Drain Bardahl 20W50, bikin awet sih, tapi…


Setelah bersabar cukup lama, akhirnya penulis drain juga oli Bardahl 20W50 di km 1300.

Jangan salah. Oli ini awet. Walau memang warna oli jadi hitam banget, tapi dari kemampuan melindungi mesin masih terasa:

Masih ada hijaunya, pertanda masih ada fuel dilution. Tapi dibanding dengan oli oli sebelumnya (Amsoil Signature Series, Deltalube Adventure dan Valvoline Champ) efek FD tidak begitu terasa. Sehingga sampai bahkan 1300 km pemakaian, mesin terasa masih halus dan suara mesin tidak begitu kasar. Mungkin oli ini bisa sampai 2 ribu km bila diteruskan. Sebuah hal yang luar biasa untuk motor yang jelas kena fuel dilution.

Beda jauh lah dengan pakai Amsoil SS yang kasar di rpm rendah itu konsisten selama tidak dipakai ngebut. Beda juga dari Deltalube atau Valvoline yang makin encernya bisa dirasakan. Keduanya cuma tahan 500 an km, dengan Valvoline Champ lebih parah. Jadi rasanya oli Bardahl ini cocok banget untuk yang cari awet.

Cuma masalahnya, oli ini mengurangi top speed dan akselerasi. Top speed cuma bisa mentok sekitar 110 kpj. Akselerasi juga termasuk parah di 19 detikan dari normalnya 16 detikan. Walau entah mengapa ya kalau ketemu motor matik knalpot racing, masih mudah saja membully. Parah banget berarti pemilihan oli mesin / bensin mereka.

Oli ini dilengkapi oleh C60 Fullerene yang diklaim sebagai aditif yang paling licin. Mungkin ini yang membuat oli bisa tahan lebih lama dan membuat mesin tetap halus. Tapi sayangnya top speed jadi berkurang, sepertinya karena ruang bakar jadi terganggu pembakarannya karena aditif ini juga.

Kecurigaan muncul karena setelah ditambahi minyak goreng sekitar 50 cc, akselerasi terasa bertambah. Kecurigaan semakin kuat setelah olinya diganti dengan Mesran Super SAE 40 (nggak ada B nya). Hal yang paling berkesan setelah ganti oli mesran SAE 40 adalah engine brake yang makin berkurang, pertanda mesin makin licin. Selain itu juga getaran terasa makin minim.

Jadi sepertinya Bardahl itu bikin oli licin dari sisi mengurangi keausan, tapi membuat hambatan juga sehingga mengurangi performa.

Ini oli yang cocok untuk mereka yang butuhnya oli yang awet dan bisa melindungi mesin lebih lama. Kurang cocok untuk mereka yang cari performa. Cocok untuk ngojek, nggak cocok untuk touring luar kota.

14 respons untuk ‘Drain Bardahl 20W50, bikin awet sih, tapi…

  1. Lho, jadi FD nya belum sembuh ya Pak?
    Berarti Mesran 40 nya asli?
    Apa itu berarti bahwa migor bimoli nya bentrok dgn aditif C60,lalu migor nya yg menang?
    Klo Bardahl nya dicampur bimoli sejak awal, kira2 apakah jg meningkatkan performa?

    Suka

    • Jelas lebih mendingan daripada sebelumnya, tapi masih terjadi.

      Iya, mesran 40 sepertinya asli.

      Rasanya bukan karena bentrok aditifnya, tapi karena memang sifat aditif C60 menghambat performa untuk pemakaian lama dengan bensin pertamax. Dan setelah ditambahi bimoli, efeknya agak berkurang.

      Iya, rasanya performa tidak akan berkurang banyak bila dicampur bimoli dari awal.

      Suka

    • Wah kalau sampai melakukan seperti itu, mungkin sekalian ganti ring piston ya?

      Apakah logika dari mengurangi kompresi tersebut maksudnya untuk mengurangi tekanan sehingga bensin tidak terlalu tertekan keluar dari ruang bakar?

      Suka

      • Bisa juga gitu sih Pak..
        Tp kn saya dulu menyarankan merubah keseimbangan kruk as biar lbh smooth naiknya kn Bapak bilang kyknya ga mungkin klo sejauh itu..
        Skrg slh satu cara simpel rpm biar ga cepet naik/agresif kn dturunkan kompresinya..
        Kita tahu salah satu faktor penyumbang FD kn beban ringan.. makin berat bobot yg dbawa makin berkurang efek FDnya..
        Toh mnurut saya motor skrg kompresinya tinggi2 buat ngejar emisi gas buang tp kn ga tahan lama cz biasanya saya bersihin piston keraknya saja bisa hampir 2mm lho tebalnya bisa dbayangkan jd brp tuh rasio kompresinya bikin putaran bawah mesin nyendal2 sampe2 bawa2 penyakit gredeg2 smpe dcari obatnya ga nemu2 hehe
        Balik lg msh enakan grand 9:1 ataupun beat lama 9.5:1 walau kerak piston numpuk pun msh aja enak tarikannya..

        Suka

        • Sip iya. Merubah keseimbangan kruknya bagusnya barengan bore up / ganti piston mitron / casting mungkin.

          kalau kompresi diturunkan bukannya beban makin berkurang?

          sepertinya yang bikin kerak itu karena mesin kompresi tinggi panas dalaman mesin juga tinggi sehingga walau dari luar kelihatan dingin, aslinya panas. Kerak terjadi karena lebih banyak oli yang terbakar.

          Kalau dari iklan carbon cleaner, kompresi justru naik setelah di carbon clean.

          Suka

          • Merubah keseimbangan kruk as ga harus bore up atau strok up tp bore up n stroke up mmg harus balance ulang
            Ini beban apa ya Pak yg dmksd?
            Beban kendaraan atau beban kompresi yg pengaruhi efek FD

            Suka

            • FD berkurang karena beban motor bertambah. Dengan kompresi dikurangi apa ibarat beban motor dikurangi?

              FD dipengaruhi oleh jenis piston juga kalau menurut bro Tora S di youtube. Karena motor saya NMAX dengan piston forging, idealnya diganti silinder liner besi, piston casting atau lebih mantap lagi piston baja mitron. Kalau ganti piston tentu butuh balancing.

              Suka

            • Anggaplah gini Pak klo ada beban kn otomatis motor lbh ngeden..
              Nah kompresi dkurangi otomatis power jg bisa jd berkurang jd walau ga beban berat pun ada efek ngedennya dikit hehe
              Intinya kn rpm ga cepet naik
              Harapannya sih FD berkurang tp saya sndiri blm mmpraktikannya

              Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.