Tren lampu motor baru di Cina, naked tengadah, fairing sembunyi, retro menyorot


Di bulan September kemarin muncul puluhan motor baru di Cina, yang bakal lumayan panjang kalau dibahas satu satu. Oleh karena itu penulis coba ulas tren lampunya saja. Menarik karena terlihat ada kecenderungan implementasi lampu yang berbeda untuk tiap kelas motor. Walau memang ada pengecualian, tapi tetap mayoritas menggunakan pakem tersebut. Bisa dibilang sebagai tren. Tren yang tidak dianut di Indonesia, karena memang di Indonesia itu mayoritas pabrikan Jepang.

Dimulai dari motor retro dulu, yaitu motor model klasik atau bobber, kelas yang langka di Indonesia. Kecenderungan dari lampu motor retro ini adalah menyorot. Penulis menyebut menyorot karena model lampunya seperti lampu sorot.
Lifan KPM150 Cafe:

Motor lain:
QJ Motor 300S:

QJ Motor 550:

Excelle 321RR:

Indian FTR:

Zongshen Cyclone RA9, SR1000

Zongshen Cyclone RE5

Voge 350AC:

Chagn Jiang Bobbie 700:

Gaokin GK500:

Benda LFC700:

Bahkan yang punya Harley Davidson pun begitu. Harley Davidson Sportster S, walau modelnya lampu sorot tidak tertutup:

Aneh juga belakang dibuat sama:

 

Entah mengapa, banyak pabrikan yang seragam bahwa kalau motor naked itu lampunya tengadah ke atas, seperti misalnya ChunFengMoto 250NK berikut, sekitar 42 juta rupiah:

Lampu belakang biasanya nggak di pamer khusus ini lho lampu belakang, tapi disembunyikan / menyatu dengan bodi:

Dan biasanya sudah TFT IPS untuk dashboardnya, yang bisa macem macem tampilannya dan nggak harus pakai tempat:

Lifan KPS150:

Voge 525R:

Gaokin Flame 500:

Yang listrik pun juga sama, Wu:

Walau ada gado gado seperti misalnya Triumph Trident 660

atau Husqvarna:

atau QJ Motor TNT600:

Honda CB400F:

 

Yang sport cenderung merunduk seperti misalnya Excelle 321R:

Zongshen Cyclone RC3S:

Voge 250RR:

Ducati Supersport 950:

Ducati Panigale V4 SP:

 

Yang sulit dikategorikan adalah kelas motor adventure dan matik MAXI. Modelnya terlalu bervariasi. Kalau harus dikategorkan, maka mungkin lebih ke tampilan ala muka robot:

Seperti misalnya
Harley Davidson Pan America:

Kymco AK550:

Excelle 800ADV:

Zongshen Cyclone RX3S MAX:

Zongshen Cyclone RX850:

Zongshen Cyclone RT2:

Lifan KPT 400:

Lifan E-01:

Voge LX350T-5:

CFMOTO 1250TR-G:

Sundiro Honda CRF190L:

Honda NSS350:

4 respons untuk ‘Tren lampu motor baru di Cina, naked tengadah, fairing sembunyi, retro menyorot

  1. kalo lampu depan mendongak ke atas boleh2 aja asalkan ga bikin pengendara lain silau,
    (jangan sperti CB150R),
    lampu belakang harus terlihat jelas lampu sein sama lampu remnya, kadang mikir dulu, itu yg nyala lampu sein kiri ato kanan (ymh vix).
    boleh gaya tp jangan bahaya

    Suka

  2. Kadang lebih salah paham ketika di pertigaan yg akan papasan dgn mobil. Dari samping terlihat bahwa lampu sein mobil menyala, tp mobilnya ga belok, malah jalan lurus, trus ketika mobil itu berlalu, baru tau bahwa trnyata mobilnya tadi menyalakan lampu hazard.
    Lha terlanjur ngasi kesempatan si mobil utk belok, ternyata mobilnya malah lurus.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.