Impresi awalan Valvoline Champ 4T 20W50, nggak sebaik Prima XP?


Akhirnya penulis sudah mencoba cukup lama oli mesin Valvoline Champ.

Puas tidak?

Termasuk yang tidak karena walau oli ini lebih baik daripada Deltalube Adventure yang penulis pakai sebelumnya, oli ini masih kalah bila dibanding mesran super. Dibanding Prima XP pun kalah.

Valvoline lebih unggul dari deltalube dari sisi ketahanan kekentalan dari hari ke hari. Berbeda dari deltalube yang terasa jelas perubahan kasarnya suara mesin ketika baru dinyalakan, maka saat pakai valvoline awal jalan pasti lumayan halus. Penulis bilang lumayan karena nggak sehalus Prima XP.

Namun kelemahan yang membuat penulis enggan pakai oli ini lagi adalah karena setelah dipakai jalan beberapa km, suara mesin jadi kasar. Padahal itu dipakai jalan kalem kalem! Prima XP tidak seperti ini.

Jelas bahwa oli valvoline ini kurang sip dari sisi aditif viscosity index improvernya. Cepat banget rusak. Apalagi kalau dipakai kencang, suara mesin bakal makin kasar lagi. Valvoline Champ ini sepertinya minim aditif ZDDP dan moly. Namun wajar juga nggak pakai moly, karena ini oli untuk motor dengan kopling basah.

Tapi juga penulis curiga oli ini aditifnya termasuk banyak. Oleh karena itu penulis rencana isi bensin full tank dan tidak bakal pakai margarin lagi untuk melihat apa benar mesin makin lama makin terasa kotor / performa turun.

Secara keseluruhan, bila dibanding deltalube adventure oli valvoline lebih baik. Mungkin lebih baik dari Enduro Racing, tapi jelas masih di bawahnya Prima XP. Masih cukup jauh dari oli benchmark Mesran B40.

btw, kesan ini beda sekali dari Valvoline 20W50 kaleng ya.

Oli Valvoline 20W50 yang penulis coba dulu itu mantap banget. Dipakai kencang terus menerus juga ok ok saja. Ganti oli juga setara dengan fastron techno 15W50. Penulis anggap oli terbaik sampai akhirnya tidak tersedia lagi.

Penulis duga saat itu bahannya masih grup 1. Sementara yang sekarang sudah pakai grup 2 atau 3, yang makin nggak licin.

Entah apa perlu coba yang XLD juga?

6 respons untuk ‘Impresi awalan Valvoline Champ 4T 20W50, nggak sebaik Prima XP?

  1. ya gapapa klo ga recomended Pak,
    lgian disini jg susah carinya,
    trus gimana utk bro2 yg uda terlanjur beli tp blm dipake krn nunggu reviewnya pak Cahyo?
    Apakah pake bimoli bisa membantu?

    Disukai oleh 1 orang

    • Iya, penggunaan bimoli akan sangat membantu. Yang jelas untuk saat ini saya masih tidak merasa butuh menambahkan bimoli, beda dari ketika sedang pakai deltalube. Sepertinya jadi bakal coba juga Valvoline XLD.

      Suka

  2. Sekarang saya pakai Valvoline Champ 4T Extra 10w40 dan ini pengalaman pertama saya dgn oli tsb; sebelumnya saya pakai Valvoline Champ 4T Scooter 10w40 dan oli-oli lainnya. Impresi sementara yg saya dapatkan sejauh ini…motor tidak, kata orang Sunda mah, “ngagibrig” lagi; getaran yg hebat tak dirasakan lagi saat motor start, jalan, dan berhenti, dibandingkan dgn ketika pakai oli-oli lain sebelumnya….

    Suka

  3. Terimakasih reviewnya mas…
    Hingga saat ini saya belum tuang Valvo 15-40 dieselnya.
    Btw apakah jenengan sudah pernah pakai oli castrol baik magnatec maupun gtx berapapun sae nya.? Kalau sudah pernah pakai bagaimana impresinya.. Matursuwun…

    Suka

    • sama sama.

      Belum coba Castrol Magnatec ataupun GTX. Saya sebenarnya ingin coba Castrol GTX. Tapi sayang yang baru adanya yang belakangnya 40 semua. Rasanya sudah beda dari resep awal awal.

      Castrol yang saya idolakan adalah Castrol GPS. Ternyata masih ada yang jual, seharga 40 ribu untuk 0,8 liter. Tapi rasanya nggak bakal review lagi, karena terlalu langka. Sama seperti Castrol GTX 20W50.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.