Oli Liqui Moly tidak membersihkan varnish?


Ini awalnya bermula dari ada yang protes pada vlognya penulis:
info: Maaf penulis salah, mesin yang kelihatan bersih ini pun ada tanda oli mesinnya tidak bagus!

ridwan Taufiq: Belajar dulu tentang oli, main2 keluar negeri,,ketempat pabrik oli, jangan cuman liat di google,,,😂😂😂 jangan menyesatkan

Pabrik oli itu yang paling besar di Jerman,, tinggal pesan, dan kandungan bisa di sesuaikan dengan Negera tersebut,,, broo main keluar2 lahh,, kecuali Lo sekolah perminyakan, pakai data dong klo bicara,, jangan menyesatkan

Yang dibahas sama dengan artikel penulis:
Dalaman mesin kuning itu tanda varnish / kerak! Hindari full sintetik!

Komentar dari si bro tersebut menandakan kemungkinan ia tidak melihat videonya. Karena seperti halnya di artikel, penulis menyertakan informasi langsung dari sumbernya. Di sisi lain, bila ia ternyata lihat videonya dan lihat referensinya, maka ia menganggap bahwa website MachinaryLubrication by Noria itu merupakan website menyesatkan. Sesuatu yang unik karena dulu website ini selalu dipakai referensi oleh warga grup oli. Entah kalau sekarang.

Ia menyebut pabrikan yang disebut terbesar di Jerman. Yang penulis tahu besar di Jerman adalah Liqui Moly dan Ravenol. Penulis pun ingin tahu bagaimana sih pendapat kedua pabrik oli tersebut terhadap varnish?

Dari coba google, ternyata oli Ravenol itu dijanjikan bisa membersihkan varnish:

Yang cukup mengejutkan itu adalah liqui moly. Karena ternyata bahkan untuk produk aditifnya pun tidak ada keterangan soal varnish:

Karena penasaran, penulis pun cari di produk engine flushnya. Kebetulan nemu yang gambarnya representatif:
Oil Sludge Flush

Berikut bila dilihat dari dekat:

Entah kebetulan atau apa, tapi menarik juga bahwa bersih yang diperlihatkan itu warnanya masih kuning. ohne Zusatz= tanpa tambahan, mit Zusatz = dengan tambahan.

Penulis perhatikan, Liqui Moly itu sepertinya menyebut varnish sebagai Lacquer. Lalu penulis coba cari kata kata itu. Tapi kok adanya cuma di engine flush saja?

Yang untuk mobil vintage juga sama, adanya pembersih lacquer itu hanya di motor clean (engine flush) saja
Vintage Cars

Asli penulis kaget juga karena Liqui Moly sepertinya tidak pernah melakukan klaim bahwa oli mesinnya bisa membersihkan lacquer. Cuma engine flushnya yang bisa.

Ini membuat penulis jadi ingat bahasan video soal orang yang pakai engine flush itu karena oli full sintetik terbaik yang mereka pakai nggak punya kemampuan untuk membersihkan mesin.

btw, omongan sales lokal tidak penulis angap, karena sebelumnya pernah membuka kebohongan mereka:
Ketika oli mineral Liqui Moly disebut sebagai sintetik ester, mengapa bisa terjadi ???

Tapi kalau ada yang bisa menemukan keterangan oli mesin liqui moly bisa membersihkan varnish atau lacquer, silahkan share.

Wah padahal penulis sempat hampiiir beli Liqui Moly Motorbike Street Race 10W50. Kalau sudah kebeli, harus engine flush dong? Keterangan produknya:
Motorbike 4T Synth 10W-50 Street Race

Fully synthetic high-performance motor oil. Ensures maximum performance and protection of the engine under all operating conditions. Optimum lubrication, outstanding engine cleanliness, excellent friction and minimum wear are just as much taken for granted as gentle clutch engagement and disengagement and gear shifting. That makes a big difference to driving enjoyment! Tested on engines with catalytic converters. Tested on racing machines.

Ada keterangan soal outstanding engine cleeanliness, tapi varnish itu termasuk mesin bersih juga untuk beberapa orang. Cuma kuning saja permukaan mesinnya. Sama seperti contoh oil sludge flush di atas.

10 respons untuk ‘Oli Liqui Moly tidak membersihkan varnish?

  1. Sejumlah kalangan menganggap penggunaan “oli sesat” — istilah untuk penggunaan oli diesel pada mesin motor — mampu meningkatkan kinerja dan daya tahan mesin karena oli diesel, menurut mereka, memiliki daya tahan yang kuat mengacu pada penggunaan mobil-mobil niaga.

    Namun hal itu ternyata salah kaprah, karena penggunaan oli diesel pada sepeda motor justru membuat mesin semakin cepat aus dan tidak sesuai secara prinsip dan kebutuhan mesin.

    (seterusnya baca di link)

    Suka

  2. Pelumas diesel digunakan untuk mesin motor bensin karena dianggap memiliki kemampuan pembersih cukup baik berdasarkan Total Base Number (TBN) atau ukuran aditif sebuah pelumas mesin.
    Lihat juga:Alasan Kaki Kiri Tak Direkomendasi Injak Rem Mobil Matik

    Meski begitu Technical Specialist Pertamina Lubricants Agung Prabowo mengatakan penggunaan pelumas mesin diesel justru berdampak kerusakan.

    (baca sendiri di link)

    sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200826150811-384-539554/bahaya-motor-gunakan-pelumas-mesin-diesel.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.