Memang lampu senja warna kuning yang bikin motor NMAX old jelek depannya


Salah satu ganjalan hati ketika beli motor Yamaha NMAX old adalah bagian lampu depan yang entah mengapa diberi lampu senja warna kuning:

Di brosur kelihatan bagus, dilihat langsung kelihatan jelek.

Sebenarnya sih mudah, tapi penulis nggak sempat. Tapi kemudian lihat harga LEDnya murah banget, akhirnya memutuskan beli:

Penulis merasa kalau cuma lampu LED, ngapain mahal mahal? Toh nggak butuh terang tapi cuma butuh menyala. Nggak ada alasan beli yang 50 ribuan, dst. Penulis nggak hobi yang warnanya aneh aneh (pasti ada bosennya)

Jadi penulis putuskan untuk beli yang putih saja. Cara pasang nggak pakai dibongkar, tapi pakai dirogoh. Sempat kesulitan tapi akhirnya bisa. Sulitnya karena pasangnya harus sesuai polaritas, dan entah mengapa, saat pertama pasang selalu pas dapat salah. Apalagi karena kakinya tidak dibuat lancip. Ngepaskannya susah.

Hasilnya lumayan juga, nggak terlalu menyilaukan:

Cuma jadi agak belang karena ternyata kelvinnya beda, yang lampu ori lebih kuning:

Tapi lumayan juga sekarang tampilan jadi mirip motor motor desain baru. Sudah putih semua. Jadi jelas sekali bahwa Yamaha mempertahankan lampu senja yang kuning/ oranye itu membuat motor kelihatan jelek.

Kan beli yang putih, apa nggak bikin katarak yang lain?

Dari awal beli NMAX dan Nex II sudah pasrah karena sekarang motor adanya yang begitu lampunya. Kalau ada yang merasa matanya kurang sehat atau sudah tua ya harusnya dari mulai munculnya motor dengan lampu LED harus siap siap selalu pakai kacamata kuning, seperti yang penulis lakukan sekarang? Dan motor dan mobil penulis sudah disetel agar sorotan lampunya lebih tinggi dari lampunya.

Lampu beginian bisa dibuat lampu belok juga tapi butuh flasher eletrik. Pakai bawaan nggak bisa kedip:

12 respons untuk ‘Memang lampu senja warna kuning yang bikin motor NMAX old jelek depannya

  1. Pakai lampu begitu untung²an Pak, kalau untung ya awet sampai tahunan, kalau apes ya seminggu juga mati. Sepengalaman saya sih yang harga 5000an lebih awet daripada yg puluhan ribu. Saya pasang di 2 motor yang berbeda, sama² arus DC dari pabrik, yg harga puluhan ribu dan “bermerek” nggak sampai sehari sdh mati, setelah di retur dan pasang yang baru, baru seminggu mati lagi. Akhirnya saya beli yang harga dibawah 5rban, persis kayak punya Pak Penulis, alhamdulillah sdh 3 tahun masih nyala normal sampai sekarang. Maaf sebelumnya, sekedar berbagi pengalaman 😁

    Suka

    • Kalau selera saya, yang di tebeng lebih baik nggak menyala karena bentuknya kurang suka, mungkin ditutupi skotlet dibuat bulat atau sipit lebih bagus. Nggak sreg juga lampu belok ditaruh dekat lampu utama, karena sering mengkritisi mobil yang lampu beloknya disembunyikan dekat lampu.

      Tapi bakal keren juga kalau difungsikan sebagai cornering lamp ala mogenya kawasaki. Mungkin bisa diakali dengan saklar raksa

      Suka

  2. yg awet yg punya merek yg sepasang 20.000 an,warna merah,kuning,putih,biru bisa model strobo tapi saya pakai yg mode diam……maaf saya ngga nyebut merek silahkan di cari di olshop

    Suka

  3. Pengalaman: lampu senja dan lampu belakang di NMax old bakal sering putus kalau dikasih LED. Penyebabnya tegangan/arus gak stabil, padahal disitulah nyawanya LED. Coba perhatikan pada saat di starter, pasti lampu senja dan belakang ngedip sebentar. Makanya dari pabrikan dibekali lampu bohlam yang lebih tahan tegangan/arus turun naik. Mesti dimodif pakai IC 7812 kalau mau stabil, tapi nanti IC nya yang bakal jebol duluan. Resistor hanya mengatasi kalau kelebihan tegangan/arus, padahal kalau lagi starter justru kurang bukan lebih. Akhirnya balik lagi pakai bohlam biasa, jauh lebih awet ketimbang capek sebentar-sebentar bongkar pasang body buat ganti LED. Kalau pakai bohlam yang kaca luarnya dilapisi warna biru, warna bohlamnya akan mendekati putih.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.