Ngawur berjamaah soal copasan syarat uji emisi Jakarta


Wah kacau, masa ya copas sampai salahnya berjamaah. Awalnya penulis kaget ketika baca artikel baru di aripitstop karena disebut kendaraan dibatasi emisi CO2nya:
Berikut Syarat Lulus Uji Emisi Kendaraan di Jakarta

Mobil bensin tahun produksi di bawah 2007, wajib memiliki kadar CO2 di bawah 3,0 persen dengan HC di bawah 700 ppm.
Mobil bensin tahun produksi di atas 2007, wajib memiliki kadar CO2 di bawah 1,5 persen dengan HC di bawah 200 ppm.

Kaget karena setahu penulis yang dibatasi itu adalah COnya, bukan CO2nya. Keduanya merupakan hal yang berbeda. Karena lihat saja contoh hasil uji emisi berikut, lihat berapa persen CO2nya:

Itu Honda S2000 kalau tidak salah.

Awalnya penulis mau mengkritisi aripitstop, tapi karena ada feeling nggak enak, penulis pun langsung copas kalimat yang dimaksud ke google, dan ternyatabenar kecurigaan penulis bahwa yang ngawur berjamaah. Ada kompas, motorplus, gaikindo, Suzuki, dst.

Itu masih halaman pertama. Masih banyak lagi halaman lain yang mencantumkan banyak website yang ngawur copasnya.

Dari puluhan atau ratusan website tersebut, rupanya nggak ada yang merasa aneh dengan pernyataan bahwa emisi CO2 harus dikurangi menjadi kurang dari 3%! Salah sampai berjamaah seperti ini memang sudah khas banget cirinya orang Indonesia. Kalau ada informasi ya percaya saja. Dicopas nggak pakai di cek. Oleh karena itu banyak ilmu ngawur ngawur yang beredar.

Tapi memang cukup sulit cari informasinya karena pembatasannya beda dari caranya KLH. Kalau dari KLH ada dua aturan yang berlaku:
http://jdih.menlhk.co.id/index.php/permenlhk/search#

Yang isinya sebagai berikut:

Jangan kaget kalau satuannya bukan persen, karena memang acuannya adalah standar internasional, standar Euro.

Yang dipakai di Jakarta adalah acuan dari standar kadaluarsa yang masih dipaksakan dipakai hanya untuk kelihatan sudah pakai uji emisi. Aturan ini sebenarnya sudah tercantum di aturan gubernur (hasil pencarian emisi gas buang):
https://jdih.jakarta.go.id/himpunan/produk_hukum_search

Yang terbaru adalah aturan penerapan uji emisi, sementara itu yang aturan masa lampau adalah standarnya, yang isinya berikut ini:

Bisa dilihat sendiri dengan angka yang sama persis bahwa yang dibatasi adalah CO. Kalau yang dibatasi CO, menurut penulis bisa diakali:
Untuk bikin motor lolos uji emisi ala Jakarta itu ringan banget

Kalau yang dibatasi CO2, wah entah mau pakai cara apapun rasanya mustahil bisa terjadi. Kalau CO2 sampai nol maka itu antara mesin nggak nyala atau sensornya sudah rusak.

22 respons untuk ‘Ngawur berjamaah soal copasan syarat uji emisi Jakarta

    • sudah sih.
      Waiting to Exhale, Should Congresswoman Cynthia Lummis be concerned whether her breath is a greenhouse gas emission?

      Rata-rata manusia menghembuskan sekitar 2,3 pon karbon dioksida setiap hari. (Jumlah pastinya tergantung pada tingkat aktivitas Anda—seseorang yang melakukan olahraga berat menghasilkan CO2 hingga delapan kali lebih banyak daripada saudara-saudaranya yang tidak banyak bergerak.) Ambil angka ini dan kalikan dengan populasi 7 miliar orang, bernapas selama 365,25 hari per tahun , dan Anda mendapatkan output CO2 tahunan sebesar 2,94 miliar ton. Emisi karbon dioksida internasional dari pembakaran bahan bakar fosil untuk tahun 2008 mencapai 34,7 miliar ton. Jadi umat manusia menghembuskan sekitar 8,5 persen karbon sebanyak yang kita bakar.

      Suka

  1. Knapa truk yg sdg akselerasi ato sdg jalan nanjak sering berasap hitam?
    Apa sm dgn asapnya ymha Rxking?
    Di tabel di atas diuji saat idle, apakah sama dgn saat jalan/akselerasi?

    Suka

    • kalau itu mobil diesel beda cerita sepertinya. Asap lebih banyak soot / partikel. Kalau rx king, asao pembakaran bensin / oli tidak sempurna.

      Standar jakarta sekarang pakai yang sebelum jaman euro sehingga di tes saat idle. Yang standar menklh sudah sesuai euro yang di tes pakai jalan.

      Suka

      • Coba negara mana saja yg lingkungannya bersih bebas polusi asap,terus kendaraan yg di pakai apa,sistem uji emisi seperti apa,pengelolaan sampah gimana apa di bakar/di hancurkan

        Suka

  2. Mau tanya tentang kit dimmer arus AC. Misal lobang biru IN dan 0 dan lobang merah OUT dan 0. Kalau input arus listrik ke lubang IN dan arus massa ke lubang 0 (biru). Terus untuk outputnya berupa colokan. Bisa di bolak-balik ga steker pada mesin bor nya ?

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.