Dalaman mesin kuning itu tanda varnish / kerak! Hindari full sintetik!


Penulis harus minta maaf karena di artikel sebelumnya penulis melakukan kesalahan yang cukup fatal dengan memuji tampilan mesin seperti berikut ini:
Pakai minyak goreng di oli mesin tidak membuat mesin kotor, malah bersih

Ternyata, kondisi seperti itu menunjukkan adanya masalah. Masalah apa itu?

Masalahnya adalah kondisi tersebut menunjukkan bahwa mesin sedang mengalami varnish:
Demystifying sludge and varnish

Lubricant varnishing and mitigation strategies

Warna “gold” pada part mesin itu disebut sebagai varnish!

Dijelaskan varnish terjadi karena banyak hal, contohnya adalah:

  • Aerasi cairan
  • Memicu dari listrik statis
  • Degradasi termal massal
  • Kontaminasi antibeku
  • Koagulasi jelaga
  • Oksidasi minyak curah
  • Hidrolisis
  • Penyimpanan dingin yang berkepanjangan
  • Minyak yang terkontaminasi minyak
  • Kontaminasi deterjen kaustik
  • Kokas nitrasi pada permukaan yang panas
  • Kontaminasi radiologi
  • Efisiensi pembakaran mesin yang buruk dan blowby
  • Bahan bakar yang sangat aromatik
  • Sulfasi (bahan bakar, H2S, dll.)
  • Reaksi korosi timbal
  • Gas kompresor reaktif
  • Ketidakcocokan aditif
  • Inkompatibilitas oli dasar

Varnish dapat berupa:

  • Endapan berkerak hitam pada segel mekanis
  • Film perekat emas pada katup spool dalam sistem kontrol elektrohidraulik
  • Deposit seperti arang pada bantalan lengan babbitt
  • Mayones cokelat lengket pada filter oli mesin diesel
  • Endapan kudis hitam pada bantalan bantalan dorong
  • Gumpalan kental seperti tar di saluran pembuangan bantalan pengering (mesin kertas)
  • Endapan bergetah keabu-abuan pada port pelepasan engine gas alam
  • Residu karbon pada saringan servo
  • Enamel hitam keras pada mahkota piston dan ring tanah
  • Kotoran seperti keju cottage menempel pada penutup katup mesin
  • Lendir warna menjemukan pada filter oli kompresor

Dari sisi oli dijelaskan dibutuhkan oli yang punya solvency yang bagus, yang pelarutnya bagus. Yang pelarut bagus sudah penulis jelaskan sebelumnya:
Nggak usah perduli kandungan Ca dan Mg deh, percuma! TBN oli tinggi masih bikin kerak, pantas engine flush diharuskan
Pakai mesran karena meditran itu bukan grup 1. Tahu darimana?

Artinya prioritaskan oli yang punya daya larut bagus. Opsinya adalah oli grup 1 = Mesran. Atau ada alternatif lain, oli polyolester dari Redline atau Schaeffer.

Faktor yang berikutnya adalah oksidasi. Untuk oksidasi ini kuncinya adalah jangan sampai telat ganti oli. Tahu olinya hitamnya sudah fatal, ya jangan dipaksakan.

Referensi lain:
Contamination Control Strategies for Turbomachinery
LUBRICANT VARNISH: WHAT IT IS, HOW IT FORMS AND HOW TO MITIGATE IT

Itu.

Jadi maaf menurut penulis yang berikut ini merupakan contoh olinya tidak sip:

Lihat motul begitu, jadi ingat pertamax7 NMAXnya sampai turun mesin karena vampir oli padahal rutin pakai oli motul juga. Atau nggak ada oli motul asli di Indonesia?
Penyebab Yamaha NMAX Saya Vampir Haus Oli Ngebul Tipis

Saya sendiri rutin ganti oli dengan jarak 2000 km sekali dengan Motul Scooter 10W40 dengan Kapasitas 900cc ( 0,9 L ). Namun terakhir saya ganti kaget-sekaget-kagetnya karena kapasitas oli buangan kok tinggal 450 an cc alias hilang separuh dengan interval penggantian yang sama,

Contoh lain:
pentingnya ganti oli secara berkala | mesin tetap bersih | toyota rush 2010

13 respons untuk ‘Dalaman mesin kuning itu tanda varnish / kerak! Hindari full sintetik!

  1. ky e irpan pertamax7 prnah plihara nvl kog msih kaget aja liat oli nmax susut stengah,mesin yamaha skarang udh biasa…sy aja pegang nvl kl udh 1000km sy top up per 100ml/100 km,tpi liat kondisi di dipstik juga

    Suka

  2. Jadi makin kepikiran tuk pakai Mesran saat ganti oli nanti (saat ini masih pakai V*lv*l*n* Champ Extra 10w-40)…. Saya belum tau apakah Oli Single Grade, e.g. Mesran 40, pernah dibahas juga di pembahasan tentang oli di sini….

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.