#AustrianGP, Brad Binder menang gambling, detil kengeriannya, peningkatan pada Honda


Balapan ini termasuk menarik karena kita tidak melihat manuver kotor dan kompetisi terlihat merata selain dari tim KTM. Di balapan kali ini motor Honda sudah lebih kompetitif, terbukti dari Marc Marquez yang sempat memimpin di depan:

Mungkin ada yang menyebut bahwa kemampuan Marc meningkat:
Motogp Austria 2 : Brad Binder juara pakai ban slick ditengah hujan, Marc bangkit sekaligus dlosor..seruu !!!

Tapi penulis lebih cenderung mengatributkan bisa majunya Marc ini karena kemampuan motor Honda meningkat:
Honda RC213V sukses tantang Ducati di Austria, ” Belum cukup..” ujar Marc Marquez !

Apalagi sebelumnya Marc bilang bahwa Honda telah melakukan beberapa perubahan pada motor:
Marquez mengungkapkan HRC telah meningkatkan pengujian 2022 di Austria

Juara delapan kali itu tetap malu-malu tentang apa yang sebenarnya baru dengan RC213V-nya, tetapi mengakui penyesuaian dilakukan untuk lengan kanannya

Dan memang terlihat pada balapan ini bahwa motor Honda sudah tidak kalah akselerasi dengan motor Yamaha. Marc masih terlihat ketinggalan di corner exit, tapi di corner entry menjadi jauh lebih baik. Bila di balapan sebelumnya pengereman Marc bisa dibilang buruk, atau bahkan bisa dibilang kalah dari sisi pengereman, maka di balapan kali ini Marc terlihat bisa dengan mudah mengejar pembalap depannya dengan adu pengereman.

Cuplikan berikut bisa sedikit memberikan gambaran:

Sebelumnya Marc tidak bisa melakukan itu.

Tapi ironinya, Marc kali ini juga menunjukkan bahwa ia sudah kehilangan cirinya. Marc sering disebut sebagai raja flag to flag namun kali ini ia gagal. Sebenarnya sih Marc masih punya peluang menang. Ketika ia selesai mengganti motor, ia masih berada di depan dari Francesco Bagnaia:

Namun sayangnya ia crash:

Dalam kondisi seperti itu, biasanya marc bisa menyelamatkan diri. Namun ternyata tidak.
Sesuai prediksi penuls, Marc sudah kehilangan banyak kemampuan menyelamatkan diri. Apalagi itu tikungan ke kanan. Dan ini diakuinya sendiri:
Marc Marquez akui makin sulit hindari crash, waduh !

Marc juga kehilangan banyak waktu karena mesin motor mati saat terjatuh:

Padahal Francesco Bagnaia bisa finish kedua. Bila Marc tidak jatuh, bukan tidak mungkin Marc masih bisa juara.

Yang jadi juara justru adalah Brad Binder, yang nekat tidak ganti motor pada saat lintasan mulai kehujanan. Ia finish hanya dengan mengandalkan ban slick:

Aksinya ini banyak mendapat pujian, terutama karena berkat gambling ini ia bisa menang. Brad Bindernya sendiri bilang bahwa memang sangat mengerikan. Ia bilang grip mulai menghilang ketika suhu ban depan dan belakang mulai dingin, ia merasa seperti berkendara di atas es. Saat rem jadi dingin, remnya juga jadi tidak pakem juga (rem karbon baru pakem kalau panas). Ada beberapa moment dimana ia tidak yakin bisa tetap terus namun ia bersyukur karena bisa menang di home sirkuitnya KTM.

Perlu dipuji karena ia bisa bertahan karena perbedaan antara yang menggunakanban hujan dan ban slick di saat lintasan basah terlihat jelas ketika Bagnaia dengan mudah menyalip pembalap yang masih pakai ban slick:

Sebaliknya, di balapan ini yang salah gambling dilakukan pembalap utama Honda satunya, pol espargaro. Di saat belum hujan ia terus di barisan belakang. Tapi finishnya juga masih di belakang:

Sepertinya ini terjadi karena ia gambling tapi rupanya tidak berani meneruskan sehingga memutuskan untuk ganti ban di lap ke 27!

Padahal yang lain ganti di lap 25. Jack Miller dan Alex Rins bahkan pada lap 23. Mungkin kalau di teruskan pakai ban slick ia masih bisa dalam posisi yang lumayan, minim depannya Marc.

2 respons untuk ‘#AustrianGP, Brad Binder menang gambling, detil kengeriannya, peningkatan pada Honda

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.