Inikah resiko pakai oli gambarnya motor sport tapi nggak ada sertifikasi JASO?


Sebelumnya penulis pernah mention bahwa oli Deltalube itu aneh karena depan ada gambar motor tapi sama sekali nggak ada sertifikasi JASOnya. Dan ternyata ada yang mengeluh pakai oli deltalute dan mengalami selip kopling. Entah itu yang versi mana, tapi bisa jadi pertimbangan kalau mau pakai Deltalube. Sharingan bro Rie Apriansyah:
https://www.facebook.com/groups/minyak.goreng.aditif.oli.mesin/permalink/5007117602650552/

Pengalaman penulis pakai Deltalube Adventure di NMAX old sih mengecewakan. Ketahanan olinya terhadap kocokan mesin jelek walau disebut oli adventure.

25 respons untuk ‘Inikah resiko pakai oli gambarnya motor sport tapi nggak ada sertifikasi JASO?

  1. Laporan Pak..
    2 hari yg lalu saya bongkar head vario karbu saya
    Yg baru pertama kali pakai mesran super20w50 + bimoli 20%
    Maaf malas poto2 ga ada yg bantu cz tangan kotor
    Tp hasilnya sangat mengagetkan krn isi head jd bersih macam beat yg dbongkar d artikel yg lalu
    Pdhal biasanya kuning2 gt Pak tp ini ada bbrp sisa warna kuning d tutup head yg sptnya akan menghilang mgkn baru pemakaian pertama kali ini ya yg dh menyentuh 2000km lbh?
    Trus saya yg kmrn pakai margarin kebanyakan 2 sdm k 2,5 literan itu 1x pemakaian saja slebihnya 4x isi full tank tanpa margarin hasil ruang bakarnya sih tetep kerak hitam mgkn pakai cuma 1x doang ya? tp yg bikin kaget bersihin ruang bakar macam bersihin lumut gampang banget smpe kpl piston + head yg berisi 2 klep jd kinclong biasanya harus saya kerok2 pakai obeng min smpe susah payah amplas kadang bikin logamnya baret2..
    Sekian trimakasih

    Suka

    • kalau untuk performa mesinnya sepertinya konsisten efek olinya. Tapi kalau ke performa olinya sendiri, beda karakter beda masalah. Yang overbore sepertinya mudah FD. Yang overstroke mudah vampir oli?

      Suka

      • Kalo beatdeluxe sy spertinya yg curiga FD, beatdeluxe termasuk overstroke. Bensin pertamax.
        Entah FD karena apa, curiga karena modif ECU.
        Saat ini pake mesransuper 20w50 versi mobil + bimoli (600ml oli + 50ml bimoli).
        Sebelumnya pake Fastron ungu 15w50 + bimoli ( 80%oli + 20% bimoli) sampe >3200 KM.

        Posisi procapacitor malah melorot lagi, jadi nya sy harus menata ulang seperti posisi ideal lg.
        Masi belum terasa peningkatan akselerasinya.

        Suka

        • Ok. Atau mungkin FD karena pernah terlanjur aus ring pistonnya di pemakaian oli sebelumnya.

          Bagaimana rasanya mesran dibanding fastron? Kalau di Spin dulu Fastron halusnya lebih lama.

          Repot juga kalau melorot. Mungkin selang perlu di lap basah dulu sebelum dilakban. Ujung perlu tetap menghadap selang bensin. Mungkin perlu difoto ya?

          Suka

  2. Beatdelux masi 6 bulan pemakaian,
    riwayat oli MPX2-MPX2-SPX2-SPX2 (Pake AHM ga ada yg nyampe 1500KM),
    Lalu mesransuper motor+tropical (slama 700 Km,curiga palsu krn beli di bengkel+getarnya sgt trasa),
    Lalu fastron ungu+bimoli (Slama +-3200 KM,mesin halus, getar berkurang,tp getar sgt terasa di akhir pemakaian),
    Lalu saat ini mesransuper versi mobil+bimoli (masi tercapai 200 KM,lebih halus dari saat pake fastron ungu),
    keasikan bongkar2,lupa fotonya

    Suka

  3. share motor shogun SP FD saya pak. 4 bulan yg lalu slip kopling parah oli rembes di setiap seal alhasil ganti 1 paket seal semesin. itu waktu pak oli salah dan migor kebanykan dan salah juga (fortune) hampir tiap minggu sekali buat bersihin kampas koplingnya yg masih baru, ganti plat gesek, per, ganti rumah sampai tutup koplingnya dan itu sampai 3 bulanan. tiap mau diengkol ngelos slip kopling (shogun SP pertama ga ada tombol stater mirip FU thailand) alhamdulillah setelah pae shell rimula udah ilang Pak cuma kerak di piston aja sih mungkin keborosan. rencana mau pake mesran b40 sama migir bimoli kyknya testi dari Bapak penulis sampai netizen warung pun bilng bagus 😀

    Suka

    • wah sampai begitu ya. Kalau dulu saya juga sering menaglami selip di shogun tapi saya pikir karena memang penyakit saja. Sekarang baru agak ngerti. Menarik pakai rimula bisa berkurang. Ditunggu reviewnya dengan mesran :).

      Kerak piston coba tambahkan sedikit sekali margarin di bensin :). Bro zain cerita kerak karbon jadi bisa mudah dibersihkan begitu pakai margarin.

      Suka

      • Aku malah sengaja campur 2sendok makan Bimoli super ke pertamax di Vixion dan satria, sepertinya injektor jadi bersih deh, terbukti mesin yg tadinya tersendat sendat mau mati kalau jalan kok jadi lancar lagi, lebih efektif daripada beli injektor cleaner, kalau pakai injektor cleaner nggak ngefek malah jadi gak enak kaya kualitas bensinnya jadi menurun gitu,,

        Suka

        • Wah unik juga. Nggak tahu kalau minyak goreng bisa seperti itu juga. Mungkin perlu coba margarin blue band juga.

          Setuju banget, pakai injector cleaner malah bikin tenaga turun. Dan pembersihan malah lebih bagus kalau pakai bensin BP 92 atau shell super kalau di NMAX saya.

          Suka

  4. Kmarin sy cmpurkan skitar satu sndok makan margarin blu ben dgn 4 liter pertamax di beatdeluxe, apakah juga efektif utk mmbersihkan injector?

    Suka

      • Tadi pagi juga mencampur blu ben ke allnewpario125 sy, niatnya mau diplotot sedikit saja malah kebanyakan, jadinya skitar 2 sendok makan blu ben dicampur 5 liter pertamax, untuk perjalanan sejauh 93 KM, sulit merasakan perbedaannya baik yg di beatdeluxe maupun pario, masih tetep enak2 aja, Soalnya, oli mesransuper nya pario masih baru dan pake bimoli 20%, Lagian sy juga tidak ngetes akselerasi ato topspeednya, jadi belum tau perbedaan rasanya.

        Suka

        • Utk info saja sbnrnya vario karbu saya udh saya modifikasi coba2 buat mengiritkan bbm..
          Dgn cara kruk as saya peringan signifikan banget tujuannya buat nambah torsi putaran bawah
          Vanbelt+roller 15gr punya k44 (beat esp) dgn per tetep bawaan motor
          Karbu angin saya stel 3.5 putaran
          Lubang vakumnya saya besarin sebesar obeng min yg biasa buat stel anginnya vario saya macam lidi itu..
          Hasilnya tetep narik walau rpmnya rendah tp torsinya nyendal2 krn rasio kompresi tetep 11:1 sdangkan kruk as saya peringan abis
          Roller cepet ancur gara2 torsi yg liar td
          Konsumsi bbm standar biasanya full tank dr jombang-sby habis d st wonokromo
          Stlh modif ini wonokromo lewat smpe saya blanja2 d kapasan balik lg habis d mojokerto
          Stlh ada yg review vario 125 kmrn yg jd halus krn treatmen margarin saya coba woaaaah mmg akhirnya jauuuh bgt halusnya..
          Makanya kmrn saya bongkar mesin selain buat buktiin hasilnya,saya jg berniat turunin rasio kompresinya dr 11:1 ke target 8,8:1 ga nyangka hasilnya malah mantap mesin halus n msh punya torsi buat narik roller 15gr td (standarnya 13gr)
          Mungkin gara2 imbang ya bobot kruk as ringan mk kompresi turun
          Skrg mslhnya karbu 22mm bawaan motor kebesaran ni mau saya ganti punya revo 100 yg 17mm tp barang belum datang dr malang..
          Mksh Pak banyak yg coba2 dsini jd saya banyak inspirasi buat atur2 motor vario warisan ini biar ga kejual hehe

          Suka

          • trima kasih, info yg bagus…
            Klo untuk saat ini sy selain pake margarin blu ben baru 2x ini, juga sdg tesdrive hasil modif pake procapacitor, Masi bersemangat krn sempat tidak sengaja nemu posisi idealnya, mampu meningkatkan akselerasi beatdeluxe secara signifikan saat jalan menanjak. Tp masi ingin eksperimen dgn coba2 posisi yg berbeda.

            Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.