Vinales langsung ikut balapan, prediksi nasib Dovi di Yamaha


Menarik juga karena Vinales langsung ikut balapan di Aragon nanti:

Hal ini rupanya dilakukan selain karena Lorenzo Savadori yang masih mengeluh kesakitan karena cedera tungkai kaki setelah crash menabrak motor Dani Pedrosa yang jatuh, juga karena Vinales bisa adaptasi dengan cepat dengan motor Aprilia:
MotoGP, Maverick Vinales opts for Aprilia debut race at Aragon

Rivola: “Maverick menunjukkan perasaan yang luar biasa dengan tim dan motor secara langsung dan saya yakin dia akan mampu memberikan yang terbaik di GP Aragón”.

Vinales ternyata bisa meraih waktu cukup cepat dalam uji coba yang dilakukannya:
MotoGP, Vinales admits he needed just 3 runs to decide to race at Aragon with the Aprilia

“Ketika saya tiba, saya merasakan tekanan besar dan saya juga gugup – kata Vinales – karena saya telah menghabiskan begitu banyak waktu dengan tipe motor yang berbeda. Saya selalu membalap dengan 4 baris, saya tidak tahu bagaimana caranya. akan pergi. Sebaliknya saya terkejut dengan betapa mudahnya saya beradaptasi dengan mesin, itu mudah. Pada dasarnya motor ini sangat mudah dikendalikan, yang sangat penting untuk balapan panjang. Hari ini saya mencatat waktu 1’32.4, yang tidak buruk. Dalam tes sulit untuk menjadi sangat cepat, tetapi di sini saya memiliki patokan dari Ducati dan kami sudah dekat”.

Di saat uji coba, Vinales bareng dengan pembalap pembalap berikut memang:
MotoGP, Foto pertama Maverick Vinales beraksi di Aprilia di Misano

Vinales juga akan memiliki beberapa tolok ukur yang baik untuk dilalui dalam dua hari ini, karena di trek bersamanya adalah Michele Pirro dengan Ducati, Dani Pedrosa dan Mika Kallio dengan KTM dan Stefan Bradl dengan Honda.

Vinales mengaku sangat terbantu dengan masukan dari Aleix Espargaro. Ia menyebut bahwa ia harus belajar banyak karena cara pengereman di Aprilia sangat berbeda. Aleix ia sebut kuat di sisi pengereman.

Sepertinya belajar pengereman ini akan menjadi faktor sangat penting bagi Vinales untuk bisa kencang. Karena penulis amati memang pengereman yang menjadi kelemahan utama dari motor Aprilia. Bisa dilihat juga bagaimana Aleix Espargaro keteteran dan sering disalip di tikungan di awal musim, tapi menjadi lebih sulit di salip di akhir akhir ini.

Cepatnya beradaptasi dengan motor Aprilia kemungkinan juga didukung kemampuan motor Aprilia yang cukup baik di tengah tikungan atau saat keluar tikungan. Keduanya jelas lebih unggul dari Honda atau bahkan Ducati sekalipun, sehingga Jack Miller pun gagal mencuri posisi dari Aleix Espargaro.

Memang kalah di pengereman / late braking:

Menang di corner exit dan tengah tikungan:

Pembalap lain yang harus beradaptasi adalah Andrea Dovizioso, yang bakal mengendarai motor Yamaha. Cal Crutchlow menyebut bahwa Dovizioso bakal menemui tantangan yang sangat besar di Yamaha, karena karakter mesin sangat beda. Apa yang menjadi keunggulan di Ducati, akan menjadi kelemahan di Yamaha:
Cal: Aleix ‘thoroughly deserved’ podium, Ducati-Yamaha ‘very different’ for Dovi

Saya pikir dia akan bagus dan mudah-mudahan dia bisa menyelesaikannya. Tapi saya pikir dia akan merasakan perbedaan besar, besar dengan apa yang dia rasakan sebelumnya. Dia sudah mengendarai Ducati begitu lama dan keuntungan yang dia miliki di motor itu adalah. jelas bukan keuntungan di sini [di Yamaha].

Itu tidak akan mudah, itu pasti. Mari kita lihat bagaimana dia berkembang. Saya akan bekerja dengannya seperti yang saya lakukan pada semua pebalap Yamaha dan kami akan memahami situasinya ketika dia mulai membalap.

Menurut penulis adaptasi yang sulit dari Dovizioso di Yamaha adalah menentukan titik pengereman yang tepat. Biasanya ini menjadi kelemahan dari Dovi sehingga ia biasanya cepat ketika sedang mengekor yang lain, tapi sering melakukan kesalahan bila ada di depan.

Cara blocking tentunya juga berubah. Bila biasanya Dovi melakukan blocking di corner entry, maka di Yamaha Dovi harus belajar untuk blocking di corner exit. Karena akselerasi jadi kelemahan motor yamaha.

Entah apa Dovi bisa melakan aksi menyalip di corner entry karena Rossi sampai sekarang masih mengalami kesulitan dengan grip ban depan. Dovi kemungkinan akan mengalami hal yang sama.

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.