetap susut di 2000an km

    Suka

  2. Coba oli agip 4 tak gan, pingin tau performanya untuk nmax sudah Saya coba di bebek enteng kayak gak ada hambatan.

    Suka

  3. Ditunggu review-nya….
    Saya pernah coba Total Hi-Perf 4t Scooter 20w40 dgn Super Strong Film Technology.dan
    Valvoline Champ 4T Scooter 10w40. Sayangnya, saya kurang ‘peka’ soal pengaruh oli-oli tsb (dan oli-oli lainnya yg pernah saya coba juga) terhadap mesin kuda besi saya….

    Suka

      • Wah separah itu ya. Saya punya mio m3 dirumah pake sae 50 juga, tapi karena vampir parah. Dulu waktu masih pakai yamalube, waktu di kuras di 2000 km pasti sisa 400-450 ml dari tuang awal 800 ml. Pakai oli bagus pun masih sama begitu. Terus coba fastron ungu agak mendingan, kuras di 2000 km sisa 600 ml. Sekarang pakai fastron ungu + minyak goreng sekitar 10-20 persen alhamdulillah dalam 2000 km masih sisa banyak, sekitar 700 ml lebih. Soal fd alhamdulillah motor saya terhitung aman, pemakaian 3000 km oli masih cukup bagus.

        Suka

  4. Saya jg kecewa dengan amsoil amr
    Mesin kasar gak ada bedanya sama oli murah dan gak longdrain jg
    Bertolak belakang sama review di grup2 oli yg banyak mengagungkan amsoil
    Jd sama jg males mau nyobain oli mahal lg
    Skrng lg nyobain voyager bronze dan setelah baca2 artikel disini mngkin nnti akan saya tambahkan migor😄

    Suka

      • Yg pasti mesin terasa lebih halus om dibandingkan dengan amsoil
        Gak berharap longdrain sih, cuma pengen coba aja apakah oli ini stabil atau engga
        Jgn kaya si oli merah yg sudah terasa sekali penurunan performa ny setelah 500 km di motor saya
        Ditunggu review barhdal nya om

        Suka

        • Wah parah juga 500 km sudah turun performanya. Rasanya memang kasarnya suara mesin di rpm rendah amsoil itu lebih parah dari kebanyakan oli.

          Sip, iya, nanti saya coba juga. Untuk bardahl mungkin nunggu setelah deltalube.

          Suka

          • Mksud saya yg setelah 500 km itu oli deltalube om (si oli merah) 😅

            Untuk amsoil yg pertama saya drain di 2500 km krna masih penasaran saya beli lg dan yg kedua saya drain di 1500 km udh gak tahan berisik ny

            Suka

            • wah maaf, salah paham, sudah lupa warna oli amsoil 😳 … Tapi sepertinya deltalube yang saya pakai juga begitu ya? sudah mulai kasar lagi padahal sudah ditambah minyak goreng.

              Mungkin yang 1500 kedua itu terpengaruh 2500 pertama terlalu lama gantinya. Jadi oli sudah rusak sekali di 2500, sehingga berikutnya sudah lebih kasar lagi.

              Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.