Kamera tilang elektronik bakal ditaruh di mobil keliling juga, tilang nggak perlu ditunggui orang


Jadi mungkin sudah banyak yang pada mendengar soal e tilang, yaitu tilang yang dilakukan dengan bantuan kamera pemantau. Awalnya penulis menyangka tilang kamera ini bakal ada pemantaunya. Namun ternyata tidak. Semuanya dilakukan otomatis. Tidak hanya dari plat nomor saja seperti didemokan berikut:

Tapi juga informasi seperti berikut secara otomatis:

Mungkin kalau merek mobil bisa salah, plat nomor mungkin bisa salah baca (mengingat kualitas pembuatan plat nomor di Indonesia), tapi yang mengejutkan, kamera ternyata bisa mengidentifikasi apakah pengendara atau penumpang sedang merokok, menggunakan hp atau tidak mengenakan sabuk pengaman. Ini otomatis!

Yang pelanggar akan di zoomkan fotonya dan pelanggarannya.
Traffic Violation Detection

Begitu juga saat potong jalur:

Saat menjatuhkan barang:

Saat melanggar lampu merah:
intelligent traffic enforcement video detection

Yang harusnya lurus tapi malah belok:

Nggak pakai helm dan boncengan bertiga ketahuan:

Yang mau ngakali kamera dengan melambat ketika lewat kamera pun bisa ketahuan:

Kamera yang dipergunakan punya kecepatan yang sangat tinggi, dengan mode kontras yang bisa membuat wajah dan plat nomor bisa terlihat jelas dalam kondisi siang ataupun malam (beda dari kamera biasa). Bahkan dengar dengar, pemasangan kamera di perempatan itu investasinya bisa di atas 1 milyar! Lebih dari 1 milyar untuk 1 perempatan!

Dan karena kamera bisa merekam wajah, maka kamera juga bisa mengenali secara langsung apakah pengendara sedang pakai masker atau tidak. Selain itu juga bisa mengenali wajah, yang bisa dimanfaatkan untuk menangkap orang yang ada di daftar pencarian orang (DPO).

Walau memang ada keterbatasan, seperti misalnya kalau ada yang pakai kaca film sangat gelap lebih dari 75%. Entah yang pengendara motor pakai helm bisa ditangkap wajahnya juga atau tidak.

Yang perlu diperhatikan adalah pemasangan kamera E tilang tidak dilakukan di tempat tempat tertentu saja. Katanya kamera e tilang ini akan dipasang di mobil keliling juga. Entah apakah mobil keliling ini bakal melibatkan mobil selain yang jelas jelas mobil polisi atau tidak. Tapi dengan penggunaan mobil keliling ini, maka pelanggar akan lebih mudah tertangkap karena biasanya orang hanya waspada di tempat tempat tertentu saja. Dan pemasangan belum tentu dibuat terbuka seperti berikut:

Katanya sih bakal ada ribuan unit kamera yang dipakai di mobil keliling, hanya untuk Jawa timur saja. Jadi yang nggak di kota pun sekarang bisa kena.

Kamera sekarang canggih memang. Bahkan bisa diset untuk bikin pintu hanya mengijinkan orang yang wajahnya dikenal saja. Bisa untuk absen atau kasih alarm kalau ada orang tidak dikenal. Sistem AI bahkan bisa menebak umur dan emosi wajah seseorang juga:

Dan ini sudah produk yang bisa dibeli sekarang. Nggak cuma konsep saja.

Kembali ke e tilang. Berikut penjelasan resmi berkaitan dengan etilang:

Untuk yang melanggar, dapat melakukan pengecekan di link berikut:
Jakarta:
https://www.etle-pmj.info/id/

Jawa timur:
https://etle.jatim.polri.go.id

Lainnya pastinya ada.

14 respons untuk ‘Kamera tilang elektronik bakal ditaruh di mobil keliling juga, tilang nggak perlu ditunggui orang

  1. Bakalan muncul aplikasi pendeteksi kamera ETLE,

    Aktifkan GPS, muncul notif di HP saat memasuki area deteksi kamera, pas aman muncul notif lagi

    Suka

  2. Klo mengendarai motor posisi kepala nunduk liat hp yg ditaruh dkt MID ato deket tiang spion, ato nunduk utk liat MID kendaraan, apa juga bisa kena e-tilang?
    Soalnya, sy trmasuk yg sering memprhatikan MID supaya tau performa motor bila ada keanehan/perubahan.

    Suka

  3. kl benar diterapkan tinggal keliling se jabodetabek bakal tiap menit , jam sd hari bakal ada ratusan pemotor ,pemobil yg kena , hy masalahnya hy 1 pemotor banyak yg lepas plat nomor belakang dan terkadang depan juga gmn tilang nya coba , kl tilang pakai ktp juga berdasar foto wajah pelanggar jika plat nomor tdk ada atau sengaja tdk pasang , tinggal kirim surat tilang berdasar e ktp tsb hy sy ragu

    Suka

    • ha ha, mungkin sebulan sudah balik modal instalasi sistem.

      wajahnya perlu tersimpan dulu di sistemnya. Mungkin bisa disambungkan sistemnya ke e-ktp. Katanya sih butuh nggak pakai masker baru akurat.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.