Vinales pisah dari Yamaha, Yamaha nggak mampu menyederhanakan motor atau Vinales terlalu silly?


Jadi yang rame sekarang adalah soal pisahnya Vinales dan Yamaha sebelum waktunya:

Cukup berat juga karena ini pabrikan yang memecat pembalap di tengah musim balapan padahal pembalapnya termasuk kompetitif. Tentu ada cerita yang tidak diungkap dari perpisahan ini. Dan penulis duga ini ada hubungannya dengan “kebiasaan” Maverick Vinales melakukan silly mistakes, yang akibatnya sering fatal.

silly mistakes seperti misalnya nggak bisa mengatur launch control, mematikan pit setting, ndeproker, dst. Dan kemarahan pitam dari Vinales yang terakhir bisa jadi salah satu dari silly mistake juga. Penjelasan Vinales sih ia marah karena dashboard menunjukkan indikasi pit lane:
Styrian MotoGP, Austria: Stall, dashboard spam, bike gremlins taunt Vinales

“I had a few problems on the bike. I don’t know why, but nearly all the laps I had ‘pit lane’ [showing on the dash],” he said.

Perhatikan bahwa kata “I don’t know why” merupakan kata yang sering muncul ketika Vinales mengalami masalah masalah yang silly. Bahkan untuk kasus motor lambat pun, ia juga sering menyebut “I don’t know why”.

Tapi kalau sudah tidak ada masalah silly, Vinales itu bisa kencang.

Penulis curiga bahwa yang terjadi di balapan terakhir Vinales bisa jadi adalah karena silly mistake juga. Dan sayangnya, Vinales tidak mau disalahkan karena tidak paham cara mematikannya, ia melampiaskannya ke motor. Dan ini tentu bikin Yamaha marah besar. Situ yang salah kok dilampiaskan ke motor.

Tapi jadi pertanyaan juga mengapa Yamaha tidak melakukan tindakan pencegahan. Karena Vinales di Yamaha itu sudah cukup lama. Harusnya Yamaha sudah paham karakteristiknya. Atau karena yang Yamaha lakukan sudah maksimal karena terkendala regulasi?

Ini tentu jadi PR bagi Aprilia untuk bikin motor yang sesimple mungkin, yang butuhnya cuma langsung gas dan dipakai. Nggak perlu ribet ribet pencet sana dan sini.

Dari penjelasannya, ribet banget:
What are the buttons on a MotoGP bike for?

Engine braking programme:
Traction control (TC) programme
Anti-wheelie programme
Gas adjustment programme

What are the MotoGP Bike Handlebar Buttons?

So, what exactly can they control during the race via these buttons?
Engine Brake Mapping
Traction Control Mapping
Anti-Wheelie or Launch Control Mapping
Fuel Adjustments
The Pit Limiter Button

Fuel Adjustment dan pit limiter itu mungkin perlu dihilangkan dari motornya Vinales.

11 respons untuk ‘Vinales pisah dari Yamaha, Yamaha nggak mampu menyederhanakan motor atau Vinales terlalu silly?

  1. Ga harus level development, tahu trouble/setting kendaraan sendiri tuh harusnya wajib di pembalap, hasil latihan/pendidikan dia bertahun2
    Ini gimana kalo profesinya pilot, begitu ada problem di udara dan harus bisa solve segera blabla, bisa2 nyungsep pesawat gara2 pilotnya bingung mo ngapain wkkk

    Suka

  2. Mr. I don’t know padahal dulu kepala mekaniknya jaman Ramon Forcada bilang si MV25 (jaman itu) bisa kasih masukan detail. Aneh kalau sekarang bilang ga tahu, dan aneh kalau sering pole tapi sering gagal malah saat pole itu.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.