Tikungan angker atau pendidikan safety ridingnya yang salah?


Video berikut ini menyebutkan sering terjadinya kecelakaan di tikungan berikut adalah karena tikungannya angker:
Tikungan Maut dan Angker – Semua Motor Berjatuhan Terekam CCTV

Tapi bila melihat video tersebut maka jelas bahwa banyak kecelakaan tersebut terjadi karena pemakai jalannya kurang memperhatikan safety riding.

Ada yang menyeberang sembarangan tanpa memperhitungkan kemungkinan adanya kendaraan dari berlawanan arah, gambling. Ada yang sama sekali cuek dan tidak perduli apa ada kendaraan lain atau tidak, dianggap cuma dia saja yang ada di jalan.

Di sisi lain ada juga yang salah dalam melakukan pengereman. Di tikungan atau mau masuk tikungan tapi pakai rem depan. Wajar bila kemudian jatuh.

Atau sudah tahu sebenarnya bahwa harusnya ditikungan pakai rem belakang, tapi sudah kadung kebiasaan reflek pakai rem depan karena diajari sekolah safety riding untuk pakai rem depan kalau kencang. Atau bisa jadi sih sudah nekan rem belakang tapi karena motornya dilengkapi dengan rem CBS, rem depan yang memang jauh lebih sensitif daripada rem belakang membuat pengereman depan jadi aktif duluan.

Pnulis sarankan untuk selalu membiasakan menggunakan rem belakang dulu biar tidak mengalami seperti itu. Dan kalau punya motor dengan CBS, segera non aktifkan CBS dan pastikan bisa indenden remnya, terutama kalau motornya adalah Honda Beat.

12 respons untuk ‘Tikungan angker atau pendidikan safety ridingnya yang salah?

  1. Saya pernah jatuh di jalan berlumut karena CBS ini, padahal saya tekan rem belakang tipis tapi malah ban depan ngunci sampai sliding, itupun kondisi boncengan dengan bobot yang lumayan. Mungkin enjiner Honda terinspirasi dari pakar safety riding yang selalu mengutamakan rem depan dan hampir tidak pernah pakai rem belakang. Tapi kalau CBS kelas atas macam punya CBR250R mungkin lebih baik, entahlah saya pun belum pernah coba.

    Disukai oleh 1 orang

    • Motornya apa? Soalnya kadang bisa beda beda tergantung jenisnya. Saya pernah tes di dealer Honda, efek CBS bisa beda di beda jenis.

      Sebenarnya desain CBS itu harusnya belakang dulu yang aktif. Tapi faktanya memang kalau di jalan licin, bisa depan dulu yang aktif duluan (tergantung jenis motor).

      Suka

      • Oh iya maaf lupa nyebut, motornya Beat Street sama Vario 150 gen 1. Yang pernah sliding itu Beat Street. Teman saya juga pernah jatuh di turunan karena ban depan ngunci, motornya sama Beat Street. Kalau soal efek beda-beda itu saya kurang memperhatikan, karena yang saya rasakan di Beat Street sama Vario 150 saya efeknya hampir sama.

        Oh iya, kalau Beat punya Pak Penulis sendiri gimana efek CBS nya?

        Suka

        • Ok, soalnya kalau di Vario itu biasanya lebih sesuai desain, bila di rem belakang maka belakang yang lebih dahulu menggigit. Nggak heran yang pernah jatuh yang beat.

          CBS di beat saya juga sama, terasa depan yang aktif duluan. Sangat terasa terutama di jalan licin. Di jalan kering juga bahaya kalau ngeremnya depan dulu. Karena begitu ditekan rem belakang, tenaga di rem depan bakal ketambahan juga, dan kalau sudah limit, ya jadi ngelock.

          Suka

  2. Pernah nyoba rem dengan sistem cbs beneran ngga nyaman toh pengendara kasihan kalo ngga biasa……beruntung ngga di angkat ke media

    Suka

  3. melihat komentar disini saya ikut curhat soal CBS. CBS ga bakal ngaruh klo pengendara masih ngandelin rem depan terlebih dahulu (pengalaman ane dan vidio2 dr dashcam yg pernah pke rem depan dulu alhasil jatuh :v), lalu rem CBS bikin irit pemakaian kampas rem belakang karena kurang menggigit (setelah CBS diganjel pke ring, rem belakang makin gampang menggigit + cepet abis klo pke produk kawe) 😄

    Suka

    • wah baru tahu yang soal rem belakang irit. Tapi untuk ngerem, justru makin bahaya kalau ngerem pakai belakang juga dan depan didahulukan. Saya kan dulu refleknya rem depan dulu. Hasilnya adalah ben depan ngelock, karena tenaga ketambahan.

      Jadi dalam kondisi yang sebenarnya nggak jatuh pun, bakal jadi jatuh kalau pakai motor ada CBSnya, kalau ngeremnya depan dulu.

      Suka

  4. Sebenernya kalo jalan lurus kondisi kering lebih enak pakai rem depan, secara bobot motor keseluruhan pindah ke depan. Pernah dulu pakai Ninja RR rem depan master rem jebol tiba tiba tapi tetep maksain pulang kuliah. Kondisi jalan rada lenggang riding pun santai eh tiba tiba avanza depan berhenti, motor dari jarak jauh udah ngerem pake rem belakang, alhasil ga ketolong ban belakang malah mengunci hilang traksi nabrak bemper papanza 😄 ganti rugi dah..
    Kalo masalah rem CBS belum lama pake vario all new masih gres turun dealer buat eventaris, iseng coba gas pol dapet 105kmh langsung rem mendadak pake CBS alhamdulillah rem nya oke Pak. Tapi kondisi standar lho ya. Kalo saya pake CBS rem belakang dulu di teken, baru rem depan dipakai tapi harus halus nekennya. Tapi gatau juga sih CBS yg lain
    Kalo jalan basah harus pake 2 2 nya kalo saya, riskan kalo pake rem depan thok atau cuma rem belakang yg ada sliding rem ngunci motor masih ngeluyur 😄 kejadian dulu pake jupiter burhan 😁
    Kalo ABS sampai saat inu belum pernah pake jadi gatau feel remnya kyk gimana

    Suka

    • Soal fokus rem tetap harus depan yang lebih mendominasi, tapi mengawali mengerem beda lagi karena pada saat akan mengerem, grip ban depan itu masih lemah karena bobot belum pindah ke depan. Baru setelah bobot motor pindah ke depan karena pengereman maka tenaga rem depan di perkuat.

      Dan banyak sekali yang salah dalam pakai rem depan (saja) nekannya pakai tenaga konstan dari awal sampai akhir. Ini bakal nggak nutut juga. Karena harusnya makin diperkeras seiring perpindahan bobot ke depan.

      Untuk jalan licin dan butuh belok, riskan pakai rem depan karena grip ban sudah sebagian terpakai untuk beloknya. Kalau berlebihan, ya akan tetap tergelincir, mau depan atau belakang.

      Harus diingat bahwa ABS motor normal itu tidak didesain untuk dipakai di tikungan.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.