Mengalami kasus beli suspensi baru untuk Beat, mahal tapi jelek dan umurnya puendek banget 😡


Memang kalau sudah FBH, susah banget diberi pengertian. Nggak usah jauh jauh dah, istri penulis itu FBH tulen. Penulis bolak balik bilang beli suspensi online saja, lebih murah, lebih nyaman. Eh selalu bilang nanti nanti terus.

Tapi kemudian istri servis motor Honda Beat ESPnya. Ngomongnya cuma mau ganti aki saja. Tapi ternyata hasil akhirnya adalah habis total lebih dari 1 juta karena ganti banyak, termasuk juga ganti suspensi:

Itu orinya Honda model terbaru. Dari bengkelnya sih katanya bilang bahwa itu suspensi terbaik. Model baru ketutup semua. Katanya paling sip dan paling ok.

Itu kena harga 240 ribu. Dengar harga ini jadi emosi juga, karena DBS tabung yang di motor Suzuki Nex II harganya 250 ribu. Dan suspensi DBS yang penulis rencana mau beli untuk si Beat adalah yang 150 ribuan. Ada yang mirip YSS Evo ada yang mirip yang penulis pakai sekarang. Setahun di NMAX masih berfungsi baik.

Tapi mau bagaimana lagi sudah kadung. Dan kemudian penulis pun coba genjot. Dan kesan pertama adalah pernya lebih keras. Lebih keras dari setelan Nex II yang termasuk keras. Jelas lebih keras dari bawaan Beatnya sendiri. Dan memang ditanya ke istri juga mengakui lebih keras juga. Parah nomor 1.

Lalu penulis pun coba ayunkan. Dan cesss, masih bunyi suspensinya. Ok. Itu berarti suspensi masih kerja normal. Hambatan suspensi masih ok. Penulis bisa bernapas lega karena ternyata masih ada oknya juga suspensi merek ori ini.

Tapi pendapat jadi berubah 180 derajat setelah beberapa hari kemudian istri bawa motor keluar dengan penulis mengikuti di belakangnya. Itu motor terlihat sekali nggak steady. Ayunan suspensi belakang naik turun terlihat sekali. Sudah terlihat soak!

Tapi penulis berpikir mungkin itu karena pengaruh per yang keras. Ya wis, penulis ignore dulu. Sampai akhirnya penulis berkesempatan untuk coba naik sendiri motornya sambil boncengan, mestinya belum 100 km setelah ganti suspensi. Dan ternyata, itu suspensi sudah beneran kayak suspensi yang soak atau rusak shockbreakernya. Habis lewat polisi tidur jadi mentul mentul mentul.

Mentul itu baik? Ya enggak lah. Itu adalah pertanda hambatan shockbreaker tidak bekerja dengan baik. Kalau dipakai kencang suspensi seperti itu akan membahayakan keselamatan. Dipakai lewat jalan nggak enak bakal kayak ngerem juga. Parah nomor 2.

Terus terang kecewa banget dengan suspensi merek ori AHM itu. Kelihatan bagus (menurut FBH) karena banyak plastiknya, tapi dalamnya tidak berkualitas. Padahal harga dijual lebih mahal dari suspensi yang kemampuannya jauh lebih baik.

Ya itulah nasib FBH.

Penulis biarin saja dah. Istri juga sudah ikhlas (dan tetap yakin Honda adalah yang terbaik). Toh jalan nggak pernah kencang. Ya semoga saja begitu, karena biaya lebih dari 1 juta itu ternyata masih belum sempat membenahi rem depan yang dari dulu nggak pakem……

Pakai rem belakang saat suspensi belakang rusak itu membahayakan.

16 respons untuk ‘Mengalami kasus beli suspensi baru untuk Beat, mahal tapi jelek dan umurnya puendek banget 😡

  1. Rem depan coba ganti kampas rem nya,
    Kalo sy sekalian ganti suling lebih panjang (travel 10cm dari aslinya 8cm) plus per aspira untuk grand (type linear, bukan progresif – dipotong menyesuaikan)

    Lebih empuk dan amblas, jadi ketika ngerem motor lebih nungging (lebih banyak bobot pindah ke depan) tapi ga mentok (poldur 5cm kecepatan 60 belum mentok, karena travel panjang)

    Suka

    • sip, terima kasih tipnya. Iya kepikiran ganti kampasnya. Juga sekalian ganti minyak rem. Untuk bikin lebih amblas rasanya ragu, karena yang sekarang sampai amblas juga nggak nggigit.

      Suka

  2. Malam prof, mau tanya apakah sok spin 125 bsa dipakai di beat esp? Kira2 lebih nyaman mana dibanding dbs/yss dtg?tks

    Suka

      • Trimaksih info nya prof, ini beat saya sdah brdecit soknya, masih bngung mau pilih sok spin/skydrive/atrmrket, kayaknya mantab smua produk lawas suzuki hehe…

        Suka

        • Prof mau tanya katanya kalau lewat poldur mentul mentul berati soak, lha ini motor Saya lewat poldur tapi gak mentul mentul tapi oli udah bocor itu berati masih layak dipakai kah ?
          Soalnya ada yang mengatakan kalau masih keras berati masih bagus.

          Suka

          • Iya, kadang walau bocor masih bisa berfungsi normal. Untuk shock breaker bukan keras sih ukurannya, tapi mentulnya. Kalau masih cuma sekali berarti masih ok.

            Suka

  3. ganti kampas nya aja pakai elig kl yg belakang cukup dibikin alur pakai grinda 1 aja alurnya atas bawah jd 2 alur ( grinda atau pakai gergaji besi ) dijamin lmyn lah pakemnya nambah 1 level , atau upgrade cakramnya pakai yg floating hy ganti breketnya 😋tp elig dah cukup

    Suka

  4. Begitulah AHH* . Biar klaim garansi pun, mekaniknya berusaha malak konsumen. Coba main2 di fanspagenya di fb pasti banyak yang menghujat. Dan yang paling jengkel itu kalo mau ganti part pasti jarang infokan dulu ke owner, tau tau aja tagihan membengkak padahal awalnya cuma niat servis ringan + ganti oli 🤬🤬🤬

    Suka

  5. hampir senasib sm ane tp istri ane cegah biar ga jd “FBH”,,biarlah ane yg ngurusin motornya aja,
    pengalaman ane utk beat fi yg dipake istri malah yg sering bermasalah di shock depan,.
    belum 2 tahun ane harus ganti as shock sampe 2x,ori-kanan+kiri,,sering bocor,.trus akhirnya beli beat baru,niatnya ganti motor beat baru biar lepas dari masalah,malah kena masalah laen,.
    Beat baru mmang shock depannya trasa empuk enak,.tp tarikannya yg ga enak smpe ane hrs modif

    Suka

  6. Menurut gue Honda itu terbaik. Tp itu dulu sebelum gue masuk2 grup motor. Gara2 grup motor gue ngambil nex2,dan jadi tau betapa enak Alus dan berkualitas nya merk Suzuki itu.wkwkwk. telat bgt gue kenal suzuki

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.