NMAX justru jadi motor sangat terlaris Yamaha, Aerox kalah jauh! Old lebih laris dari yang new?


Saat penulis iseng iseng masuk dealer Yamaha lihat lihat, penulis sempat lihat data penjualan yang uniknya, dipamerkan di tempat yang sangat mudah dilihat oleh pembeli. Entah apa maksudnya, tapi dari data tersebut, penulis jadi tahu data persis penjualan di tempat tersebut.

gambar hanya ilustrasi, foto by Ariyanti

Maaf, penulis nggak memperlihatkan angka. Tapi masih akan tetap representatif bila menggunakan persen.

Sangat mengagetkan penulis ketika penjualan sangat didominasi oleh NMAX. Nilai penjualan NMAX jauuuuh melebihi penjualan motor lain. Untuk bayangan saja, di tempat itu, motor laki yang terjual hanya MT15 saja.

Penulis tidak menyangka bahwa penjualan Aerox jauh sekali di bawah NMAX. Padahal Aerox itu diarahkan sebagai motor untuk mereka yang suka geber geber, sementara NMAX itu untuk nyantai (aslinya nggak juga sih).

Perbandingan angka jual adalah 11 NMAX : 1 Aerox. Terlihat ekstrem sekali bedanya. Penjualan Aerox bahkan kalah dari Lexi yang perbandingannya adalah 8,8 NMAX : 1 Lexi. Sementara itu Freego dan XRide 2 kali lebih parah dari aerox dengan perbandingan 22 NMAX : 1 Freego / XRide. Yang lainnya lebih kecil.

Data ini mengindikasikan gagalnya Aerox yang baru. Sepertinya banyak yang beranggapan sama dengan penulis, yaitu Aerox yang baru tidak lagi menarik. Entah apa yang tidak menarik bagi mereka. Menurut penulis sih tampilannya. Tampilan Aerox yang baru itu tidak proporsional depannya. Jadi terlalu over gedenya.

Ergonomi Aerox yang kurang baik bila dibanding NMAX rasanya bukan faktor karena sebelumnya faktor ergonomi tidak jadi masalah. Sebagai catatan, sebelumnya Aerox itu pernah sama larisnya dengan NMAX
Penjualan Yamaha Aerox 155 Tembus 17.844 Unit di Bulan Maret 2017, Laris Mana Dengan Vario?

Yamaha Aerox 155 = 17.844
Yamaha Nmax 155 = 17.339

Terlihat 50:50 perbandingannya. Sangat sangat imbang. Tapi sekarang bisa beda drastis 91:9!

Data yang penulis lihat tentu bukan representasi keseluruhan, tapi penulis merasa sudah sedikit mewakili selera masyarakat di sekitar penulis. Jadi rasanya banyak yang seleranya sama dengan penulis, daripada beli Aerox, mending beli NMAX saja. Kalau kemahalan, mending Lexi. Banyak yang berpikir kalau beli motor Yamaha, prioritas pertama adalah NMAX.

Sayang data sepertinya tidak membedakan antara NMAX old dan new. Karena katanya, untuk Jatim itu NMAX old masih banyak dicari orang. Bahkan dari cuplikan berikut, NMAX old masih lebih laris dari yang new?:
Kenapa Yamaha NMax Gen 1 masih banyak dicari??

William Saputra selaku manajer promosi dari Yamaha Jatim mengatakan “Yamaha NMAX 155 generasi pertama masih sangat populer di kalangan masyarakat. Permintaan pasarnya masih sangat tinggi. Bahkan dengan keluarnya generasi terbaru, tetap tidak menggeser permintaan untuk generasi pertama dari NMAX 155,” ujarnya.

Claudia selaku Customer Service dari Yamaha Jatim menyatakan “Antusiasme masyarakat terhadap NMAX generasi pertama ini tidak pernah redup. Saya masih banyak menerima pertanyaan terkait ketersediaan dari NMAX 155. Masih tetap tenar meskipun sudah ada keluaran generasi terbaru,” ungkapnya.

Disebut tidak menggeser yang old itu kesannya model NMAX baru tidak mengurangi penjualan yang old!

Memang penulis sendiri merasa yang old lebih unggul dari yang new. Penulis lebih suka yang old dari sisi modelnya, ergonominya, reliabilitasnya. Terakhir, penulis bersyukur juga karena yang old masih bisa dirubah setingan COnya. Tanpa nambahi apapun, bisa nambah performanya.

Di sisi lain, mengapa kok bisa nambah (disebut penjualan NMAX old tetap)? Konsumen baru (untuk NMAX new) dari mana ya? Konsumen dari Aerox lama? Dari PCX 150?

19 respons untuk ‘NMAX justru jadi motor sangat terlaris Yamaha, Aerox kalah jauh! Old lebih laris dari yang new?

  1. Sepertinya konsumen yang awalnya mengincar untuk membeli PCX 160 banyak yg hijrah ketika mengetahui banyaknya problem pada PCX 160.

    Suka

      • Dulu niatnya mau beli matic buat gantiin vixion, iseng nyoba nmax punya sodara dan mau jatuh pas belok gara2 ban nya kecil, akhirnya beli aerox. Setelah beli aerox, tetep saja pake vixion. Feeling ridingnya enakan manual ketimbang matic

        Suka

        • Memang motor laki itu jauh stabil dan imbang daripada motro matik. Distribusi berat lebih dibelakang bikin belok harus pakai cara beda, mengerem juga harus beda. Belum lagi rasa manual yang khas 🙂

          Suka

  2. Scorpio dan byson juga versi lamanya jauh lebih unggul dari yg new.

    Scorpio lama desain & performa lbh ok dr yg new
    Byson first gen salah satu naked bike dgn desain paling bagus sampai skrg, jauh lbh bgs dr yg new

    Knp ya, jadi kebiasaan yamaha bikin new version produknya malah kemunduran dari sblmnya

    Disukai oleh 1 orang

  3. Menurut sy aerox yg baru terlihat kegedeean muka/kepala pak, terkesan kyk barongsai he..he.. coba klo di buat mirip2 Honda Airblade tp dgn mesin 155cc, mungkin lain ceritanya.

    Suka

  4. Untuk Jabodetabek Aerox baru lumayan banyak saya lihat berseliweran dijalan dibanding yang lama, tentu ini bukan ukuran. Tetapi Menurut saya pribadi, desain Aerox baru secara keseluruhan sebenarnya lebih menarik untuk selera saya, hanya ada 2 hal yang mengganjal dan itu cukup besar pengaruhnya bagi saya yaitu Jok nya tinggi dan lebar, tapi juga kurang panjang.
    Saya aja jinjit duduk di atas Aerox, malah di R25 bisa napak sempurna. Bagaimanapun orang kita itu masih suka bonceng 3-4 orang, maksudnya 2 orang dewasa dan 2 anak-anak. Jok pendek jelas kurang nyaman lah dan body yang lebih besar dari Vario jelas sudah jadi momok tersendiri untuk pengendara perempuan.
    Saya rasa, pembeli di segmen ini masih berfikir akan hal tersebut.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.