#BritishGP, balapan aneh, Aprilia akhirnya podium, kejatuhan seorang Marc


Balapan MotoGP di sirkuit Silverstone Inggris bisa dibilang lain dari biasanya. Karena dalam balapan ini, rider yang biasa di belakang justru bisa berada di jajaran depan. Terutama dari rider Hondanya. Walau kemudian akhirnya nggak ada pembalap Honda yang podium.

Yang podium justru Yamaha Quartararo, Suzuki Rins dan Aprilia Espargaro.

Akhirnya Aleix Espargaro bisa podium juga, yang bisa dibilang hasil kemampuan dari motor dan pengendaranya, karena kemenangan tidak diraih hanya dengan luck saja. Dibalapan ini motor Aprilia terlihat hebat karena Baca lebih lanjut

Lho, fuel dilution NMAXnya sudah sembuh! 300 km oli nggak hijau!


Penulis kaget dan senang ketika menguji warna oli Valvoline Champ di 300 km, hasilnya seperti ini:

Ada merah merahnya itu mungkin karena ada sisa dari oli deltalube, tapi yang bikin senang, tidak ada warna hijaunya!

Untuk perbandingan, berikut saat drain oli campuran Xado Revitalizant di bulau Mei: Baca lebih lanjut

Pakai minyak goreng di oli mesin tidak membuat mesin kotor, malah bersih


Kembali ada bukti bahwa menggunakan minyak goreng di oli mesin bisa membantu dalaman mesin tetap bersih. Kali ini dari dua orang, yaitu dari bro Avika Dias Saputra di mesin GSX-150 Bandit yang sudah berumur 32 ribu km, oli mesin Total, minyak goreng Sunco dan Bimoli:

Berikutnya bro Iwan Probo, oli mesin Meditran SX dan minyak goreng tropical:

Berikut dalaman mobil penulis diintip dari tempat isi oli. Ayla 3 silinder 2014 akhir. Oli bawaan dipakai sampai 12 ribu km, lalu ganti oli Fatron Techno 15W50 sampai sekarang mendekati 20 ribu km. Minyak goreng Tropical, sekitar 5-10%: Baca lebih lanjut

Waduh, ada aditif bensin yang dibuat dari castor oil! PRF dan Cleanoz pun sama bahayanya? Mirip Eco Racing?


Penulis kaget juga ketika ada yang menawarkan aditif yang terbuat dari sari buah jarak:

Unik juga karena penulis sebelumnya sengaja bahas berikut ini:
Castor oil, kandidat aditif bensin yang baik karena bisa membentuk gum?

Minyak jarak itu terkenal di grup oli sebagai bahan oli yang bisa bikin masalah pada mesin (esternya): Baca lebih lanjut

Sudah waktunya Yamaha tidak pakai desain dari GK Design lagi? Blunder desain Vixion, NMAX, Aerox dan MX King


Selama ini yang lebih kita ketahui adalah motor Yamaha NMAX New itu didesain oleh Kazumasa Sasanami. Yang mungkin kurang perhatikan adalah ia tidak kerja di Yamaha, tapi ia kerja di GK Design:

Lho, kok desainer untuk motor Yamaha nggak kerja di Yamaha?

Sebenarnya aneh juga bahwa NMAX itu tidak didesain dari internal Yamaha, karena kata artikel tahun 2014 ini, Yamaha sudah punya tim desain internal sejak 2011:
Top Toyota designer heads to Yamaha, Dezi Nagaya calls the move a ‘transfer from Toyota’

Namun hingga tiga tahun lalu, Yamaha belum benar-benar memiliki tim desain internal. Sebagian besar desainnya di-outsource ke GK Design Group di Tokyo. Di bawah arahan CEO Yamaha Hiroyuki Yanagi, Yamaha Motor memperkuat upaya desainnya sendiri, dengan pemikir kuat seperti Nagaya yang sekarang menjalankan bengkel.

“GK Design telah bekerja untuk Yamaha dengan kontrak untuk waktu yang sangat lama,” tulis Nagaya dalam wawancara email. “Yamaha menganggap pentingnya desain sebagai inti dari keberadaan perusahaan, oleh karena itu mereka memutuskan untuk membuat in-house brain and development center.”

GK Desain itu disebut sudah bekerja sama dengan Yamaha, bahkan termasuk motor generasi awalnya, YA-1:

Penulis tidak tahu, apakah desainer NMAX old, Kenji Ootonbe itu orang GK Design juga atau tidak, sepertinya desainernya T-MAX. Tapi motor berikut yang pernah dipamerkan di Indonesia tahun 2010 ternyata adalah karya GK Design:

Juga model model berikut:

Yang lain juga ada R1, SR400, YZ450F, Super Tenere, dst…

Namun entah mengapa ya, sepertinya GK Design ini gagal untuk mengerti seleranya orang Indonesia mulai dari Vixion Advance. Model model yang baru dari Aerox, NMAX atau Mio sepertinya sudah menjauh dari yang ideal. Mungkin mereka pakai alasan pasar global. Tapi penulis sendiri nggak yakin yang di luar sana bakal lebih suka desain baru juga.

Yang jelas aliran baru sekarang sudah beda dari misalnya design Nouvo baru:

Apa ini alasan Yamaha Indonesia tidak melakukan pembaharuan model untuk MX King? (yang menurut penulis ada jeleknya juga)

Karena jelas penjualan Aerox turun drastis dan masyarakat masih suka beli NMAX lama:
NMAX justru jadi motor sangat terlaris Yamaha, Aerox kalah jauh! Old lebih laris dari yang new?

Harusnya Yamaha itu bikin survey ke konsumen, apa yang dianggap jelek di desain motor.

NMAX justru jadi motor sangat terlaris Yamaha, Aerox kalah jauh! Old lebih laris dari yang new?


Saat penulis iseng iseng masuk dealer Yamaha lihat lihat, penulis sempat lihat data penjualan yang uniknya, dipamerkan di tempat yang sangat mudah dilihat oleh pembeli. Entah apa maksudnya, tapi dari data tersebut, penulis jadi tahu data persis penjualan di tempat tersebut.

gambar hanya ilustrasi, foto by Ariyanti

Maaf, penulis nggak memperlihatkan angka. Tapi masih akan tetap representatif bila menggunakan persen.

Sangat mengagetkan penulis ketika Baca lebih lanjut

Ahkirnya muncul tampang jelas Yamaha R15M, berubah selera lagi, dilengkapi “slider” ringkih


Akhirnya muncul sudah tampilan jelas dari Yamaha R15M. Entah mengapa motor ini muncul di India duluan. Bisa jadi Yamaha ragu juga untuk rilis motor dengan tampilan berikut ini di Indonesia mengingat yang model sekarang pun masih laris (penulis bakal membuat artikelnya tersendiri).
BUSTED: Yamaha R15M Leaked for the First Time

Pas banget cara fotonya, bagian terjelek yang disoroti lampu. Karena kalau normalnya, bagian sekeliling lampu bakal terlihat gelap di foto. Biasanya cuma kalau sudah lihat sendiri baru bisa tahu jeleknya bagian itu.

Di tampilan tersebut jelas bahwa arah pandangan orang fokusnya jadi beda dari versi sebelumnya. Bila sebelumnya orang ditampilkan di tampilan sipit yang trendy (yang menurut penulis juga lumayan bagus), maka di tampilan baru, orang diarahkan untuk melihat tampilan Baca lebih lanjut