Lho, fuel dilution NMAXnya sudah sembuh! 300 km oli nggak hijau!


Penulis kaget dan senang ketika menguji warna oli Valvoline Champ di 300 km, hasilnya seperti ini:

Ada merah merahnya itu mungkin karena ada sisa dari oli deltalube, tapi yang bikin senang, tidak ada warna hijaunya!

Untuk perbandingan, berikut saat drain oli campuran Xado Revitalizant di bulau Mei:

Perhatikan warna oli di tutup oli setelah 600 km pakai fastron techno 15W50:

Nanti tentu penulis bakal lihat lagi warna oli ketika sudah 600 km. Kemungkinan olinya masih tahan tanpa minyak goreng.

Apa saja memang yang berubah di motor penulis sekarang?

Yang jelas penulis lagi coba coba aditif bensin. Pakai cleanoz, PRF Turbo, minyak kayu putih, honda engine cleaner made in Jepang dan margarin Blueband.

Ada kemungkinan bahwa menggunakan aditif yang meninggalkan cairan tidak terbakar itu yang bikin bensin jadi sulit merembes di celah ring piston. Cuman masalahnya, kerak yang ditinggalkan sepertinya bakal hilang begitu mesin digeber. Tapi ada sih aditif yang keraknya lebih bandel, yaitu eco racing. Lha wong dicoba ditusuk pakai pisau saja bisa lumayan kuat!

Penulis sudah coba tadi malam, kalau cleanoz dipanggang bakal habis, sementara yang PRF Turbo masih bakal cair. Yang Honda engine cleaner juga.

Performa bisa naik ketika kompresi jadi membaik setelah keraknya bisa menutupi celah piston secara lebih menyeluruh. Cuma kelemahannya, aditif seperti itu akan mengurangi performa motor ketika sedang dipakai. Selain itu juga ada beberapa user dan pembaca yang mengeluh pakai aditif semacam itu bikin mesin jadi rewel.

Apa harus mengorbankan lancarnya mesin demi untuk bisa mengurangi fuel dilution? Atau sekalian pakai kapur barus?

Sik tunggu dulu, ada satu lagi perubahan di motor penulis. Yaitu setingan CO sudah dirubah menjadi +5.

Selama ini dipercaya bahwa kalau untuk mengatasi fuel dilution, maka bensin harus dibuat lebih irit. Penulis nggak tahu apakah sudah ada yang coba melakukan hal ini dan hasilnya bagaimana. Tapi penulis memilih untuk percaya sama sebuah referensi yang mengatakan bahwa fuel dilution bisa berkurang bila lambda mendekati 1.

Karena penulis merasa motor penulis setelan standarnya irit, maka penulis pilih boroskan. Performa motor jadi lebih baik, tidak begitu banyak perbedaan dari irit borosnya. Mungkin setelan standarnya terlalu berlebihan iritnya.

Tidak adanya warna hijau pada oli mengindikasikan bahwa memboroskan motor (agar pembakaran lebih sempurna dan ideal) justru bisa mengurangi fuel dilution. Minim ini adalah indikasi bahwa membuat motor makin boros tidak memperparah fuel dilution.

Jadi penulis selanjutnya bakal coba tidak pakai aditif sama sekali (kecuali margarin blueband). Bensin bakal terus pakai pertamax.

13 respons untuk ‘Lho, fuel dilution NMAXnya sudah sembuh! 300 km oli nggak hijau!

  1. Dengan berkurangnya fd apakah pemakaian oli akan lebih panjang pak?
    Yang dominan apakah settingan CO hingga fdnya berkurang?

    Suka

    • Iya, dari pertanda sekarang seperti itu. Oli Bardahl sekarang sudah 1200 km an dan kondisinya sepertinya bisa lebih lama dari sebelumnya. Setingan CO sepertinya memang sangat membantu.

      Suka

      • Dengan berkurangnya FD, apakah bapak ada rencana pake oli Yamaha lagi? Atau tetap berkesempulan oli Yamaha tetap kurang bagus dibanding Mesran?

        Suka

  2. Testimoni penggunaan Mesran super B40 dan 20w 50 untuk motor Yamaha Lexy :
    Tarikan awal berat pake Mesran super B40, tapi lebih stabil dibanding Mesran super 20w 50 untuk kecepatan tinggi.

    Konsumsi BBM agak boros 0,1-0,2 l/100 km untuk Mesran super B40 (tidak terlalu signifikan)

    Suka

  3. Saudara sy, bli seken jupi z th 2010, pemakaian +-100 KM / hr slama 2 th ini. Selalu rutin ganti oli 2 minggu sekali dan pakenya slalu yamalub, hasilnya mesin jebol,.harus ganti jeroan mesin,sekernya jg kena. Entah apa penyebab mesin rusak. Stlah diperbaiki,mekanik dia justru malah menyarankan utk pake mesransuper.

    Suka

      • Bensinnya jupi z pake pertalite, beberapa hari sebelum servis besar, motornya jadi ngebul dan vampir oli. Gak tau apakah wktu itu FD ato ga. Iya, mekanik langganannya yg menyarankan, pake mesransuper selain lebih murah juga lebih awet.

        Suka

  4. Sekedar informasi, untuk Lexy,nmax dan aerox terbaru setting CO tidak bisa dilakukan pak, sudah setelan dari ECU nya. Tadi saya servis motor, minta untuk dirubah settingan CO menjadi +5 ternyata tidak bisa dirubah, tetap standar nya.

    Padahal saya berharap bisa dirubah sehingga FD bisa berkurang.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.