Rekomendasi tekanan angin ban NMAX itu tidak masuk akal?


Seperti penulis jelaskan sebelumnya:
Review alat pengukur tekanan ban 9 ribuan, langsung rusak di awal pakai, trik biar awet

Penulis sempat mengisi ban terlalu keras, diisi 45 untuk bagian depan. Yang belakang disebut pas. Kalau dari rekomendasi yang ditempel di bagasi motor, NMAX old itu perlu pakai tekanan angin 22 PSI untuk ban depan, 36 PSI untuk ban belakang, nggak perduli itu untuk boncengan atau sendirian:

Yang menarik, angka ini beda dari yang direkomendasikan mekanik bengkel atau dari yang umum dipakai. Mekanik bengkel malah rekomendasinya adalah 28 PSI, kayaknya untuk depan dan belakang.

Sementara itu yang lain ada yang menyarankan berikut ini:
Jangan Asal Pompa, Ini Tekanan Ban yang Ideal untuk Motor Anda

“Motor matic dan bebek itu idealnya, depan 28-30 psi dan belakang 33-34 psi. Kalau berboncengan biasanya ban depannya tetap, tapi belakang ditambah jadi 35-36 psi”, beber Andi Suwandi, Kepala Toko Planet Ban Depok, saat ditemui GridOto.com (11/10). Sedang untuk jenis motor sport, umumnya tekanan ban depan 30 psi dan ban belakang 34 psi.

Terus rasanya bagaimana?

Setelah motor diservis (tekanan angin ban dibuat 28) justru terasa nggak enak. Ban belakang terasa terlalu empuk. Nggak stabil untuk kondisi jalan yang termasuk nggak ideal. Banyak tambalan jalan (yang biasa penulis terjang seenaknya), jalan beton yang bikin rider lain nggak berani kencang, jalan beton yang memaksa mobil jalan kurang dari 30 km/jam, dst. Dipakai kencang tentu juga lebih mengerikan. Belok jadi ada yang nggandoli.

Akselerasi pun jadi berkurang. Ini penulis verifikasi dengan 0-100.

AKhirnya penulis pun memutuskan untuk menambah angin. Biar bisa pas, penulis isi angin di pom bensin BP yang bisa isi ban sendiri sambil eksperimen. Depan penulis isi 32, belakang penulis isi 36.

Hasilnya bagaiana?

Ternyata motor jadi lebih nyaman, lebih stabil dan lebih kencang! Stabil dan kencang itu sudah normal karena memang tekanan angin ditambah. Kok bisa lebih nyaman?

Entah ya. Ban motor NMAX ini rasanya spesial. Kalau angin kurang, penulis justru merasa tidak nyaman. Dan tentu yang penulis maksud nyaman di sini adalah ketika dikendarai di jalan besar.

Efek dari ban tebal NMAX itu seperti stoppernya engine mounting. Kalau nggak diganjal, maka hentakan kecil kecil nggak berasa, tapi yang gede langsung nonjoknya minta ampun. Begitu diganjal, maka hentakan kecil kecil pun terasa, tapi hentakan yang gede nggak bikin KO.

Ban disetel empuk pun begitu. Hentakan kecil kecil tidak terasa, tapi hentakan besar jadi makin terasa. Nyaman kalau dipakai jalan kurang dari 25 km/jam. Nggak nyaman kalau lebih dari itu. Jadi justru untuk ban bawaan NMAX old, lebih nyaman kalau pakai tekanan angin dibesarkan.

Penulis anggap tekanan ban depan 22 itu terlalu empuk. Penulis nggak berani mengendarai dengan tekanan ban seperti itu. Penulis pernah mengalami ban depan kurang angin, dan rasanya termasuk ngeri juga. Ketika lewat permukaan jalan yang kiri dan kanan beda ketinggian, terasa bban ada goyangnya. Kurang cocok untuk penulis.

Entah mengapa Yamaha memberi rekomendasi kerasnya ban depan seperti itu. Rasanya membahayakan untuk motor yang top speednya bisa lebih dari 110 kpj.

btw,
Kalau dari website IRC, tekanan angin maksimal ban depan SS570F adalah 32 PSI, maksimal untuk ban belakang SS560R adalah 40 PSI

12 respons untuk ‘Rekomendasi tekanan angin ban NMAX itu tidak masuk akal?

  1. Pakai motor, Ban Depan saya sekitar 25 psi belakang sekitar 31-33psi, kalau mobil itu depan sekitar 28psi belakang 30-33psi. Tapi, tergantung jenis dan kualitas ban juga. Beberapa ban yang bagus khususnya untuk ban mobil tipe comfort dikasih tekanan lebih tinggi masih empuk tapi Ban berharga murah di kasih tekanan angin yang sama terasa lebih keras.

    Suka

    • terima kasih sharingnya. Untuk mobil pakai 36 36 di ban eco dan rasanya masih lebih nyaman dari yang bodinya tinggi. Menang di luar kota walau mesin cuma 1000 cc 🙂 .

      Iya, beberapa ban (ban ori NMAX termasuk) itu memang keras walau anginnya kurang sekalipun. Kenyamanan cuma berubah sedikit, tapi nggak stabilnya kerasa.

      Suka

  2. Pake pompa xiaomi aja, battery operated..bisa di cas. Default pilihan untuk bola, sepeda, motor, mobil. Setting manual jg ada. Jika pressure sudah tercapai pompa akan berhenti sendiri. Harga 400 rb an lebih dikit

    Suka

  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh,semoga selalu diberi kesehatan oleh Alloh SWT.

    Mau tanya pak, di masing2 ban dari pabrikan pembuatnya sudah tertera tekanan anginnya. Sedang dari pabrikan motor juga memberikan rekomendasi ukuran tekanan angin untuk ban.

    Contoh untuk Lexi ukuran 90/90 ban IRC tertera bahwa tekanan anginnya sebesar 33 psi. Tetapi rekomendasi Yamaha 29 psi. Jadi ada selisih 4 psi. Mana yang baiknya dijadikan patokan? Ukuran ban dari pabrik pembuat ban, atau dari pabrikan motor?

    Suka

    • wa ‘alaikumus salam wr wb. semoga selalu diberikan kesehatan dan keselamatan juga :).

      Dari pabrikan ban, biasanya yang diberikan adalah tekanan angin maksimal. Jadi tekanan ban selalu dianjurkan mengikuti rekomendasi dari pabrikan motor. Ada dimana rekomendasi tekanan angin itu? Yang 29 itu berarti untuk ban depan ya?

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.