Honda kasih warning: ingat bahwa penanganan gratis rembes cuma berlaku selama garansi berlaku


Ternyata Honda sudah cukup lama mengeluarkan pernyataan resmi soal rembes. Cuma mungkin penulis pakai kata kunci pencarian yang salah. Seperti penulis bahas sebelumnya, Honda sudah mengeluarkan pernyataan bahwa rembes itu normal. Nah ternyata Honda sudah mengeluarkan pernyataan lain.

Media sudah berani memuat fakta bahwa setelah ganti water pump baru pun bakal tetap rembes lagi. Abaikan judul berita berikut karena jelas menipu:
Soal Water Pump Rembes di Honda PCX160, AHM: Sudah Diselesaikan

Rata-rata menurutnya, setelah penggantian komponen water pump baru, rembes air radiator akan muncul lagi sekitar pemakaian 20 kilometer. Saat ini cara yang dilakukannya adalah mengisi tabung reservoir radiator dengan cairan pendingin jika terlihat sudah sedikit. “Kata DAM rembes itu normal efek penguapan. Saya berharap jika memang rembesan ini aman tolong sebarkan berita resmi dari Honda,” katanya.

Yang perlu jadi perhatian di artikel tersebut adalah pernyataan Honda. Yang pertama adalah dikesankan bahwa penanganan itu tergantung masing masing bengkel, sepertinya konsumen diharapkan harus nego ke dealer masing masing (Honda tidak menetapkan prosedur standar):

“Sejauh ini sudah diselesaikan untuk isu soal rembes water pump oleh jaringan kita. Jadi memang tergantung dari pemeriksaan oleh AHASS bagaimana dan seperti apa treatment khususnya dari masing-masing bengkel,” ucap General Manager Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, di AHM SRP, Cikarang, belum lama ini.

Kalau beruntung, konsumen bisa bebas masalah sama sekali seperti hasil perjuangan dari bro Abdul Rahmad:

Yang kedua adalah semua biaya adalah gratis:

“Langsung bawa ke AHASS saja untuk diperiksa oleh mekanik dan dilihat kondisi dan keluhannya seperti apa, free (gratis) semua,” tambah Muhib, panggilan karibnya.

Tapi ini hanya selama masa garansi berlaku:

“Segera datang langsung ke AHASS untuk dicek. Tapi jangan khawatir, ini (rembes) hanya sedikit tidak terlalu banyak. Semua biaya atau penggantian gratis selama belum pernah melakukan modifikasi dan masih dalam masa garansi,” kata Technical Training AHM, Endro Sutarno.

Jadi masalah ini tidak bisa disamakan dengan recall. Kalau recall, maka gratisnya tetap berlaku walau masa garansi habis, walau kendaraan dimodif, walau bahkan motornya nggak pernah diserviskan ke AHASS sekalipun. Sementara itu, garansi ini sepertinya berlaku hanya

Jadi sudah clear bahwa Honda tidak menganggap soal rembes ini adalah cacat kritikal dari pabrikan. Dikesankan masalah rembes ini sama sekali tidak membahayakan keselamatan.

Kalau menurut penulis sih ada resiko juga. Karena kalau air radiator habis maka mesin bisa mendadak berhenti bekerja ketika di jalan. Sayangnya ini termasuk kewajiban pemilik. Menurut buku panduan, pemilik wajib memonitor ketinggian air radiator dan menambahkan ketika air radiator berkurang:

Tapi disebutkan juga bahwa kalau airnya berkurang cepat, maka disuruh “mampir” ke bengkel AHASS. Nah kalau kasusnya seperti bro Abdul Rahmad berikut ini, 2 minggu sudah habis (sehingga jadi wajib “mampir” ke AHASS tiap 2 minggu):

Sudah “mampir” tapi nggak sembuh sembuh:

Ya sepertinya perlu dipertimbangkan solusi dari bro Abdul Rahmad yang dijelaskan sebelumnya. Apalagi sudah diberi warning sama Honda bahwa kalau garansi habis maka perbaikan rembes tidak akan gratis lagi.

Walau kalau mungkin sudah terlanjur suka, ya silahkan bila lebih suka “mampir” ke AHASS setiap kali air radiator habis. Saran penulis sih kalau menambahkan air, jangan pakai Coolant merek AHM. Mending pakai air non TDS atau semacam Cleo. Jangan berani berani modif sendiri karena bisa merusak garansi. Motor dibiarkan standar 100% sampai masa garansi habis. Jangan pakai lampu aksesori, jangan pakai skotlet, jangan ganti suspensi, jangan pakai posh, jangan ganti spion, jangan ganti jok, jangan ganti windshield dst. Karena penulis pernah dengar ada yang ditolak klaim garansinya ketika diketahui velgnya di cat. Maaf sudah lupa, tapi itu kalau tidak salah pemilik PCX 160 yang mengalami.

12 respons untuk ‘Honda kasih warning: ingat bahwa penanganan gratis rembes cuma berlaku selama garansi berlaku

  1. Nggak kebayang pny motor ribet spt ini, krn motor ane cuma Address yg skrg dah 37,3 ribu km nggk pernah berurusan dg bengkel, part yg prnah ganti hny filter udara, ban, bohlam lampu depan.

    Suka

  2. Kalo tutup pentil ban warna aslinya hitam,trus diganti yg warna ijo,itu juga termasuk modifikasi ga?
    Bikin garansi ilang ga?

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.