Banyak pembeli PCX 160 yang berpikir pasti lebih nyaman dari NMAX new, padahal…


Disini kita abaikan soal rembes atau bodi mengap. Kita bicara soal kenyamanan saja. Penulis sebelumnya sudah menyangka bahwa suspensi dari Honda PCX 160 itu nggak bisa dibilang empuk, tapi nggak nyangka sampai ada yang komentar berikut ini:

Padahal selama ini yang ada di pikiran konsumen itu biasanya adalah PCX 160 pasti lebih nyaman dari NMAX new. Karena memang sudah dikenal bahwa NMAX old itu lebih terasa keras daripada PCX 150. Wajar sih, dulu pas suspensi masih orisinil juga penulis pernah bandingkan side by side NMAX old dengan PCX 150 yang sama sama baru cuma beda sebulan. Per PCX 150 jelas lebih empuk:

Tapi empuk itu nggak berarti nyaman. Baik Honda ataupun Yamaha itu menganut desain engine mounting yang bakal membuat sentakan suspensi jadi berlipat ganda. Mau NMAX new atau PCX 160, penggunanya sama sama mengeluh kena sakit pinggang. Memang nggak semua, karena nggak semua orang “punya kesempatan” untuk selalu lewat jalan yang kurang mulus di kecepatan cukup tinggi. Ada yang jalan rusaknya harus dilewati sangat pelan, ada yang nggak pernah menemukan jalan rusak sama sekali.

Engine mounting dari Yamaha dan Honda itu spesial karena menggunakan stopper yang membuatnya sangat cocok sekali untuk negara Jepang, yang super mulus dan super datar hingga bahkan sampai pedalaman. Tapi sayangnya Indonesia nggak kayak Jepang. Banyak jalan yang tidak berkelas. Dan ini yang jadi sumber keluhan dari para rider.

Pabrikannya sendiri sepertinya nggak paham keluhan rider. Maklum, begitu masalah ini sampai di Jepang yang di sananya nggak kebayang kondisi real jalan di Indonesia. Mereka nggak ngerti apa yang sebenarnya dialami oleh rider Indonesia. Maklum, desainer Jepang sana seumur hidup nggak pernah naik motor desainnya sendiri di sini.

Dari blogger atau vlogger yang lain pun jarang yang merasakan hal ini. Karena dari videonya mereka saja bisa kita lihat bahwa jalur yang mereka lewati itu anteng banget, beda jauh misalnya bila dibanding videonya penulis yang kamera sering banget kegoncang goncang.

Lalu mengapa bisa terjadi PCX 160 lebih hancur kestabilannya dibanding PCX 150?

Menurut penulis ini terjadi karena Honda menerapkan trik yang dilakukan Yamaha di NMAX 2018, yaitu dengan mengurangi hambatan shock breaker. Seperti kita tahu, bahwa shock breaker itu gunanya adalah untuk meredam ayunan, untuk menghambat pergerakan suspensi, ngerem. Makin keras shockbreakernya, makin besar sentakan ke ridernya. Masalah ini jadi keluhan besar user NMAX 2015 dan juga jadi keluhan user PCX 150.

Menghilangkan stopper sepertinya dianggap tabu oleh Honda atau Yamaha karena memang jadi nggak nyaman karena kualitas suspensi yang buruk. Oleh karena itu, jalan satu satunya adalah dengan mengurangi hambatan shockbreaker, membuatnya jadi jauh lebih underdamped lagi, jadi sangat kurang hambatannya.

Yang terjadi adalah sentakan jadi berkurang. Namun di kondisi jalan yang tambalannya berkepanjangan atau jalan beton lama, ini menimbulkan ketidak stabilan. Ini yang jadi sumber masalah yang penulis alami di suspensi ori NMAX old dan yang dikeluhkan bro i Mahran di PCX 160.

Penulis sendiri memilih cara berbeda, yaitu:
1. mengganjal stopper = sentakan suspensi 100% hilang
2. ganti suspensi layak = 80% lebih murah, pelan empuk, kencang stabil.

Yang ganti suspensi saja memang bilang jadi lebih baik, tapi menurut penulis itu lebih untuk menghibur diri karena sentakan masih saja terjadi. Yang kanibal suspensi motor lain pun sama. Dan penyakit nggak stabil saat kencang di jalan tidak berkelas tetap saja terjadi karena memang yang dikanibal pun punya penyakit suspensi yang sama.

Intinya sih salah bila berasumsi PCX 160 lebih nyaman daripada NMAX new. Kalau dari sisi suspensi, keduanya sama sama buruknya, sama sama nggak nyaman. Belum lagi soal setang getar, mesin bunyi kasar, dst. Di grup NMAX new tidak ada keluhan tersebut. Masalahnya beda sih, misal ban gundul sebelah, ABS rusak, smart key dol dst.

6 respons untuk ‘Banyak pembeli PCX 160 yang berpikir pasti lebih nyaman dari NMAX new, padahal…

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.