Blok dan piston kit NMAX casting iron tapi kok nggak kelihatan besinya? Mengapa yang bore up mahal?


Sebagai pemilik motor yang motornya kena penyakit fuel dilution, penulis sampai sekarang masih bercita cita untuk melakukan modifikasi piston dan silinder. Sekalian satu paket daripada sudah dibongkar eh ternyata merembet.

Dari belajar belajar, kalau mau yang sip anti fuel dilution, maka pistonnya harus yang casting (lawannya adalah forging), silindernya harus yang pakai boring, casting iron istilahnya (tipe lain aluminium dan ceramic).

Pilihannya antara tetap standar atau bore up. Untuk paket bore up, yang penulis tahu paling murah adalah merek XTR. Merek XTR ini dibungkusnya ditulis casting iron. Ini yang tipe 63mm:

Tapi, kalau kita lihat foto aslinya, kok nggak terkesan casting ya?

Apanya yang iron casting ya? Dari piston rasanya nggak ada yang piston dari iron? btw itu harganya 650 ribu ke atas komplit.

Sebagai perbandingan, silinder produk Moto 1 sebagai berikut, harganya 1 juta ke atas komplit:

Punya BRT sebagai berikut, harga silindernya saja, 465 ribu untuk tipe casting iron 62mm. Depan kelihatan polos karena pakai teknologi seamless:

Namun beda lagi dengan produk XTR yang 62MM, kelihatan beneran ada besinya sepertinya. Pakai teknologi seamless juga kayaknya:
https://www.tokopedia.com/speedfreaks/blok-bore-up-62-mm-nmax-aerox-r15-vva-v3-vixion-r-lexi-xsr-wr-155-xtr?whid=0

Apa yang 63 mm palsu ya?

btw harga termasuk tinggi juga ya? Karena kalau untuk yang spek standar, harga mulai dari 260 ribu komplit dengan boring besi:

Walau beberapa memang merupakan modifan yang kadang kualitasnya tidak bagus:

Iklan

8 respons untuk ‘Blok dan piston kit NMAX casting iron tapi kok nggak kelihatan besinya? Mengapa yang bore up mahal?

  1. Apakah diasil nmax gak bisa dicolter ? Kata tetangga yang silinder nmaxnya baret dikolter tetep gak ambrol sampai sekarang. Atau memangbditakut takuti pabrikan & mbah google yah.

    Suka

    • kalau dikolter bisa, tapi nantinya bakal langsung ketemu aluminium yang lapisannya bakal lebih rapuh daripada diasil. Umumnya itu diboring, diberi lapisan besi.

      Suka

  2. Kirain typo, malah dilanjutin wkwk
    Kolter, yg sy tahu korter, mungkin dari kata korting juga, serapan dari bahasa belanda
    Mungkin ini mirip shock jadi skok, knalpot jadi sendalpot

    Suka

    • Kalau butuh boreup di bawah 1 juta pilihannya antara BRT cast iron dan XTR 62MM. Namun saya lebih pilih xtr karena pistonnya casting.

      Kalau standar, kepikiran belum KNZ.

      Suka

  3. sebelom dipasang, lakukan treatment dulu biar piston dan boring awet, direbus dalam oli mendidih hingga olinya nyala kebakar api, lalu didiemin sampek dingin sendiri. udah ada tips gituan di yutup

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.