Penyebab lampu depan PCX 160 kocak atau getar itu bukan karena cacat produksi, solusinya


Sebelumnya penulis sudah membahas soal masalah lampu depan getar atau bergoyang yang dialami oleh beberapa pemilik Honda PCX 160.
Seperti ini rupanya ketika lampu PCX 160 getar, dalaman ringkih?

Perkiraan penulis salah. Getar begitu bukan karena bahannya ringkih. Beda dari kasus rembes yang kemungkinan besar terjadi karena cacat produksi:
Seal water pump PCX 160 diperlihatkan cacat! Inikah penyebab merebaknya rembes

Ternyata lampu depan PCX 160 kocak atau bergetar itu adalah karena cacat desain bila melihat penjelasan dari channelnya Abdigas Motor:
PCX 160 LAMPU UTAMANYA GETER INI SOLUSINYA

Seperti terlihat, Honda memilih menggunakan desain seperti itu untuk menghubungkan lampu depan dengan baut pengatur ketinggian lampu. Rasanya desain ini adalah desain yang spesial untuk PCX 160 saja.

Masalah terjadi karena model pengait yang jelas didesain ringkih (sengaja, bukan kesalahan produksi) dan mudah bermasalah. Ketika dipasang pun jadi nggak pas dan kocak. Konsekuensinya, cepat atau lambat semua PCX 160 akan bergetar atau kocak lampu depannya. Tinggal menunggu waktu.

Jadi maaf penulis sebelumnya salah. Kocaknya rumah lampu depan PCX 160 itu ternyata bukan cacat produksi. Itu sudah by design. Wajar bila teknisi AHASS bilang lampu getar adalah hal yang “normal” untuk PCX 160 (berdasar dua testimoni di atas). Karena memang cacatnya dari desainnya.

Mengapa Honda memilih desain seperti itu? Kalau asumsi yang positif adalah Honda nggak nemu lagi desain bagus yang tidak melanggar paten pabrikan lain. Atau memang dijadikan fitur. Asumsi yang negatif entah.

Yang jelas kalau ingin membenahi lampu depan yang kocak, yang dibenahi itu. Kalau mau akal akalan, penulis sarankan sertakan juga karet. Bisa pakai baut pentil ban atau baut yang tengahnya lubang:

Rumah lampunya diapit pakai karet di ring baut tersebut, terus tengahnya dikasih karet lagi untuk baut panjang pengatur ketinggian lampu. Atau plastik kecil aslinya itu dibakar atau dilem dan di masukkan ke lubangnya.

Mungkin bisa pas. Maaf penulis nggak bisa coba. Kalau ada yang sukses silahkan share. Mestinya nggak perlu melubangi seperti yang dianjurkan di video di atas (pakai yang untuk mobil).

Yang mengalami lagi:
https://www.facebook.com/groups/3768925359869852/permalink/4553150531447327/

14 respons untuk ‘Penyebab lampu depan PCX 160 kocak atau getar itu bukan karena cacat produksi, solusinya

  1. Anggap masalah teratasi, dengan cara edukasi.
    Sehingga si joki harus cari solusi sendiri.
    Atau dibiarkan aja tanpa diurusi.
    Lama2 rusak,trus beli lagi.
    Tp masalah berganti.

    Suka

  2. Itu sama sekali bukan cacat produksi, melainkan memang dirancang sedemikian rupa agar menghasilkan fitur canggih seperti itu. Anda tahu fitur OIS (Optical Image Stabilization) di kamera handphone? Kira-kira seperti itulah cara kerja fitur canggih di motor PCX 160 ini. Hanya saja cara kerjanya belum motorized dengan gyroscope, melainkan masih manual mengandalkan efek gravitasi. Hasilnya silahkan di adu: di jalan bergelombang dan berguncang, hasil sorotan sinar lampu Honda PCX 160 jauh lebih halus dan stabil ketimbang kompetitornya yang dudukan lampunya masih fixed. Dampak selanjutnya pada ketahanan komponen yang jauh lebih awet ketimbang desain dudukan lampu kompetitor yang harus menanggung beban getaran motor dan guncangan jalan yang tidak rata.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.