Pakai mesran karena meditran itu bukan grup 1. Tahu darimana?


Sebelumnya penulis menyebutkan bahwa kalau mau pelarutan yang paling ok dan untuk kendaraan berumur, maka opsinya adalah pakai mesran:
Kendaraan tua jangan dipaksakan oli full sintetis dong, malah bocor olinya, kenali oli high mileage

Yang berikut menurut penulis masih kurang optimal:
MOTOR PAKAI OLI DIESEL Meditran SX MSX Vario 110 FI

(btw, itu mengeluh beneran karena sepertinya oli terlalu kental untuk kondisi daerahnya yang sepertinya dingin banget.)

Bro Yogihim tanya dari bahan apa oli Meditran? Penulis jawab grup 2. Walau penulis sebelumnya pernah membahas dengan referensi, sebenarnya penulis getun juga karena penulis pernah baca di website pertamina yang menyebutkan detil bahwa oli meditran itu dari bahan grup 2, tapi sayang nggak nemu lagi sumbernya.

Sulit kalau cari di tempat lain karena baik Mesran ataupun Meditran itu disebut sama sama dibuat dari HVI. Contohnya berikut ini:

Pertamina MESRAN SUPER adalah pelumas mesin bensin unggul dari Pertamina yang diformulasikan dari bahan dasar pilihan berkualitas tinggi dari jenis HVI dengan aditif hasil teknologi mutakhir dalam jumlah, jenis dan komposisi yang optimal.

Pertamina Meditran SC adalah pelumas mesin DIESEL unggul dari Pertamina yang diformulasikan dari bahan dasar pilihan berkualitas tinggi dari jenis HVI dengan aditif hasil teknologi mutakhir dalam jumlah, jenis dan komposisi yang optimal.

Bagi yang merasa salah lihat, maka penulis yakinkan bahwa ho oh mulai dari kata kata “unggul” itu copas ngeplek sama persis.

Yang jelas Pertamina itu produksi oli grup 1 dan 2:
Pertamina Unit Lubricants,Peraih SNI AWARD 2012 Hasilkan Revenue Pasar Ekspor Sebesar 1,7 triliun

disebutkan dalam artikel ini bahwa Pertamina memproduksi bahan baku pelumas atau Lube Base Oil sebagai salah satu produk dari kilang minyak yaitu Kilang Minyak Cilacap,Kilang Minyak UP IV Cilacap menghasilkan Lube Base Oil dengan group I dan II dari jenis HVI-60,HVI-160S,HVI-160 B dan HVI-650.Lube Base Oil Complex I & II. Produk ini kemudian dicampur dengan additive untuk menjadi pelumas seperti “Mesran” dan produk lain yang sejenis. Sektor otomotif mencakup sekitar 60 persen pasar pelumas di Indonesia,sementara sisanya sebesar 40 persen merupakan pasar peluman untuk industri.

Angka aneh di belakang HVI itu kemungkinan angka kekentalan yang ala Eropa:

Yang lebih tahu silahkan koreksi.

Karena sumber resmi tidak ketemu, maka penulis mencoba meyakinkan dari dua sisi. Yang pertama adalah harga. Harga mesran itu lebih murah dari harga meditran:

Yang kedua adalah dari kekentalan. Penulis tidak menemukan mesran dengan kekentalan xxW40 kecuali yang SAE 40. Sementara itu Penulis juga tidak menemukan Meditran dengan kekentalan xxW50 (kalau nemu pasti sudah dicobakan ke NMAX).

Menurut penulis ini terjadi karena keterbatasan bahan. Oli grup 1 sulit dibuat layak pakai dalam keadaan lebih encer. Sementara itu yang grup 2 lebih fleksibel. Yang grup 3 cenderung ke arah oli encer.

Jadi menurut penulis kekentalan yang mungkin dari grup 1 adalah:
SAE 40, SAE 50, 20W50, 20W40

Kekentalan yang mungkin dari grup 2 adalah:
20W50, 15W50, 15W40, 10W40, 10W30

Kekentalan yang mungkin dari grup 3 adalah:
10W50, 5W50, 0W50, 5W40, 5W30, dst yang encer encer.

Itu semua asumsi penulis.

Untuk mencapai yang angka depan dan belakang W bisa ekstrem butuh olinya bisa encer dulu (oli grup 3). Tinggal kemudian ditambahkan aditif polymer penambah VI sebanyak banyaknya. Tentu dengan konsekuensi bisa cepat encer ketika dipakai kebut kebutan. Istilahnya shear thinning of VI Improvers:
Analisa Pelumas a Spectro Scientific Sole Agent In Indonesia

12 respons untuk ‘Pakai mesran karena meditran itu bukan grup 1. Tahu darimana?

  1. Siang tadi langsung ganti oli lama Meditran SX + Tropical 20% ganti dengan Mesran B40 + Bimoli special 50% di Captiva diesel 2008 (sesuai arahan penulis dan cari aman untuk high mileage). Mesin jadi lebih senyap dan rpm enteng sekali naiknya, belum dicoba jalan jauh tapi hehe

    Suka

      • Setelah beberapa hari diamati ternyata untuk idle lebih halus Meditran sx + migor 20%.. Tapi RPM lebih enteng kalo pakai Mesran B40 + migor 50%..

        Suka

          • Cerita lengkapnya begini pak hehe:
            Bln mei kemarin saya ambil captiva diesel 2008 dgn kondisi mesin ngobos dan KM sudah 250 ribuan.. oli langsung saya ganti schaeffer 5w40, alhasil oli langsung rembes + uap oli dari selang hawa keluar parah.. Akhirnya saya putuskan OH buat peremajaan seal2 (disini saya belum kenal kupasmotor).. Nah setelah mesin naik saya pakai Meditran SX + migor 20%.. baru beberapa hari saya ganti Mesran B40 + migor 50%.. Dan kabar baiknya teori soal oli grup 3 bikin seal mengkerut terbukti pak..

            Suka

            • Untuk impresinya:
              @Schaeffer : suara idle kasar, rpm enteng, penguapan oli parah.
              @Meditran SX + migor 20% : suara idle halus, rpm enteng, penguapan minim.
              @Mesran B40 + migor 50% : suara idle kasar, rpm enteng, penguapan minim.
              Dengan kondisi seal2 baru, pakai Meditran sx + migor 20% mungkin aman ya pak?

              Suka

            • Itu kasarnya bagaimana ya? kasar gemeletukan atau kasar gesekan? Bila gemeletukan, apa karena olinya terlalu encer ya? BIla iya, maka perlu dipertimbangkan juga Prima XP 20W50 + bimoli.

              Bila karena gesekan, apa karena aditif yang Meditran SX lebih baik ya? Membandingkannya perlu dengan Fastron Techno 15W50 + Bimoli.

              Apakah kalau dipakai malam masih kasar juga?

              Suka

  2. Sejauh ini cukup puas bgt dengan Mesran B40 dibanding Scaeffer 5w40, lebih ekonomis pastinya. Penguapan oli juga minim banget, hanya faktor emisi aja kelemahannya secara Mesran API CD vs Scaeffer CJ-4..

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.